32 C
Indonesia
Rabu, September 22, 2021
BerandaBeritaInterview Kerja, Ketahui Kiat Sukses Supaya Lolos!

Interview Kerja, Ketahui Kiat Sukses Supaya Lolos!

Interview Kerja, Ketahui Kiat Sukses Supaya Lolos! Dunia kerja memang begitu keras, di mana adanya sebuah persaingan ketika memperoleh sebuah pekerjaan itu semakin ketat.

Lapangan kerja serta juga calon pekerja mempunyai skala yang terlihat tidak seimbang. Sehingga ada beberapa pihak yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan pekerjaan. Namun masih ada juga lapangan pekerjaan yang secara fair menyeleksi para calon pekerjanya.

Bagi para calon pekerja yang mungkin mendapatkan panggilan interview kerja, tentu akan menjadi sebuah kesempatan emas. Namun banyak juga yang menganggap bahwa wawancara kerja ini adalah hal sepele. Sehingga mereka yang seperti itu tidak mempersiapkan diri dan banyak yang gagak dalam fase ini.

Kunci Agar Lolos Pada Saat Panggilan Wawancara Kerja

Ketika anda mendapatkan panggilan wawancara kerja, makan jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Apalagi jika anda baru pertama kali melakukannya, anda harus mempersiapkan wawancara kerja pertama anda dengan matang. Dan ikuti langkah berikut sebagai acuannya:

Bersikap Tenang

Rasa gugup dan panik kerap sekali menghampiri saat anda melakukan interview kerja, apalagi jika hal tersebut adalah pengalaman pertama anda. Rasa panik dan gugup bisa saja menyebabkan anda banyak melakukan kesalahan yang berasal dari diri anda sendiri. maka dari itu, hilangkan rasa tersebut dan anda harus bersikap tenang. Anggap saja interview ini sebagai obrolan santai anda dengan teman anda.

Tetapi jangan sampai melewati batas dan keluar dari norma dan aturan yang ada. Sikap tenang ini juga yang akan menentukan pewawancara anda untuk menilai pribadi anda secara langsung. Sebab sikap tersebut juga akan bepengaruh saat anda bekerja nantinya. Terutama saat pekerjaan anda adalah sebuah pekerjaan yang penuh dengan tekanan.

Sikap tenang saat interview kerja bisa anda mulai dengan merilekskan pikiran dan berusaha menmahami setiap pertanyaan. Jangan ragu untuk menanyakan hal yang mungkin tidak anda mengerti saat pertanyaan mulai di berikan.

Jujur

Sikap yang satu ini sangat penting dan harus anda miliki saat melakukan sebuah wawancara. Kejujuran ini bisa anda mulai saat pewawancara menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan personal anda. Pasalnya, biasanya seorang pewawancara secara ridak langsung akan menilai anda.

Jangan pernah sekalipun berbohong saat anda menjawab pertanyaan dalam sebuah interview kerja. Sebab satu saja kebohongan yang anda katakan tentu akan berbuntut panjang pada pekerjaan anda nantinya.

Biasanya seorang pewaeancara juga akan mudah membaca logat dan bahasa tubuh anda. Dan kejujuran justru akan mendapatkan penilaian lebih, meskipun kejujuran yang anda katakan itu tentang kelemahan anda.

interview kerja
Foto : titiktemudaya

Jaga Sikap

Lingkungan kerja tentunya di isi dengan orang-orang yang mempunyai pendikikan dan tata krama yang tinggi. Tunjukkanlah sikap yang mencerminkan bahwa anda adalah oran yang beradab. Bersikap ramah, sopan terhadap sesama sangatlah perlu anda terapkan, bahkan jika nantinya anda belum lolos pada tahapan wawancara ini. Setidaknya anda sebagai seseorang yang bisa menghargai orang lain dengan sikap baik yan anda tunjukkan.

Pada intinya, sebuah interview kerja memang memerlukan persiapan yang matang. Agar anda bisa melewati tahapan ini sebelum benar-benar di hadapkan dengan atmosfir pekerjaan yang lebih berat. Namun tidak semua orang menggunakan cara yang sama dalam melewati tahapan wawancara ini. Sebab semua orang punya style tersendiri agar mereka bisa sukses dan lolos dalam wawancaa ini. Tetapi, kunci sukses yang sudah di bahas tersebut merupakan langkah dasar yang memang harus anda latih sebelum melakukan wawancara.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER