Kampung Buricak Burinong Dekat Waduk Jatigede Sumedang

0
60
Mengenal Kampung Buricak Burinong Sumedang
Foto : Ilustrasi

JABAR,- Bagi warga Jawa Barat mungkin masih sangat asing mendengar Kampung Buricak Burinong yang lokasinya dekat Waduk Jatigede Sumedang. Mungkin tidak mengetahui arti dari buricak burinong itu sendiri.

Kampung ini hanya terdapat di Kabupaten Sumedang dan menjadi destinasi wisata terbaru yang berdekatan dengan Waduk Jati Gede Sumedang.

Kabupaten Sumedang juga tak kalah banyaknya dengan daerah lain di Jawa Barat dalam soal destinasi wisata. Ada banyak objek wisata di Kabupaten Sumedang yang bisa anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

Misalkan Kampung Karuhun, Cipantenan 1 dan 2, Kampung Toga, Waterboom Paseh, Kolam Renang Gajah Depa, Cikupa, Gunung Datar, Gunung Kunci, Waduk Jatigede, dan Kampung Buricak Burinong.  

Salah satu tempat favorit untuk liburan para wisatawan lokal dan luar daerah adalah waduk Jatigede. Waduk ini merupakan bendungan terbesar se-Asia Tenggara.

Waduk ini mendapatkan perhatian dari banyak orang. Soalnya, pembangunan waduk Jatigede menghabiskan berpuluh kecamatan dan desa serta kebun dan sawah sampai beratus hektar.

Adapun fungsi waduk Jatigede sama seperti waduk lain untuk membangkitkan tenaga listrik yang mampu menyuplai kebutuhan listrik di Jawa Barat, khususnya Sumedang.

Selain itu, juga untuk mempertahankan aliran air selalu tersedia walaupun di musim kemarau. Air dalam bendungan tersebut disalurkan ke sawah dan lingkungan sekitar.

Waduk Jatigede menjadi objek wisata baru yang sedang hits di Sumedang. Banyak orang yang memilih makan bersama di dekat Bendungan Jatigede. Selain itu, banyak yang menjadikannya tempat selfie terbaik. Namun keamanan tetap harus dipertahankan.

Mengenal Kampung Buricak Burinong Sumedang

Di Objek wisata Waduk Jatigede terdapat sebuah destinasi wisata yang cukup menarik perhatian para wisatawan, yaitu kampung Buricak Burinong. Lokasinya di Kampung Cisema, Desa Paku Alam, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang.

Yang membuatnya dijuluki Kampung Buricak Burinong adalah rumah-rumah dan wilayah di kampung ini dicat dengan warna warni yang sangat cerah.

Dengan panorama pemandangan kampung yang berwarna-warni, membuat sangat bagus dijadikan lokasi untuk spot foto selfie kekinian.

Di Kampung Buricak Burinong, pengunjung disuguhi gambar mural di tembok. Selain itu, juga terdapat objek pemandangan payung-payung yang berwarna-warni bergelantungan.

Dari Kampung Buricak Burinong, Anda dapat menyaksikan keindahan pemandangan Bendungan Jatigede.

Jika anda mau makan maka di dekat Kampung Buricak Burinong, terdapat banyak tempat makan khas Sunda dengan menu-menu Sunda yang lezat dan nikmat.

Sambil menikmati makanan seperti ayam goreng dan ikan, anda dapat menyaksikan pemandangan Waduk Jatigede dan Kampung Buricak Burinong.

Bagi anda yang hobi membaca, maka Kampung Buricak Burinong menyediakan taman bacaan yang bisa anda kunjungi setiap hari.

Jika anda ingin jalan-jalan di Kampung Buricak Burinong sambil menikmati pemandangan Waduk Jatigede maka tidak usah khawatir. Karena di kampung ini memiliki lahan parkir mobil dan sepeda motor yang sangat luas.

Untuk menuju kampung Buricak Burinong, anda dapat menggunakan jalur Situraja. Lalu melewati Cigintung Kecamatan Cisitu. Dari tempat ini, anda sudah dekat dengan Kampung Buricak Burinong.

Tinggal anda bertanya kepada penduduk sekitar arah menuju kampung Buricak Burinong yang sudah sangat terkenal di Sumedang.

Untuk mengenal Kampung Buricak Burinong Sumedang lebih jelas, maka anda dapat mengunjungi secara langsung. Sedikit gambaran bahwa kampung ini mempunyai pemandangan yang cantik dan keren. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here