Hutan Amazon Alami Kebakaran Terparah Dengan 73.000 Titik Api

0
403
Kebakaran Hutan Amazon (Istimewa)

Reportasee.com,- Sepanjang tahun 2019 Institut Nasional untuk penelitian Luar angkasa Brasil INPE (Instituto Nacional de Pesquisas Espaciais) mendeteksi sebanyak 73.000 titik api tersebar di hutan Amazon.

Terkait kebakaran hutan Amazon Sekretaris Jendral PBB Antonio Guterres menyampaikan kekhawatiranya. ” Masyarakat Internasional tidak bisa menanggung kerusakan hutan yang menjadi oksigen dan keanekaragaman itu,” ucapnya, dikutip dari CNN Indonesia.

Presiden Brasil Jair Messias Bolsonaro menuturkan, pihaknya tidak memiliki Sumber Daya untuk menangani kebakaran yang terjadi di wilayah yang luasnya lebih besar dari Benua Eropa.

” Kebakaran hutan yang biasa terjadi di musim panas itu memang meresahkan,” ujarnya, Dilansir CNN Indonesia.

Pada musim kekeringan Hutan Amazon memang sering terjadi kebakaran, namun selain faktor cuaca, ulah petani dan peternak dengan cara membakar lahan hutan untuk membuka usaha juga menjadi salah satu faktor terjadinya kebakaran di hutan Brasil.

Sementara itu, menurut World Wildlife Fund (WWF), percepatan deforestasi di hutan Amazon menjadi salah satu penyebab kebakaran hutan dengan status terparah sepanjang tahun 2019 di hutan Amazon. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.