Jenis Calathea Berdaun Cantik, Tanaman Hias Populer

jenis calathea berdaun cantik
ilustrasi jenis calathea berdaun cantik (foto: intoday)

Reportasee.com – Jenis Calathea berdaun cantik kini sedang marak dan banyak pecinta tanaman hias yang menyukainya.

Calathea termasuk jenis tanaman hias yang memiliki daun berbentuk lonjong dengan pola garis warna yang indah.

Karena mempunyai corak garis-garis dan urat tanaman yang menarik perhatian, maka tanaman jenis Calathea ini memiliki sebutan tanaman ular berbisa, tanaman zebra atau tanaman merak.

Berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber, terdapat 100 jenis tanaman Calathea yang sudah teridentifikasi.

Harga jual tanaman hias Calathea sangat bervariasi, tergantung jenis dan umurnya. Mulai dari Rp 20 ribu sampai ratusan ribu rupiah.

Berikut ini ada beberapa jenis tanaman Calathea yang dapat Anda jadikan koleksi tanaman hias ketika pandemi.

13 Jenis Calathea Berdaun Cantik yang Tengah Populer

Calathea Rufibarba

Jenis yang pertama adalah Calathea Falistolistna. Tanaman ini memiliki nama lain Calathea Rufibarba dengan bentuk daun lancip dan memanjang.

Karena bagian permukaan daunnya terdapat rambut-rambut yang halus tanaman hias ini juga sering mendapat julukan Calathea beludru.

Calathea Rufibarba juga mempunyai tangkai daun yang panjang berwarna ungu kemerahan. Pada bagian tepi daunnya terlihat bergelombang. Daunnya berwarna hijau tua.

Untuk perawatannya, Calathea rufibarba membutuhkan sinar matahari yang cukup demi mempertahankan warna daunnya agar tetap hijau.

Calathea Lancifolia

Jenis Calathea berikutnya adalah Calathea Lancifolia. Tanaman ini memiliki ciri khas pada daunnya yang lonjong memanjang.

Pada bagian daunnya yang berwarna hijau muda terdapat pola garis dan titik hijau tua. Pada bagian bawahnya berwarna ungu pekat dengan tangkai daun yang pendek.

Calathea Lancifolia akan tampak seperti karangan bunga, bila Anda meletakkannya dalam pot yang berukuran tinggi. Oleh karena itu tanaman ini sangat cocok berada pada sudut ruangan.

Calathea Makoyana

Makoyana merupakan salah satu jenis Calathea berdaun cantik. Tanaman hias ini popular dengan julukan peacock plant (tanaman merak).

Daunnya bermotif garis berwarna putih dan hijau. Pada bagian bawahnya memiliki warna ungu pekat, seperti bulu burung merak.

Jenis Calathea Makoyana termasuk paling banyak peminatnya. Tanaman hias ini sangat cocok berada dalam ruangan karena dapat hidup dengan pencahayaan buatan.

Calathea Crimson

Calathea Picturata termasuk varietas crimson (prayer plant) yang mempunyai tampilan cantik dan unik. Jenis Calathea berdaun cantik ini memiliki daun lebar berwarna ungu dan coklat gelap.

Ketika malam hari daunnya akan menguncup seperti tangan orang yang berdoa. Tanaman Calathea ini juga mempunyai suhu hangat dan kelembaban yang tidak langsung.

Calathea Medallion

Jenis Calathea berdaun cantik ini mempunyai daun lebar dengan bentuk cenderung bulat yang terlihat seperti medali.

Pada bagian daunnya mempunyai corak warna hijau tua, hijau muda dan putih tulang pada bagian tepinya. Motif daunnya sangat cantik seperti coretan yang memakai cat minyak.

Harga jualnya cukup mahal karena memiliki penampilan yang unik. Tanaman hias yang satu ini memiliki nilai jual mencapai Rp 2 jutaan bila sudah berdaun lebat dan dewasa.

