Ini Manfaat Tidur Lebih Awal Untuk Kesehatan

0
280

Salah satu alasan yang menjadikan seseorang mempunyai kebiasaan tidur terlalu larut yaitu deadline pekerjaan yang harus segera terselesaikan. Padahal, kebiasaan tidur yang terlalu larut tersebut justru menjadi penyebab salah satu penyakit mematikan yaitu kanker. Para ahli di bidang medis atau kesehatan menyatakan bahwa manfaat tidur lebih awal sangat baik untuk kesehatan. Berikut uraiannya :

Kondisi jantung akan lebih baik

Jantung merupakan organ vital dalam tubuh kita, karena fungsi jantung yang utama yaitu untuk mengedarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Tidur lebih awal yang terbiasa dilakukan mampu mengurangi tekanan darah yang tinggi, sehingga mampu mencegah terjadinya penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke

Baca:   Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Daya Ingat Semakin Meningkat

Semakin meningkatnya daya ingat dari seseorang merupakan manfaat tidur lebih awal yang bisa dirasakan. Seseorang yang memiliki jam tidur yang cukup yaitu sekitar 7 sampai 8 jam mempunyai memori otak yang besar, memori tersebut mampu mengingat dan menampung segala informasi yang diterima dengan baik.

Meminimalisir Resiko Terjadinya Penyakit

Penyakit kronis seperti kanker, merupakan penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan tidur yang tidak teratur. Kehadiran penyakit tersebut bisa diminimalisir dengan cara melakukan tidur lebih awal, yaitu tidur dengan durasi sekitar 7 sampai 8 jam. Tidur lebih awal mampu menjaga sistem kekebalan atau imun pada tubuh, sehingga mampu melawan terjadinya kanker.

Baca:   Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari Yang Harus Anda Kenali

Berat badan tubuh akan terjaga

Tidak teraturnya hormon kortisol merupakan dampak dari kebiasaan tidur yang terlalu larut. Hormon kortisol merupakan hormon pengendali nafsu makan, sehingga berdampak pada kurangnya selera nafsu makan kita. Melakukan tidur lebih awal, akan mampu mengembalikan teraturnya hormon tersebut, sehingga membuat nafsu makan kembali meningkat.

Baca:   Tanda dapur tidak sehat yang harus segera ditangani

Meminimalisir Angka Kecelakaan

Faktor utama yang menyebabkan tingginya angka kecelakaan yang diberitakan di berbagai media saat ini adalah kurangnya jam tidur yang dilakukan oleh para pengguna kendaaraan. Salah satu manfaat tidur lebih awal yaitu  mampu meminimalisir terjadinya angka kecelakaan lalu lintas. Hal itu dikarenakan waktu istirahat yang dilakukan jauh lebih panjang .

Tidur memiliki banyak manfaat seperti yang telah disebutkan diatas. Manfaat tersebut bisa dirasakan oleh semua orang yang dalam kesehariannya selalu membiasakan untuk tidur lebih awal pada jam – jam tertentu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.