32 C
Indonesia
Kamis, Agustus 5, 2021
BerandaBeritaJadwal dan Perayaan Tradisi Paskah 2021 di Indonesia

Jadwal dan Perayaan Tradisi Paskah 2021 di Indonesia

Reportasee.com – Tradisi Paskah adalah salah satu momentum yang cukup penting umat katolik. Sama seperti tahun 2020 lalu perayaan paskah tahun 2021 ini juga akan dilakukan secara terbatas. Umat katolik akan merayakan pekan suci paskah dengan beberapa rangkaian misa dengan pelaksanaan yang sedikit terbatas. Rangkaian misa dari Pekan Suci ini bersifat terbatas karena pelaksanaannya online.

Berbicara mengenai momentum paskah hingga kini masih ada saja masyrakat yang belum mengenal dengan baik mengenai apa itu Tradisi paskah. Paskah sendiri merupakan sebuah rangkaian ibadah dan ritual umat katolik. Umat katolik juga menyebut Tradisi Paskah ini denan Pekan suci. Jika mau menilik tentang isi kegiatan paskah, Tradisi Paskah atau Pekan Suci ini berisi renungan dan penghayatan tentang berbagai peristiwa yang mendasari pusta imam katolik. Pusat dari peristiwa ini tidak adalah kematian hingga kebangkitan Yesus Kristus.

Sebenarnya pekan suci Paskah ini telah terlaksana sejak tanggal 28 Maret kemarin. Mengingat Paskah berisi rangkaian acara jadi paskah ini akan diadakan hingga pekan depan. Minggu, 28 Maret kemaren di sebut dengan Misa minggu palma. sedangkan umat katolik masih akan menyambut perayaan-perayaan selanjutnya yakni Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Vigili dan Minggu Paskah.

Sejak Indonesia dan Dunia terkena wabah Covid-19 beberapa kegiatan menajdi terhambat salah satunya juga kegiatan keagamaan semacam ini. Tahun 2020 perayaan paskah di gelar secara online di beberapa gereja di Indonesia, dan begitu juga dengan tahun 2021 ini. Tidak semua gereja membuat gelaran secara online, namun beberapa gereja ini memberikan solusi untuk mengikuti misa secara online.

Jadwal Perayaan Tradisi Paskah Online

Sejumlah gereja memberikan fasilitas online dalam perayaan misa tahun 2021 ini. Gereja Paroki Katredal salah satunya. Gereja yang terletak di Ibukota Jakarta ini memiliki jumlah jemaat yang cukup banyak. Perayaan misa di Gereja Paroki Katredal ini akan di mulai pada Kamis 1 Paril 2021 dengan acara Kamis Putih yang akan tayang secara online pada pukul 17.00 dan 20.00 WIB. Selanjutnya Jumat Agung, akan tayang pada Jumat 2 April 2021 dengan waktu pukul 15.00 dan 18.00 WIB. Sabtu Vigili akan tayang pada 3 April 2021 yang akan tayang pada 17.00 dan 20.00. Sementara puncak acara yakni Minggu Paskah akan tayang pada 4 April 2021 pada pagi pukul 09.00 WIB, Siang puku 11.00 WIB, dan Sore Pukul 17.00 WIB.

Sedangkan dua Gereja membuat gelaran Misa Online dengan waktu yang bersama dari awal hingga akhir di Kanal Online masing-masing. Gereja Santa Perawan Maria Regina, Paroki Purbowardayan dan Gereja Katolik Santa Maria Ratu Para Malaikat Cipanas membuat gelaran acara secara bersamaan di mulai dari Kamis putih yang tayang pada kamis 1 April 2021 pada pukul 17.00, Selanjutnya Jumat Agung yang tayang pada Jumat 2 April 2021 pada pukul 15.00, Sabtu Suci tayang pada Sabtu 3 April 2021, dan Minggu Paskah sebagai Puncak dari Acara Misa yang tayang pada Minggu 4 April 2021 pukul 08.00 WIB.

Jadwal Selanjutnya

Gereja Santa Maria Diangkat ke Surga Parokin Palur yang terletak di Karanganyar juga melakukan perayaan Paskah secara Online. Dumulai dari Kamis Putih yang ditayangkan pada Kamis 1 April 2021 pada pukul 20.00 WIB. Jumat agung yang akan tayang pada Jumat 2 April 2021 pukul 15.00 WIB. Sabtu Vigili pada Sabtu 3 April 2021 pukul 10.00 WIB, dan Puncak acara Minggu Paskah pada mInggu 4 April 2021 pukul 07.00 WIB.