Baca:  Kamisato Ayaka, Karakter Baru Genshin Impact

Calathea Orbifolia

Jenis Calathea berdaun cantik selanjutnya adalah Calathea Orbifolia. Ciri-cirinya berdaun lebar yang cenderung bulat mirip kipas.

Pola garis berwarna hijau dan kelabu yang rapat seperti tubuh kuda zebra. Daun tanaman hias ini bila sudah dewasa dapat tumbuh sepanjang 30 cm dan lebar 15-20cm.

Nilai jual tanaman hias ini juga terbilang mahal. harga untuk anakannya bisa mencapai Rp 500 ribu.

Calathea Ornata

Calathea Ornata terkenal dengan nama Pinstripe Calathea. Tanaman hias jenis Calathea Ornata memiliki daun berwarna hijau gelap dengan garis-garis tipis berwarna pink lembut.

Memiliki nama lain Calathea femme fatale karena tampilannya yang terkesan feminin.

Tanaman hias ini berasal dari Amerika bagian Selatan yang beriklim tropis, sehingga dapat tumbuh di negara Asia Tenggara, seperti Indonesia.

Calathea Crocata

Jenis Calathea lainya adalah Calathea Crocata. Memiliki daun berwarna hijau pekat dengan aksen gelombang yang sederhana dan tidak ada motif yang khas.

Meskipun demikian, tanaman ini dapat berbunga dengan warna kuning yang menyerupai bara api.

Oleh karena itulah tanaman hias ini terkenal dengan nama eternal flame. Akan tetapi, bila usianya belum dewasa dan tidak berdaun lebat, tanaman hias ini tidak akan berbunga

Calathea Zebrina

Jenis Calathea berdaun cantik berikutnya yaitu Calathea Zebrina yang terkenal dengan sebutan Calathea Zebra. Tanaman hias ini banyak tumbuh di daerah bagian tenggara negara Brasil.

Pada bagian daunnya terdapat pola garis-garis dan warna tulang daunnya hijau muda. Sedangkan bagian permukaan daunnya berbulu halus seperti kain beludru.

Bagian bawahnya juga terdapat motif bergaris berwarna ungu dan hijau tua.

Calathea Warscewiczii

Calathea Warscewiczii adalah tanaman hias yang berasal dari Nikaragua dan Kosta Rika.

Daunnya berwarna hijau tua dengan permukaan halus seperti beludru. Oleh karena itu tanaman ini memiliki nama lain Calathea Jungle Velvet.

Calathea Warscewiczii ini memiliki ciri khas yaitu daun dengan tulang berhias garis-garis berwarna hijau muda. Garis-garis samar  tersebut menyebar ke tepi daun.

Calathea Veitchiana

Jenis Calathea berdaun cantik ini merupakan tanaman endemik Ekuador yang dapat tumbuh pada iklim subtropis dengan kelembaban tinggi.

Bentuknya mirip dengan jenis Calathea Medallion. Bedanya bila Medallion pada bagian tepi daunnya berwarna putih, sedangkan Calathea veitchiana daunnya berwarna hijau apel.

Calathea Leopardina

Jenis Calathea berikutnya adalah Calathea Leopardina. Tanaman hias ini terkenal pula dengan sebutan Calathea bambu (maranta bambu).

Calathea Leopardina sangat cocok berada dalam ruangan. Tanaman ini dapat tumbuh subur meskipun memperoleh sinar matahari tidak langsung.

Calathea Roseopicta

Jenis Calathea yang terakhir adalah Calathea Roseopicta atau Calathea mawar. Warna daunnya ungu kehitaman atau hijau tua dengan corak ungu muda dan hijau muda.

Tanaman hias ini mempunyai keunggulan tahan terhadap penyakit dan mudah merawatnya. Jarang sekali terjadi  pembusukan yang menyebabkan daunnya berwarna kecoklatan.

Demikianlah uraian tentang berbagai jenis tanaman Calathea yang banyak peminatnya terutama para pecinta tanaman hias ketika pandemi.