Kapolda Jatim Ajak Warga Perangi Hoax

0
101
Kapolda Jatim Ajak Warga Perangi Hoax
Foto : Kapolda Jatim, Luki Hermawan. (HUmas Polda Jatim)

JATIM,- Kapolda Jatim. Lagi-lagi berita bohong (Hoax) makin merajalela. Tersebarnya informasi kabar burung itu lebih mudah dan sejalan dengan berita utama. Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolda Jatim, Luki Hermawan. Lantas ia mengajak warga untuk memerangi berita palsu itu.

Melansir dari halaman Detiknews, Jumat (21/06/2019), ungkapan Kapolda Jatim itu lebih mengacu pada beberapa kericuhan yang diskenariokan oleh para provokator kelas kakap.

Menurut Luki, berita palsu itu hanya akan menebar kebencian dan perselisihan antar warga. Tak hanya itu, hal tersebut akan berdampak negatif jika masih terjadi lagi.

“Saya harap para warga tidak boleh terpancing untuk melakukan aksi kriminal dan jangan pernah kemakan omongan yang berbau provokasi menyesatkan,” tandas Luki saat wawancara di Mapolda Jatim, Surabaya, Jumat (21/06/2019).

Doktrin Edukasi

Di hadapan Rektor Perguruan Tinggi, Pemimpin Redaksi serta Kepala Biro Jawa Timur, Kapolda Jatim itu menyatakan, peran serta sejumlah warga dan elemen penting sangat wajib untuk menjaga keamanan sekitar, khususnya di Jawa Timur.

Dengan ini, pihak kepolisian akan terbantu demi kelancaran pemberian ekudasi pada warga mengenai mana berita yang asli dan mana yang Hoax.

Dukungan Penting

Kapolda Jatim itu juga meminta agar rekan-rekan Pemimpin Redaksi, Rektor hingga wartawan setempat lebih berperan aktif dalam memberikan edukasi yang sebenarnya serta membantu tugas Polri demi menjaga keamanan dan kondusivitas daerah Jawa Timur.

Sementara itu, Luki juga mengapresiasi seluruh warga Jawa Timur yang sejauh ini bersedia untuk menciptakan kondusivitas, ketentraman dan keamanan lingkungan setempat.

“Saya dan jajaran Polri Jatim akan selalu membentangkan slogan “Jogo Jawa Timur” agar tetap aman dan terhindari dari kericuhan seperti kejadian di MK, Jakarta 22 Mei lalu.

Menjaga Kehormatan

Untuk menghindari provokasi dan Hoax, Kapolda Jatim itu meminta warga untuk saling mengharumkan nama baik Jawa Timur dan juga menjaga kehormatan masing-masing tempat tinggal.

Di sisi lain, Panglima Dandim V Brawijaya, Mayjen TNI Wisnoe Prasetjia Boedi mengatakan, seluruh warga Jawa Timur harus ikut andil untuk memerangi Hoax yang beredar luas. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here