ISS Dukung Penuh Eksplorasi Masa Depan

0
419
ISS Dukung Penuh Eksplorasi Masa Depan
Foto : ISS

Reportasee.com,- Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) mendukung penuh eksplorasi masa depan. Badan Penerbangan dan Pesawat Antariksa (NASA) menggandakan kecepatan data dari stasiun antariksa untuk kembali ke Bumi.

Melansir dari NASA.gov, Sabtu (31/08/2019), kenaikan tingkat data ISS telah membuka jalan bagi misi masa depan NASA di Gateway untuk mengirim lebih banyak data sains lebih cepat dari pada sebelumnya.

Misi NASA baik yang dekat maupun yang jauh, bergantung pada komunikasi yang cepat dan efektif untuk menyampaikan data misi penting ke pusat kendali dan ilmuwan di Bumi.

ISS sekarang mendukung koneksi 600 Megabit Per Detik (Mbps), menggandakan jumlah data yang dapat ditransmisikan dan diterima stasiun sekaligus.

Direktur Goddard Space NASA, George Morrow mengatakan, jaringan komunikasi NASA memainkan peran penting dalam setiap misi. Ini memungkinkan data dari penerbangan luar angkasa manusia, misi penelitian ruang dan ilmu bumi dan demonstrasi teknologi untuk mencapai Bumi demi kepentingan kemanusiaan.

Peningkatan kemampuan kecepatan data untuk stasiun ini menggarisbawahi komitmen kami untuk menyediakan layanan operasional berkualitas tinggi demi misi eksplorasi NASA masa depan,” katanya.

Penelitian Langsung di ISS

Lingkungan ISS yang unik memungkinkan para astronot untuk melakukan penelitian yang tidak mungkin dilakukan di Bumi.

Demonstrasi dan percobaan teknologi tersebut semakin bergantung pada kecepatan data yang tinggi antara stasiun dan peneliti di Bumi.

Pekerjaan di laboratorium yang mengorbit memberikan pengetahuan dalam penelitian manusia.

Sementara pengalaman dalam spaceflight jangka panjang dan kemampuan untuk demonstrasi teknologi misi di masa depan juga memungkinkan adanya fakta akurat.

Komunikasi Antara ISS dan Bumi

ISS berkomunikasi dengan Bumi melalui sinyal frekuensi radio menggunakan sistem Pelacakan dan Satelit Relai Data (TDRS) dan antena berbasis darat yang disebut Space Network.

TDRS ditempatkan di orbit tinggi di atas Bumi, di atas berbagai lokasi strategis sehingga mereka dapat menyampaikan data ke tanah dari mana saja di orbit.

Pimpinan proyek Space Network, Risha George menyebut, proyek itu menunjukkan bahwa bentuk gelombang frekuensi radio yang canggih dapat digunakan secara efisien untuk meningkatkan kecepatan data. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here