Jose Mourinho Kabar Terbaru Pemecatannya

Berita Viral

Reportasee.com – Jose Mourinho membawa kabar mengejutkan untuk para penggemar olahraga sepak bola. Kabar tersebut adalah pemecatannya sebagai pelatih di salah satu klub bola ternama.

Setelah sang manajemen klub kenamaan tersebut resmi melakukan konfirmasi sejak saat itulah kebersamaan sang pelatih sudah berakhir.

Klub tersebut adalah Tottenham yang  mana sudah membebastugaskannya dari posisi manajer dalam klub.

Sang pelatih sudah cukup lama telah bergabung dengan Tottenham. Tepatnya di bulan November 2019 silam ia secara resmi bergabung ke dalam klub London Utara. Kala itu Jose menggantikan posisi pelatih sebelumnya yang bernama Mauricio Pochettino yang oleh Daniel Levy resmi dipecat.

Kemudian setelah Jose Mourinho bergabung satu setengah tahun lamanya belum ada performa yang berarti. Hal ini terbukti dari posisi Tottenham yang berada di urutan ketujuh EPL klasemen sementara.

Biografi Jose Mourinho

Pelatih Jose Mourinho ini memiliki nama lengkap Jose Mario dos Santos Mourinho Felix. Ia lahir di kawasan Setubal Portugal pada tanggal 26 Januari 58 tahun silam.

Ia adalah salah satu pelatih olahraga sepak bola yang berasal dari Portugal. Jose merupakan pelatih terbaik yang ada dalam sejarah pesepak bola. Hal tersebut terbukti dari prestasi yang sudah ia raih selama berkecimpung dalam dunia sepak bola.

Bahkan ia terhitung sebanyak tiga kali sudah mendapat penobatan pelatih sepak bola terbaik di dunia. Gelar tersebut diberikan oleh lembaga international Federation of Football History  Statistic. Penghargaan tersebut ada di tahun 2004, 2005 juga 2010.

Tak hanya itu, ia juga sudah berhasil membawa beberapa klub kenaman seperti Chelsea, Inter juga Porto hingga dua kali mendapatkan gelar Liga Champions. Sedangkan untk Porto sendiri sudah Jose antar meraih Piala UEFA.

Mourinho mengenyam pendidikan di Universitas Teknik Lisbon. Jose Mourinho bahkan berhasil meraih gelar sarjana di bidang ilmu olahraga. Sedangkan tesisnya adalah tentang metodologi terkait persepak bolaan.

Kemudian ia cukup cepat ebralih profesi. Awal mulanya adalah mengajar, lalu melatih tim untuk tim junior kemudian barulah menjadi penerjemah bagi Bobby Robson dalam klub Sporting Lisbon.

Setelah itu, ia menjadi seorang asisten pelatih kala ikut serta Robson kala ia pindah ke Porto lalu Barcelona.

Selain di Barcelona, ia juga menjadi asisten dari pelatih bernama Louis van Gaal di sebuah klub asal Katalan. Kemudian Jose Mourinho menjadi pelatih yang menggantikan Louis van Gaal.

Hal yang menjadikan mantan pelatih dari klub Bendifa ini terkenal lainnya adalah beberapa komentarnya sangat tajam juga penuh kontroversial. Salah satunya kala ia tiba di Chelsea ahun 2004 silam dan menyebut dirinya snediri The Special One atau sang istimewa.

Selain itu penampilannya juga kerap hadir dengan gaya bintang film dan menjadikannya sasaran halaman utama gossip. Bahkan profil dirinya juga hadir dalam patung lilin Museum Madame Tussaud London.

Karir Jose Sebagai Pelatih

Kala menjadi pelatih, ia terkenal akan kepribadiannya yang kuat. Selain itu kepribadiannya sangat kuat dan mampu menanamkan pada anggota tim mental menjadi juara.

Kendati demikian strateginya kerap menuai kritikan lantaran permainan olah raga tersebut tergolong negative. Namun ia juga merupakan jaminan akan prestasi yang cukup sahih. Bahkan Jose Mourinho kerap tersebut sebagai pelatih spesialis piala. Hal ini berdasarkan keberhasilan dirinya kala merebut empat trofi banyaknya di negara berbeda.

Awal mula karirnya sebagai pelatih Porto di bulan Januari 2002. Kala itu ia mengambil alih kursi pelatih dari Porto tersebut dari sebelumnya yaitu Octavio Machado.