Baca:  Teka-Teki Attack On Titan (Aot) Chapter 138 Segera Terjawab

Gereja Santo Gregorius Agung Paroki, Kutabumi juga melakukan gelaran perayaan misa Paskah ini secara online melalui streaming di kanalnya. Kegiatan ini bermula sejak kamis 1 April 2021 dengan acara kamis putih yang tayang pada pukul 17.00 WIB dan 20.00 WIB. Selanjutnya pada hari Jumat 2 April 2021 yakni Jumat Agung yang resmi tayang pada 14 00 WIB dan 17.00 WIB. Sementara pada Sabtu 3 April 2021 yakni acara Sabtu Vigili yang resmi tayang pada pukul 17.00 sampai dengan 21.00 WIB, dan sebagai puncak acara yakni Minggu 4 April 2021 acara Minggu Paskah yang tayang pada 08.30 dan 11.00 WIB.

Baca:  Teka-Teki Attack On Titan (Aot) Chapter 138 Segera Terjawab

Terakhir, Gereja Santo Yusup Ambarawa. Memulai acaranya pada Kamis 1 April 2021 dengan Acara Kamis Putih yang tayang sejak pukul 18.30. Kemudian Jumat Agung pada Jumat 2 April 2021 pukul 11.30 WIB, Sabtu Vigili pada Sabtu 3 April 2021 oukul 18.30, dan Minggu puncak dengan Minggu Paskah pada Minggu 4 April 2021 pukul 08.30 WIB.

Bentuk Perayaan Paskah

Pada setiap perayaan Paskah Umumnya Umat Kristiani melakukan perayaan dengan rangkai acara-acara dan salah satunya adalah acara menghias telur. Telur hias kerap menjadi simbol kebangkitan Kristus bagi para umat Kristiani. Telur-telur paskah akan di hias dengan berbagai macam warna dan lukisan kemudian di berikan kepada anak-anak untuk hadiah.

Namun tahukan bahwa Tradisi pemberian telur paskah ini pertama kali populer pada abad kedua sebelum masehi oleh bangsa Mesopotamia. Di masa itu pemerintah mulai membagikan telur-telur kepada pendudukanya dalam rangka sebagai bentuk ucapan syukur karena telah memasuki musim semi. Kemudian seiring dengan masuknya agama krister ke negara Mesopotamia Tradisi pemberian telur musim semi ini berganti dengan kebiasaan yang ada pada saat hari paskah karena kebetulan paskah selalu menajdi hari pertama di musim semi.

Tidak hanya sebagai bentuk rasa syukur karena telah datang musim semi, Telur paskah ini juga di percaya sebagai simbol yang menandakan hari kebangkitan yang selalu identik dengan perayaan paskah. Selanjutnya perayaan Paskah ini juga di adopsi oleh uni eropa dan asia termasuk Indonesia.

Pada awalnya telur-telur paskah ini hanya berarna merah. Bukan tanpa alasan, pemberian warna merah ini sebagai simbol penghormatan terhadap umat manusia dan sebagai simbol pengorbanan Yesus Kristus pada umat manusia pada sata penyaliban. Namun seiring dengan perkembangan zaman telur-telur paskah ini dihias dengan berbagai warna. Kemudian telur paskah di dekorasi dengan berbagai warna dan hiasan sesuai dengan kreativitas. Telur Paskah terbaik dan paling maaha di dunia adalah telur aberge seornag perancang perhiasan asal Rusia, Peter Carl Faberge. Telur Faberge ini berhiaskan permata dan berlian.

Tidak hanya telur Paskah saja yang menjadi Simbol perayaan paskah ini, terdapat juga Kelinci paskah. Kelinci paskah ini memiliki sejarah yang hampir sama dengan telur paskah yakni di simbolkan sebagai wujud syukur dari datangnya musim semi. Kelinci paskah ini telah di kenal sejak tahun 1700 an. Pengambilan bentuk kelinci ini adalah bentuk kepercayaan dari Kaum Jerman Kuno yang menjadikan kelinci sebagai Simbol kesuburan dan Permulaan dalam kehidupan atau Osterhase dan Oschter Haws.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer