Kabupaten Banyuwangi, Profil dan Kebudayaannya

0
68
Kabupaten Banyuwangi, Profil dan Kebudayaannya

Reportasee.com,- Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu Kota wilayah ini yaitu Kota Banyuwangi. Kabupaten ini berada di kawasan tapal kuda tepatnya di daerah Pulau Jawa paling timur.

Wilayah ini juga berbatasan dengan Selat Bali bagian timur. Kabupaten Situbondo bagian utara, Kabupaten Jember bagian barat. Dan Samudra Hindia bagian selatannya.

Faktanya, Kabupaten Banyuwangi ini adalah satu-satunya wilayah yang paling lebar dan luas di Provinsi Jawa Timur serta luas wilayahnya mencapai angka 5.782,45 km2.

Baca: Kabupaten Bangkalan dengan Jumlah Desanya

Di bawah ini tim redaksi juga mengulas kebudayaan yang ada di wilayah tersebut.

Secara Geografi

Salah satu fakta yang perlu anda ketahui tentang Kabupaten Banyuwangi ini yaitu berkoordinat 113° 38’ 10” Bintang Timur dan 7° 45’ 15 hingga 8° 43’ 2” Lintang Selatan.

Kawasan di Kabupaten tersebut sangat beragam yaitu mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi atau pegunungan.

Sistem Pemerintahan

Sistem pemerintahan yang ada di Kabupaten Banyuwangi ini dipimpin langsung oleh Bupati. Namanya, Abdullah Azwar Anas dan Wakil Bupati bernama Yusuf Widyatmoko sejak tanggal 17 Februari 2016. Sejauh ini Kabupaten tersebut memiliki 25 Kecamatan.

Suku Penduduk

Suku penduduk di Kabupaten Banyuwangi ini sangat banyak ragamnya. Mayoritas penduduk di Kabupaten tersebut bersuku Osing. Namun sejauh ini sudah masuk suku Madura di beberapa daerah terpencil. Selain itu juga memiliki suku Bugis dan suku Bali.

Objek Wisata

Sedangkan objek wisata di Banyuwangi ini sungguh sangat eksotis dan menakjubkan.

Sudah banyak wisatawan yang menghabiskan waktu santainyaa untuk berkunjung ke tempat tersebut diantaranya Pantai Boom, Pantai Pulau Merah, Pantai Lampon, Pantai Wedi Ireng, Watu Dodol, Teluk Hijau, Teluk Biru, Waduk Sidodadi, Air Terjun Lider dan lain-lain.

Kuliner dan Makanan Khas

Selain terkenal dengan keeksotisan objek wisatanya. Kabupaten Banyuwangi juga memiliki masakan kuliner dan makanan khas.

Masakan kuliner dan makanan khas ini yang menadi andalannya antaralain Sego Tempong, Sate Kalak, Pecel Pitik, Jangan Kelor, Ayam Pedas Genteng dan lain sebagainya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here