Inilah Desain Pakaian Astronot di Planet Mars

0
652
.Inilah Desain Pakaian Astronot di Planet Mars
Foto : Pakaian Astronot

Reportasee.com,- Pakaian astronot yang akan dipakai di Planet Mars telah terbit baru-baru ini. Perusahaan antariksa yang berbasis di Delaware mengeluarkan dua desain baru.

Mengutip laman Astronomy, Kamis (05/09/2019), Perusahaan tersebut mengumumkan dua pakaian astronot barunya pada Rabu (28/08/2019) yang disebut Astro dan Sol. Pakaian antariksa itu telah dirancang agar lebih mudah bergerak dan dapat dikonfigurasi sesuai keinginan.

Tidak seperti setelan lain yang diproduksi beberapa perusahaan antariksa, seperti the Extravehicular Mobility Unity (EMU) dan setelan Apollo, pakaian antariksa baru ini dibuat dengan kemampuan beradaptasi dalam pikiran.

Baca:   3 Tempat di Bumi yang Menyerupai Mars

Pakaian tersebut telah diadaptasi dari pakaian antariksa Neil Armstrong buatan ILC Dover yang menginjak Bulan sekitar lima puluh tahun yang lalu.

Rancangan Pakaian Astronot Terbaru

Astro adalah pakaian astronot yang dibangun untuk penjelajahan Planet, sementara Sol dirancang untuk dikenakan di dalam kabin pesawat ruang angkasa selama peluncuran dan pendaratan.

Pemasangan kedua pakaian itu menjadi berita utama musim panas ini ketika NASA membatalkan wahana antariksa yang rencananya melibatkan astronot perempuan.

Baca:   Johannes Kepler dan Obsesi Besarnya Terhadap Mars

Rancangan saat ini berasal dari tahun 1970-an, ketika para astronot semuanya pria. Setelan Astro lebih mudah dikonfigurasi dan dapat membantu menyelesaikan masalah logistik.

Direktur pemasaran produk ILC, Dan Klopp mengatakan, ukuran pakaian ini sangat mudah dan dapat disesuaikan dengan tangan.

Kelebihan Astro yaitu dapat menghemat volume dalam meluncurkan benda-benda kecil ini ke orbit Mars. Itu artinya, pakaian ini sangat layak untuk diterbangkan pada waktunya.

Baca:   Semen Luar Angkasa Buka Jalan Bagi Koloni

Pakaian Astronot Untuk Planet Lain

Astro juga memiliki akomodasi dalam desainnya yang digunakan untuk kebutuhan wahana antariksa lain seperti Bulan.

Sebelumnya, desainer pakaian antariksa ini harus memilih antara satu desain atau yang lainnya.

Ini termasuk struktur boot yang dapat dimodifikasi tergantung pada medannya, pilihan untuk menyertakan sambungan artikulasi yang lebih baik dan bahan yang dapat menahan eksplorasi planet.

Klopp menegaskan, Astro juga hadir dengan visibilitas helm yang lebih baik. Jadi, para penjelajah masa depan lebih mudah memilih jalan mereka di medan yang tidak rata. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.