Jualan Laris di Bulan Puasa? Inilah Produk Terlaris

jualan laris di bulan puasa
ilustrasi jualan laris di bulan puasa (foto: mata hidup)

Reportasee.com – Jualan laris di bulan puasa pastinya menjadi harapan banyak orang yang ingin berjualan pada bulan suci ini. Namun, dengan banyaknya orang yang berjualan produk sama sehingga membuat persaingan semakin ketat.

Bagi Anda yang ini berjualan pada bulan puasa, tentu bisa membuat keunikan pada produk jualan Anda ini.

Bulan puasa adalah sebuah momentum spesial bagi umat Islam di dunia. Selama sebulan penuh, umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan tersebut.

Ramadan merupakan bulan yang paling umat muslim nantikan karena bulan ini sebagai bulan penuh berkah.

Dengan menjalankan ibadah puasa, Allah mengajarkan manusia tentang banyak hal. Baik itu tentang rukun ibadah, manfaat puasa untuk kesehatan, solidaritas sosial, serta berbagai manfaat lainnya.

Sebagai bulan penuh berkah, bulan Ramadan juga menjadi momentum bagi banyak orang untuk mencari penghasilan tambahan. Sehingga uang hasil penjualan bisa kita manfaatkan untuk pergi pulang kampung atau membeli baju baru untuk anak serta keluarga tercinta.

Begitu pula dengan para pelaku bisnis maupun siapa saja yang ingin berjualan selama bulan puasa Ramadan.

Namun agar jualan laris di bulan puasa ini tentunya harus pandai dalam memilih barang yang ingin kita jual. Karena jika kita salah memilih produknya, maka otomatis jualan kita kemungkinan tidak akan laku.

Produk Jualan Laris di Bulan Puasa

Pada umumnya, ada 2 jenis usaha yang bisa Anda lakukan, yaitu usaha permanen dan usaha musiman.

Usaha permanen yaitu sebuah usaha yang penjualannya secara konsisten dan permanen. Sedangkan usaha musiman yakni usaha yang kita lakukan pada musim tertentu saja dan tidak kita lanjutkan kembali pada hari biasa.

Seperti yang sering kita ketahui saat bulan Ramadan, banyak penjual menu takjil berderet di pinggir jalan maupun perkampungan. Kebanyakan para penjual pun hanya menjalankan usaha tersebut pada bulan puasa saja, lalu setelahnya tidak melanjutkan lagi.

Usaha musiman semacam ini memang sudah menjamur karena banyak orang membutuhkan makanan serta minuman untuk berbuka puasa.

Dengan adanya momen seperti ini, kita pun bisa memanfaatkan peluang untuk berjualan dengan menyediakan ragam makanan dan minuman berbuka puasa.

Selain itu menjual makanan, kita pun bisa memanfaatkan momen bulan puasa dengan berjualan berbagai macam hal.

Nah, berikut adalah rekomendasi produk pilihan terlaris untuk berjualan di bulan puasa yang paling populer. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan keinginan.

Jualan Menu Takjil

Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah bagi umat muslim. Pada bulan ini, semua umat muslim akan menjalankan kewajiban berpuasa. Di bulan berkah ini, banyak orang yang berlomba-lomba berbuat kebaikan untuk melakukan ibadah.

Dalam hal mencari rejeki pun, tak sedikit memanfaatkan momen puasa untuk berniaga mendapatkan rejeki berkah.

Dari balik kewajiban ibadah yang kita tunaikan, ada momen yang tentunya membuat beberapa orang merasa kangen.

Hal itu karena momen pada bulan hanya bisa kita rasakan yang datang satu tahun sekali ini. Saat bulan puasa, ada banyak makanan dan minuman yang kita sajikan. Namun, ada jenis makanan serta minuman yang selalu muncul di saat bulan puasa, yakni Takjil.

Menu takjil seperti kolak, gorengan, bubur, es kelapa, timun suri, dan lainnya banyak menjadi incaran orang untuk melengkapi menu buka puasa.

Meski makanan semacam itu juga mudah kita temukan di hari-hari biasa, tapi tetap saja momen dan suasana puasa memang terasa khas dan berbeda.

Karena itu, saat bulan puasa menu takjil ini selalu menjadi buruan bagi banyak orang. Dengan banyaknya orang membutuhkan makanan takjil, kita pun bisa jadikan peluang untuk menjual makanan ini.

Agar dagangan Anda laris, maka Anda harus mmebuatnya dengan rasa yang enak serta harga bersaing.

Jualan Kurma dan Kue Lebaran

Selain takjil, ada produk makanan yang khas dan pasti laris di bulan puasa, yaitu kurma. Makanan khas di  bulan Ramadan ini juga tak jauh berbeda dengan takjil yang mudah kita temukan selain bulan puasa.

Namun saat datangnya bulan suci ini, banyak kaum muslim yang mencari buah kurma untuk menu berbuka puasa mereka. Lonjakan permintaan buah asal Arab ini juga ikut naik pada bulan ini.

Momen puasa tanpa menikmati buah kurma rasanya kurang afdol. Apalagi Rasulullah juga menyatakan agar umat muslim berbuka puasa dengan yang manis-manis, termasuk makan buah kurma.

Selain itu, manfaat dari buah kurma ini sangat banyak untuk mengganti energi tubuh Anda selama menjalani puasa seharian.

Berdasarkan tingginya kebutuhan masyarakat terhadap kurma ini, Anda bisa menjadi penjual buah kurma dadakan saat puasa. Memanfaatkan peluang usaha ini yang membludak akan memberikan keuntungan yang cukup banyak.

Tak hanya kurma, kue Lebaran juga menjadi salah satu yang paling banyak orang butuhkan untuk sajian di hari Raya. Anda bisa manfaatkan peluang ini untuk membuat kering khas Lebaran seperti nastar, castangel, putri salju, dan lain-lain.

Busana Muslim dan Perlengkapan Ibadah

Alternatif jualan paling laris di bulan puasa yang sangat menguntungkan adalah berjualan busana muslim. Saat Ramadan, baju muslim dan perlengkapan ibadah juga termasuk produk yang banyak orang cari. Peningkatan terhadap permintaan baju muslim saat menjelang Lebaran akan melonjak tajam daripada hari biasa.

Kebutuhan masyarakat dalam membeli baju baru Lebaran tentunya dapat kita manfaatkan sebagai peluang usaha. Apalagi jika mendekati hari terakhir di bulan puasa, maka permintaan tersebut semakin banyak.

Bahkan Anda bisa kewalahan memenuhi permintaan mereka akan kebutuhan lebaran.

Nah, dengan adanya momen seperti ini, kita bisa memilih produk jualan paling laris di bulan puasa. Kita bisa memanfaatkan bulan Ramadan ini sebagai momen mencari rezeki lebih banyak dan berkah.