Johny Setiawan Temukan Planet Baru HIP 13044 b

0
1417
Johny Setiawan Temukan Planet Baru HIP 13044 b
Foto : Johny Setiawan

Reportasee.com,- Johny Setiawan menemukan planet baru bernama HIP 13044 b. Astronot asal Indonesia itu berhasil mengungkap planet seukuran Jupiter yang ditemukan dan dilahirkan di luar angkasa.

Melansir dari Tribunnews.com, Kamis (08/09/2019), Johny Setiawan merupakan seorang astrofisika yang lahir di Jakarta pada 16 Agustus 1974. Ia dan timnya menemukan planet itu ketika dia melihat benda bergerak di sekitar bintang induknya.

Mereka telah menggunakan Spectrograph dengan teleskop 2,2 meter di Observatorium La Silla Observatorium Eropa Selatan, Chili. Ia percaya bahwa itu adalah sebuah planet baru. Exoplanet atau planet ekstrasurya adalah planet di luar tata surya.

Baca : Ilmuwan Swiss Temukan Sisa Purba Dinosaurus Langka

Penemuan Johny Setiawan

“Penemuan ini adalah bagian dari penelitian kami. Kami selalu mencari exoplanet yang mengorbit di sekitar bintang yang hampir mati, ”kata Johnny yang bekerja di Max Planck Institute for Astronomi (MPIA) dan penulis makalah Science.

“Temuan ini membuat kami lebih bersemangat. Karena panet itu berada sangat jauh dari bumi sekitar 2.000 tahun cahaya jauhnya, ”kata Johnny yang kini tinggal di Heidelberg, Jerman.

HIP 13044 b jarak dekat dengan bintang induk ketika itu hanya dibuat pada periode orbit 16 hari. Bintang itu sendiri dijalankan melalui fase raksasa merah yang membengkak dalam ukuran dari diameter aslinya sebelum mati lantaran kehilangan hidrogen.

Menurut Johny Setiawan, matahari akan mengalami hal yang sama dalam waktu sekitar 5 Juta tahun.

Selain itu, bintang juga berputar dengan cepat. Akibatnya, bintang itu menelan planet-planet terdekat selama fase raksasa merah. Setelah itu, mereka berputar lebih cepat.

Baca : Peneliti Denmark Menemukan Senjata Bangsa Viking

Keahlian Johny Setiawan

Johny Setiawan memiliki banyak keahlian, salah satunya menguasai menguasai lima bahasa antara lain Bahasa Indonesia, Inggris, Jerman, Spanyol dan Prancis.

Ia mengatakan bahwa masih ada pertanyaan yang belum terjawab tentang bagaimana planet belum dapat dibentuk. Faktanya, planet ini mengorbit di sekitar bintang yang memiliki sedikit unsur kimia selain hidrogen dan helium.

Ia juga menambahkan, peristiwa itu jarang terjadi lantaran masih teka-teki. Bagaimana mungkin sebuah bintang yang hanya sejumlah kecil unsur kimianya membentuk sebuah planet.

“Planet di sekitar bintang seperti ini tentu tidak seperti planet yang terbentuk secara umum.” Ujar Johny ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here