Investasi Saham Secara Daring, Berikut Langkahnya

Reportasee.com – Investasi saham bisa menjadi alternative bagi sebagian besar orang yang memiliki uang cukup banyak. Mereka berpendapat alangkah baiknya uang tersebut bisa menjadi modal.

Akan tetapi untuk orang yang tidak memilki pengalaman usaha cukup sulit menentukan bidang bisnis. Karena itu bagi segelintir orang dengan permasalahan tersebut melakukan penanaman saham duntuk memutar uang mereka.

Saat ini perkembangan jaman berlangsung sangat cepat. Perkembangan tersebut ada dalam berbagai bidang salah satunya berbentuk investasi.

Lewat kecanggihan dalam fitur internet bisa membuat penggunanya menanamkan uang mereka dalam bentuk saham online. Sehingga pengguna tak perlu repot ke sebuah tempat tertentu untuk memasukan uang mereka ke dalam saham.

Akan tetapi belum banyak orang mengetahui bentuk investasi saham secara online untuk memutar keuangan mereka. Jika anda termasuk tertarik akan investasi tersebut tak perlu khawatir.

Anda bisa membaca uraian lengkap tersebut untuk menambah informasi mengenainya.

Apa Itu Investasi Saham Online?

Saham kerap terkenal sebagai bentuk investasi dengan resiko bertingkat cukup tinggi. Akan tetapi resiko tersebut sepadan dengan hasil yang akan investor dapatkan.

Karena itulah saham ini kerap disebut dengan investasi jenis high risk, high return. Jika seseorang mampu menganalisa sebuah saham juga ahli terhadap pengelolaan resiko maka hasinya akan sangat banyak.

Presentasenya sendiri bahkan mulai dari ratusan persen hingga ribuan persen banyaknya. Apalagi saat ini investasi saham sudah merambah ke dunia digital. Lewat internet anda sudah bisa melakukan transaksi saham.

Transaksi tersebut bisa berlangsung di mana saja dan kapan pun selama memiliki koneksi internet mumpuni. Anda cukup menambahkan perangkat elektronik seperti ponsel pintar maupun komputer sudah bisa menjadi seorang investor saham.

Dengan membeeli saham secara online merupakan cara termudah untuk investasi bagi pemula. Melalui langkah ini, anda bisa menghemat waktu, biaya lebih murah juga cepat kala transaksi saham

Adapun bagi sebagian besar orang saham merupakan jenis investasi paling baik. Tetapi faktanya masih sedikit dari jumlah masyarakat tanah air memilih saham untuk menanamkan uang mereka.

Berdasarkan data BEI atau Bursa Efek Indonesia menyebutkan angka investor bidang saham aktif hanya sedikit. Kisarannya yaitu 97.688 orang dari seluruh negara Indonesia yang aktif bermain saham.

Bahkan angka tersebut tak mencapai 100 ribu jumlah investor saham di Indonesia. Besar kemungkinan hal ini terjadi karena kurangnya literasi soal keuangan pasar modal juga saham di tanah air.

Menurut hasil survei Nasional Literasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan pada tahun 2016 silam menunjukan pemahaman warga kita terhadap pasar modal hanyalah 4.40%. Sedangkan pada tingkat utilitas pada produk pasar modal kisaran 1.25 %.

Kemajuan tekonologi kini membawa perubahan besar dalam transaksi saham. Namun ada beberapa langkah harus anda perhatikan sebelum bertransaksi investasi saham secara online.

Cara Bertransaksi Saham Secara Online

Agar bisa melakukan investasi saham secara daring ada beberapa langkah yang harus anda perhatikan. Hal ini berguna supaya tidak ada kesalahan dan sebagai investor anda akan mendapatkan untung maksimal.

Memilih Broker Saham Terbaik

Langkah penting dan menjadi cara pertama adalah calon investor harus memilih dan menentukan broker saham. Saat ini ada cukup banyak broker sebagai Anggota Bursa.

Broker tersebut adalah member di BEI atau Bursa Efek Indonesia. Anda hendaknya memilih salah satu di antaranya dan berfokus ke dalamnya.

Untuk rumus baku pemilihan broker pada dasarnya tidak ada. Sebab semua broker yang sudah tercatat dalam BEI telah mumpuni baik dari segi keuangan. Lantaran broker tersebut haruslah memenuhi permodalan minimum sesuai ketentuan dalam OJK.

Namun karena fokus investor adalah transaki baik jual ataupun beli saham secara online ada baiknya memilih broker berbentuk aplikasi. Kriteria aplikasi tersebut sebaiknya paling bagus dan bisa anda andalkan.

Beberapa nama broker menyediakan dummy trade atau percobaan. Lewat fitur ini memungkinkan investor melakukan evaluasi apakah aplikasi tersebut tergolong bagus atau tidak. Juga apakah aplikasi investasi saham tersebut layak anda coba.

Membuka Rekening Saham Dalam Broker

Jika anda sudah memilih salah satu di antara pilihan broker investasi saham langkah selanjutnya ialah membuka rekening di dalamnya. Langkah membuka rekening ini wajib investor lakukan.

Sebab jika tidak membuka rekening anda tak bisa melakukan transaksi baik jual ataupun membeli saham. Sebuah broker yang baik akan memfasilitasi proses buka rekening secara daring lewat internet.

Sehingga investor cukup mengisi formulir berupa proses pembukaan rekening via online dan kemudian dokumen akan terkirim ke anda. Investor akan menerima dokume tersebut saat sudah mendapatkan tanda tangan persetujuan.

Tahapan Berikutnya Bertransaksi Saham Secara Daring

Bukan sekedar memilih dan mendaftar, masih ada lagi tahapan lainnya agar anda bisa melakukan investasi saham secara online. Langkah-langkah ini patut anda ikuti dan praktekan secara langsung.

Buka Rekening Jenis Dana Untuk Nasabah

Bukan hanya rekening saham semata yang perlu anda daftarkan di dalam broker. Ada langkah lainnya untuk melengkapi cara investasi saham secara online. Sejalan dengan langkah tersebut anda juga perlu membuka RDN atau Rekening Dana Nasabah.

Perbedaan antara keduanya ialah rekening saham untuk bertransaksi baik jual ataupun beli saham. Sedangkan RDN sendiri merupakan rekening khusus untuk menyimpan seluruh tramsaksi baik jual dan beli saham.

Selain itu, setoran modal dalam transaksi sahan juga hasil penjualannya akan tersimpan dalam RDN ini. meskipun investor sudah membuka rekening saham namun belum membuat RDN maka tidak akanbisa transaksi dalam investasi saham.

Melakukan Penyetoran Modal

Saat pembukaan rekening saham serta RDN berhasil anda sudah bisa masuk ke tahap selanjutnya. Yaitu melakukan penyetoran dana guna bertransaksi dalam broker saham.

Proses penyetoran modal ini bisa anda lakukan dan menyimpannya dalam Rekening Dana Nasabah. Jumlah setoran ini tergantung dengan besaran transaksi saham yang hendak investor setorkan.

Umumnya untuk bertransaksi pertama kali, investor harus menanamkan uang mereka dalam bentuk deposit terlebih dahulu. Jika deposit berhasil anda lakukan barulah dapat melakukan transaksi dalam investasi saham.

Sesudah transaksi perdana berupa deposit berhasil, selanjutnya adalah lakukan settlement yaitu pembayaran kewajiban dalam kurun waktu 2 hari setelah transaksi.

Bertransaksi Saham Daring

Kala dana berhasil masuk dan efektif dalam RDN artinya sudah bisa melakukan investasi saham secara daring. Langkahnya adalah dari menentukan saham untuk anda transaksikan. Adapun terdapat ketentuan kala melakukan open order dalam saham tersebut.

Kalau transaksi sudah berhasil anda lakukan, kemudian cek pada halaman portofolio. Laman ini akan menunjukkan kepemilikan saham investor sekarang ini. Berupa harga rata-rata, nilai investasi dan juga jumlah lembar dari saham.

Pemilihan investasi saham memang menjadi solusi penanaman uang saat ini. Apalagi investor bisa melakukannya di mana saja dan kapan pun secara daring selama terhubung dengan koneksi internet baik.