14 Jenis Bahan yang Biasa Dipakai untuk Hijab

Advertisement

Reportasee.com – Seiring dengan perkembangan zaman, fashion pun semakin berkembang. Begitu pula hal nya dengan fashion hijab, tipe dan jenisnya semakin banyak dan unik. Sekarang ini ada banyak sekali jenis hijab yang dapat anda temui, dari mulai hijab instan sampai hijab modern.

Jenis–jenis hijab ini biasanya telah di variasikan dari mulai coraknya, bentuknya, modelnya, dan bahkan jenis kainnya. Variasi ini dapat membuat para hijabers bisa tampil lebih keren dan fashionable.

Jenis kain yang berbeda, akan terlihat berbeda pula pada orang yang memakainya. Hal inipun bukan hanya dari segi jenis kain, melainkan dari corak dan modelnya juga.

Semua variasi tadi akan menentukan bentuk hijab yang anda kenakan pada kepala anda dan juga akan membingkai wajah anda. Maka ada baiknya anda mengenal dahulu jenis–jenis bahan hijab ini supaya anda tidak salah beli.

Daftar Jenis bahan untuk hijab yang Paling Populer

Sifon (Chiffon)

Bahan hijab yang satu ini terbuat dari kapas, sutra, katun, dan serat sintetis. Karakteristik bahan ini yaitu licin, tipis, tidak mudah lecek, mengkilap, dan lumayan panas jika tidak anda kombinasikan dengan bahan lain.

Advertisement

Sifatnya yang tidak menyerap keringat membuat hijab ini menjadi panas. Namun, sifon cukup banyak penggunanya karena ringan dan jatuh, cocok untuk anda gunakan pada acara formal.

Diamond

Bahan kain ini teksturnya cukup bergerigi seperti kulit jeruk, agak kasar dan berpasir. Meskipun begitu, bahan ini cukup nyaman untuk anda gunakan.

Bahan ini merupakan bahan yangcukup populer karena saat anda bentuk bahannya mudah mengikuti keinginan anda dan dapat menyesuaikan dengan wajah anda.

Pada dasarnya jenis bahan diamond ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis lainnya. Jenis diamond cerutti atau crepe yang bertekstur lembut dan tidak panas biasanya cocok untuk style hijab segi empat.

Adapun diamond italiano yang bahannya lebih tebal dan tekstur yang cukup kasar. Jenis italiano ini pun cocok untuk model hijab segi empat.

Advertisement

Katun

Janis bahan yang satu ini termasuk bahan yang banyak orang sukai sebagai bahan hijab. Hal ini karena bahan katun terbuat dari kapas alami dan mampu menyerap keringat.

Bahan katun juga dapat memberi rasa adem, sehingga sangat nyaman saat anda gunakan.

Jenis katun sendiri ada beberapa macam, jenis yang laku untuk hijab yaitu meliputi katun ima dan supernova. Untuk jenis katun supernova, tekstur kainnya halus, lembut, dan tebal sehingga tidak tembus pandang.

Jenis katun ini sangat sesuai untuk anda yang mau berpenampilan santai tetapi tetap rapi. Harganya pun sangat bersahabat.

Lalu  jenis katun ima, jenis katun ini memiliki karakter yang halus dan dingin saat anda gunakan. Kebanyakannya jenis katun ima menjadi pilihan hijabers yang menggunakan model hijab pashmina.

Organdi

Jenis bahan organdi ini sedang menjadi favorite bagi apra hijabers untuk pergi ke acara formal.

Jenis bahan yang terbuat dari 100 persen katun dan memiliki tekstur yang tipis, ringan, halus dan transparan ini menjadi pilihan untuk tampil fashionable pada acara formal.

Jersey

Bahan jenis ini sangat cocok untuk menjadi pilihan saat anda ingin berolahraga karena bahannya lebut, elastis, ringan, dan dapat mengurangi keringat.

Selain untuk berolahraga, hijab jenis ini pun dapat anda gunakan sehari – hari dan biasanya untuk hijab syar’i.