Selama Jose Mourinho menjadi pelatih di Porto ia berhasil membawa piala sebanyak enam trofi. Bahkan ia juga berhasil meraih Treble Winners satu tahun setelahnya atau 2003. Kemudian ia meningglakan Os Dragoes atau Porto tersebut ke Chelse tepat tanggal 31 Mei 2004.

Pada tanggal 2 Juni 2004 ia secara resmi bergabung ke Chealsea dan menjadi manajer club tersebut. Saat musim pertama pelatihannya, ia sudah berhail membawa Chelsea sebagai Liga Utama Inggris. Waktu tersebut berkisar dari 2004 sampai 2005. Bahkan Chelsea sudah menantikan hingga 50 tahun lamanya untuk kemenangan tersebut.

Tak sampai situ saja, bahkan Jose Mourinho juga mengantarkan Chelsea menjadi juara kembali di tahun 2005-2006. Meskipun di musim ketiga tepatnya 2006-2007 klub Chelsea mendapat banyak persoalan. Di antaranya banyak pemain mengalami cedera serius.

Cedera tersebut dialami oleh pemain utama, kapten, kipper utama maupun kedua yang membuat mereka harus beistirahat cukup panjang. Meskipun begitu Jose Mourinho tetap berhasil membawa Chelsea meraih gelar sampai ganda di juara Piala Carling serta Piala FA.

Tetapi di tanggal 20 September 2007, ia secara tiba-tiba membuat keputusan untuk menanggalkan jabatannya menjadi pelatih Chelsea. Hal tersebut melalui kesepakatan bersama setelah ia berjumpa dengan pihak petinggi club. Karena hengkangnya tersebut membuat Liga Utama Inggris kehilangan pelatih dengan gelar the special one.

Kabar Baru Tentang Pemecatannya

Berita terkini tenang Jose Mourinho adalah pemecatannya dari klub Tottenham. Bahkan ia meninggalkan klub tersebut kurang dari satu minggu menjelang final melawan Manchester City di tanggal 25 mendatang.

Coach yang sudah melatih sejak 2019 lalu tersebut sudah menandatangani kontak dengan kurun waktu sampai musim panas di 2023 nanti.

Di musim pertamanya melatih Tottenham, ia sudah berhasil membawa klub naik ke urutan 14 dari posisi sebelumnya. Peringkat tersebut ada dalam klasemen Liga Primer Inggris dan mengamankan posisi Tottenham ke Liga Europa. Meskipun mereka sudah tersingkir dalam babah 16 besar di Liga Champions.

2020/21 di musim ini, posisi Spurs ada di urutan ke tujuh klasemen. Posisi tersebut terpaut hingga lima poin dari Liga Champions.

Spurs menyatakan dalam sebuah pertanyaan bahwa Jose Mourinho beserta staf pelatihnya yang bernama oao Sacramentos, Carlos Lalin, Nuno Santos juga Giovanni Cerra resmi terbebas dari tugas.

Daniel Levy selaku pimpinan Spurs menyatakan Jose beserta para staf sudah bersama-sama melewati masa paling menantang. Ia juga menambahkan Mourinho sebagai seorang professional dengan ketahanan sangat luar biasa dalam menghadapi pandemic.

Sedangkan untuk posisi pelatih yang tengah kosong sudah Tottenham persiapkan. Mereka bahkan sudah mengkonfirmasi Ryan Mason sebagai mantan gelandang yang juga tengah menjabat pimpinan divisi terkait pengembangan pemain menjadi pengganti Jose Mourinho.

Ryan Mason ini akan memulai tugasnya untuk melatih tum utama di Senin 19 April hari ini.

Teriar kabar terkait alasan mengenai pemecatan Jose Mourinho ini. Alasan tersebut lantaran beredar kabar berupa kehebohan European Super League dengan salah satu pendirinya adalaj Tottenham Hotspur.

Menurut kabar, sang pelatih menolak Tottenham menjadi pelopornya. Penolakan tersebut berbentuk tidak membawa para pemain dalam klub Tottenham ke latihan.

Adapun kabar pemecatan Jose Mourinho memang sangat mengejutkan kalangan penggemar sepak bola. Apalagi laga pertandingan baru satu minggu kemudian akan berlangsung.

Berita Terbaru