Jantung Tetap Sehat? Lakukan Dengan Rutin 6 Jenis Olahraga Ini!

0
41
Foto : klikdokter

Ingin Jantung Tetap Sehat? Coba 6 Jenis Olahraga Ini. Salah satu organ vital dan paling penting bagi keberlangsungan hidup manusia adalah jantung. Jantung yang sehat akan memompa darah dengan baik. Di era yang serba instan ini, banyak sekali orang yang menderita penyakit jantung. Kematian mendadak pada umumnya picu utamanya oleh serangan jantung yang muncul secara tiba-tiba. Oleh karena itu, menjaga jantung agar tetap sehat harus Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan berolahraga.

Olahraga secara rutin akan menyehatkan jantung Anda. Ada 6 (enam) jenis olahraga yang baik Anda lakukan secara rutin untuk jantung Anda. Berikut nama olahraga dan penjelasannya.

Berenang

Setiap orang, baik anak-anak maupun dewasa suka sekali dengan olahraga ini. Berenang adalah olahraga yang paling mudah dan cukup murah. Anda dan keluarga bisa pergi ke kolam renang dan cukup membayar tiket masuk sebesar 15-50 ribu. Jika Anda berniat membangun rumah dan memiliki tanah yang cukup luas, sebaiknya fasilitas kolam renang perlu Anda pikirkan untuk dibuat di rumah Anda.

Dengan rutin berenang, akan membuat jantung tetap sehat dan kuat. Gerakan renang dapat memperbesar jantung sehingga jantung bisa memompa darah lebih cepat dan maksimal. Hasilnya, darah secara sempurna mampu mengalir ke seluruh tubuh. Jika Anda penderita jantung koroner dan hipertensi, berenang selama 30 menit akan mengurangi kedua penyakit tersebut.

Baca:  HP Tidak Mudah Rusak, Rawat Dengan Tepat dan Benar

Berlari

Lari merupakan olahraga yang sangat mudah Anda lakukan. Berlarilah di pagi hari, saat udara masih cukup bersih dan segar selama 40-60 menit. Perhatikan intensitas lari dan sesuaikan dengan kemampuan tubuh Anda. Jangan terlalu memaksakan harus lari lebih lama sementara tubuh sudah tidak kuat. Berlari sangat bermanfaat bagi jantung. Volume pada darah Anda akan meningkat.

Bersepeda

Jika Anda memiliki rezeki finansial berlebih, coba belikan sepeda. Bersepeda sangat baik untuk kesehatan Anda, terutama kesehatan jantung. Otot kaki yang bergerak selama bersepeda dapat meningkatkan denyut jantung. Bersepeda mampu merangsang dan melatih jantung tetap sehat dan bergerak aktif dan normal.

Yoga

Teknik relaksasi, peregangan, dan pernapasan pada olahraga yoga sangat baik bagi kesehatan jantung Anda. Gerakan-gerakan yang terdapat dalam yoga mampu mengurangi atau menghilangkan stres. Stres sendiri di sinyalir merupakan penyebab utama penyakit jantung.

Push Up

Gerakan push up tidak membutuhkan alat olahraga apapun dan bisa Anda lakukan di manapun yang Anda mau. Jika Anda melakukan push up secara rutin, jantung Anda akan tetap stabil dalam bekerja.

Baca:  Ini Merk Handbody Terbaik di Bawah 50 Ribu

Selesai berolah raga, sebaiknya jangan meminum air dingin yang berasal dari kulkas. Minumlah air dengan suhu normal agar semakin memaksimalkan kesehatan tubuh yang bisa Anda peroleh dari gerakan-gerakan olahraga. Penyakit jantung mudah terserang kepada para perokok. Sebaiknya uang untuk membeli rokok Anda tabung dan alokasikan untuk membeli alat olahraga yang baik untuk kesehatan jantung Anda.

Jalan kaki

Baik itu jalan yang Anda lakukan di luar ataupun di dalam rumah, maka jalan kaki merupakan olahraga yang berintensitas sangat rendah tapi mempunyai dampak besar untuk kesehatan jangtung.

Sebab, dengan jalan kaki bisa meningkatkan akan detak jantung, dan menurunkan akan tekanan darah, sampai menguatkan akan otot-otot jantung. Hasilnya, untuk aliran darah yang ada di dalam tubuh pasti akan lancar.

Ada sebuah penelitian yang membuktikan kalau jalan kaki selama kurang lebih 30 menit per hari, yaitu sebanyak lima hari untuk waktu seminggu, maka bisa menurunkan akan risiko dari penyakit jantung koroner yaitu sebanyak 19%.

Mendaki

Mendaki merupakan jenis dari olahraga buat jantung yang memang seringkali terlupakan. Padahal, untuk mendaki bisa meningkatkan akan detak jantung serta juga membakar kalori yang berlebih yang ada dalam tubuh. Ditambah lagi, dengan mendaki bisa untuk menurunkan sebuah risiko penyakit jantung! Ingat, jangan juga memaksakan diri Anda dalam mencoba berbagai macam olahraga untuk kesehatan jantung di atas, terutama untuk  yang memang belum terbiasa untuk berolahraga.

Salah satu upaya lain agar jantung tetap sehat adalah dengan menjaga pola makanan. Anda bisa memilih jenis makanan atau masakan yang ramah dengan jantung Anda. Makanlah dengan jumlah porsi yang secukupnya. Jangan berlebihan. Anda juga harus menjaga pola pikir. Buang jauh-jauh pemikiran negatif akan hal apapun. Berpikiran positiflah agar Anda tidak gampang terserang depresi atau stres.

Baca:  Keren, Anggota BPD Desa Utama Ciamis Bayar PBB Dengan Uang Koin Hasil Cengcelengan
ingin jantung sehat
Foto : amazine.co

Depresi atau stres akan menimbulkan berbagai penyakit. Tidak hanya penyakit psikis, tetapi juga penyakit fisik. Organ jantung Anda akan terganggu. Akibatnya, jantung tidak akan maksimal bekerja. Aliran darah tidak akan mengalir dengan sempurna. Akibatnya, jantung Anda menjadi lemah.

Jika jantung Anda bermasalah, akan timbul penyakit lain yang bukan tidak mungkin akan merenggut nyawa Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin jantung tetap sehat, lakukan olahraga di atas secara rutin, jauhi rokok, perbaiki pola makan dan pola pikir. Selamat berjuang untuk jantung yang lebih sehat.