Satin

Bahan satin bertekstur mengkilap dan licin pada bagian luar. Namun, bagian dalamnya bisa terbilang lembut. Bahan jenis ini sangat cocok anda gunakan untuk berangkat ngantor atau acara formal karena membuat penampilan menjadi elegan.

Wool peach

Banyak orang menyabut bahan ini dengan sebutan wolfish, wollpeach, atau bahkan wolvis.

Nama jenis kain ini memang banyak tetapi terlepas dari namanya, sebenarnya kain ini masuk ke dalam jenis kain sifon tetapi tidak melewati proses lining.

Kain jenis ini memiliki karakter serat rapat, alus, ringan, sejuk, dan tidak licin. Kain ini termasuk jenis kain yang cukup tipis dan lebih tipis daripada kain jersey.

Hal itu yang membuatnya menjadi cukup populer, terutama pada kalangan hjabers syar’i.

Voal stretch

Dari namanya saja pasti anda sudah dapat tau bahwa jenis hijab ini biasa digunakan untuk keperluan berolahraga karena sifatnya yang sejuk ketika saat anda kenakan.

Hijab berbahan ini memang sedang banyak para hijabers minati. Tambah lagi bahan voal strech, telah menjadi opsi utama untuk hijab yang dapat pakai seharian terutama saat cuaca panas atau musim kemarau.

Bahan hijab ini juga ringan, serta memiliki ruang udara cukup besar sehingga anda tidak akan merasa gerah.

Corn Skin

Hijab jenis inimemiliki tekstur mirip dengan serat jagung. Maka teksturnya tidak mudah kusut saat anda pakai, sangant cocok untuk anda yang tidak suka menyetrika atau sedang terburu–buru.

Bahan hijab ini cukup nyaman dan ringan sekali saat anda gunakan. Dan juga jenis hijab ini tampak rapi saat anda memasangkannya dengan model layer banyakdan mudah diatur.

Meskipun begitu, anda tetap harus sering–sering merapikannya supaya selalu tampil maksimal.

Hycon

Hijab jenis ini adalah hijab yang cocok anda pakai saat cuaca panas atau saat musim kemarau. Bahannya jatuh, sejuk, dan memberi kesan rapi dan tetap terlihat kasual.

Hijab ini memiliki potongan jatuh karena seratnya cukup rapat dan bahannya lumayan tebal. Oleh karenanya, anda dapat mengenakan hijab ini walaupun tanpa menggunakan ciput.

Spandex

Bahan spandex mempunyai sifat yang jatuh tetapi cukup tebal dan sangat mudah dibentuk. Bahan spandek pun dapat menyerap keringat maka sangat cocok bagi anda yang sering berkeringat.

Awalnya hijab jenis ini hadir dengan model instan atau bergo agar mudah dan praktis pemakaiannya.

Rajut

Hijab ini siap membuat penampilan anda semakin stylish. Bahan rajut yang elastis dan bertekstur tidak begitu rapat akan membuat rambut anda terlihat.

Maka untuk menjaga agar rambut anda tertutupi secara sempurna dan tidak menerawang kenakanlah dalaman seperti ciput saat menggunakan jenis hijab yang satu ini.

Kaos

Hijab bahan kaos tidak mengilap,  nyaman, dan praktis saat anda gunakan tetapi memberi kesan santai. Jenis  hijab ini juga sangat cocok anda gunakan untuk berolahraga.

Kasmir

Jenis bahan hijab kashmir merupakan bahan asli hijab pashmina yang berasal dari Timur Tengah. Bahannya yang lentur membuatnya mudah untuk mengikuti bentuk yang anda inginkan.

Kain Kashmir termasuk kain khas pada daerah asalnya, sehingga ada berbagai macam kasmir yang memiliki motif unik. Bahan ini cukup tebal maka jenis hijab ini sangat cocok bagi anda yang tinggal pada daerah dingin.

Sekian di atas adalah beberapa jenis bahan hijab yang ada. Semoga penjelasan tersebut dapat membantu anda dalam memilih jenis hijab yang cocok untuk anda.

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker