Pilihan Investasi Jangka Pendek Yang Aman

Investasi adalah cara mudah untuk mendapatkan keuntungan dengan aset atau modal yang sudah ada. Investasi jangka pendek saat ini lebih banyak investor minati. Alasannya, investor bisa segera mendapatkan keuntungan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Berikut ini jenis investasi yang bisa Anda jalankan. Akan tetapi, sebelum memutuskan jenis investasi apa yang dipilih, sebaiknya investor memahami keuntungan dan kerugian yang mungkin Anda dapatkan,sehingga nantinya investasi bisa sesuai dengan tujuan dan hasil yang Anda harapkan.

Deposito

Jenis investasi jangka pendek berupa deposito ini merupakan investasi yang memiliki rerata keuntungan paling stabil bila dari jenis investasi lainnya. Oleh karena investasi ini banyak orang pilih sebagai sarana mendapatkan keuntungan.

Deposito sendiri merupakan jenis tabungan berjangka yang pengaturan waktunya dalam hal penyetoran dan pengambilannya. Dengan demikian, simpanan deposito ini tidak bisa Anda ambil apabila belum sampai pada waktu sesuai ketentuan, atau harus menanggung denda penalti apabila melanggar.

Deposito bisa menjadi pilihan investasi yang sangat mudah dan juga menguntungkan. Semakin lama jangka waktu pengambilan, maka akan semakin besar bunga atau keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Berinvestasi dengan deposito, bisa mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu 1 hingga 24 bulan.

Saham

Saham memiliki arti tanda kepemilikian modal seseorang atau badan terhadap sebuah perusahaan. Ini juga termasuk jenis investasi yang bisa memberikan keuntungan serta bisa Anda lakukan dengan mudah. Tentu saja, sesorang harus memahami terlebih dahulu sebelum berivestasi di sini.

Memilih investasi saham tidak harus memiliki modal besar. Yang Anda perlukan di sini adalah kepandaian dalam membaca peluang terhadap modal yang akan Anda tanamkan. Bahkan, investasi jenis ini bisa memberikan keuntungan dengan menjual saham hanya dalam beberapa hari saja.

Jenis kepemilikan saham yang paling banyak orang minati adalah dengan menggunakan sistem trading. Di sini investor bisa mendapatkan keuntungan hanya dalam beberapa jam saja. Syaratnya, investor harus rajin memantau perkembangan pasar dengan melihat grafik pasar untuk bisa melihat peluang.

Reksa Dana Pasar Uang

Memilih investasi reksa dana pasar uang memiliki keuntungan bagi investor, karena investasi jenis ini bisa memberikan keuntungan dalam jangka waktu yang sangat cepat. Dalam investasi jenis ini, seratus persen modal Anda investasikan dalam pasar uang dengan jangka waktu kurang dari satu tahun.

Modal yang Anda investasikan dalam reksa dana pasar uang tersebut akan bertempat dalam pasar uang seperti obligasi, deposito berjangka, serta Sertifikat Bank Indonesia. Deposito jenis ini bisa ANda jual kembali dalam waktu singkat serta bisa Anda lakukan setiap hari.

Selain bisa Anda jual kapan saja, berinvestasi dengan reksa dana ini, investor bisa mendapatkan keuntungan hingga 6 % per tahunnya. Hal ini tentu merupakan keuntungan yang cukup besar. Apalagi investasi ini juga termasuk aman karena dalam pengawasan oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Obligasi

Jenis investasi jangka pendek lainnya yang bisa memberikan keuntungan adalah obligasi atau yang biasa disebut dengan surat utang. Para investor bisa mendapatkan keuntungan dari investasi jenis ini dalam waktu kurang dari satu tahun.

Obligasi termasuk jenis surat berharga yang merupakan perjanjian antara peminjam dana dengan investor atau pemberi dana. Di sini invesstor akan mendapatkan setoran bunga secara rutin dan pengembalian modal pinjaman pada saat jatuh tempo sesuai kesepakatan yang sudah dibuat.

Keuntungan dari berinvestasi dengan menggunakan obligasi adalah jangka waktu yang bersifat fleksibel sekitar enam bulan hingga 2 -3 tahun. Semakin panjang jatuh temponya, maka semakin besar keuntungan yang didapatkan. Selain ini , obligasi ini juga cukup aman untuk dijalankan.

Peer to Peer Landing

Peer to peer landing adalah jenis investasi dengan memberikan pinjaman kepada pemilik usaha atau individu yang digunakan  untuk keperluan usaha yang mereka jalankan. Sasaran dari investasi ini adalah UMKM atau bisnis individu, rumah tangga, maupun badan usaha kecil lainnya.

Investasi peer to peer landing ini merupakan jenis investasi baru, tetapi ternyata bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan bagi investor. Keuntungan bisa mereka dapatkan dari suku bunga pinjaman dari individu atau pemilik usaha yang menggunakan dana investasi tersebut.

Investasi jenis ini memiliki peluang yang cukup besar, mengingat perkembangan UMKM semakin pesat. Di mana pemilik UMKM tersebut membutuhkan dana sebagai modal untuk menjalankan usahanya,sementara bantuan dana dari pemerintah masih sangat terbatas.

Dengan demikian, berinvestasi dengan peer to peer landing ini akan memberikan keuntungan bagi para investor dengan cara yang mudah. Apalagi investasi ini hanya membutuhkan modal yang cukup rendah, mulai dari RP.100.000,- dengan keuntungan sekitar 15% hingga 25% per tahunnya.

Tidak membutuhkan modal besar untuk bisa berinvestasi. Selain mudah, investor bisa menikmati keuntungan dari investasi jangka pendek hanya dalam waktu yang cukup singkat. Hanya membutuhkan kepandaian membaca peluang, modal kecil bisa menjadi keuntungan yang besar.