HP Lipat LG Terungkap Lebih Keren dari Galaxy Fold

0
100
HP Lipat LG Terungkap Lebih Keren dari Galaxy Fold
Paten Ponsel lipat LG Z-Fold. (Sumber : LetsGoDigital)

GADGET, – HP Lipat LG Terungkap Lebih Keren dari Galaxy Fold. LG Electronics menjadi salah satu produsen ponsel yang memiliki perangkat yang dapat dilipat serta digulung. Namun, berbeda dengan Samsung, LG nampaknya tak berambisi untuk menjadi yang pertama meluncurkan ponsel lipat di pasaran.

Bulan depan, sebuah ponsel LG dua layar akan tampil di pameran teknologi IFA 2019 di Berlin, Jerman. Perusahaan mengumumkannya minggu ini melalui video teaser di YouTube serta Instagram resmi mereka.

Nama perangkat itu mungkin LG V60 ThinQ, meskipun ada banyak indikasi bahwa perangkat tersebut akan diberi nama LG G8x. Yang jelas, perangkat ini akan menjadi ponsel layar ganda pertama di G-series high-end.

Baca : Oppo Sukses Salip Samsung, Ini Rahasianya

Sebagaimana Reportasee kutip dari LetsGoDigital, Kamis (15/8), LG Electronics sudah mendapat paten desain untuk ponsel lipat yang dirancang khusus. Perangkat tersebut sedikit mirip dengan Samsung Galaxy Fold, penamaan paten juga mirip yakni Z-Fold.

LG Electronics mengajukan paten desain di Tiongkok pada 6 Maret 2019 lalu. Paten kemudian diterbitkan pada 9 Agustus 2019 dalam database World Intellectual Property Office (WIPO).

Baca : Susul Galaxy Fold, Oppo Patenkan Ponsel Lipat

Menariknya, kendati mirip dengan Galaxy Fold dari Samsung, Z-Fold LG tampak lebih keren dengan dua layar serta tiga bagian lipatan. Jika dilipat, tampak perangkat akan membentuk huruf ā€˜Zā€™. Ada 18 sketsa yang menunjukkan perangkat lipat khusus itu.

Paten ponsel lipat LG Z-Fold. (Sumber :LetsGoDigital)
Seperti bisa dilihat pada gambar, paten ponsel itu dirancang berbentuk persegi. Ketika membuka lipatan telepon, setelah itu layar fleksibel yang besar muncul di bagian dalam. Layar ini dua kali ukuran layar telepon biasa serta lebar lipatannya terbuka seperti tablet. Jika itu tidak cukup, platform mengakomodasi layar kedua dengan permukaan layar yang lebih luas.

Area layar tampilan kedua setengah dari layar utama fleksibel. Perangkat ini memiliki tepi layar yang sangat sempit. Desain layarnya hampir penuh dengan hanya tepi bingkai kecil yang terlihat antara layar pertama serta kedua. User dapat membuka ponsel sesuai dengan prinsip Z-Fold, seperti yang banyak digunakan dalam brosur iklan kertas.

Layar kedua berfungsi sebagai layar depan dengan layar penuh, bukan layar kecil seperti pada Galaxy Fold. Karena engselnya yang unik, layar depan bisa ditekuk sedemikian rupa sehingga menjadi bagian dari layar utama di bagian dalam. Sangat cerdik.

Beralih ke bagian belakang, ada dua tombol fisik di sisi kanan. Ini juga satu-satunya tombol yang terlihat pada sketsa paten yang disediakan. Bagian bawah hanya menunjukkan mikrofon serta speaker.

Dengan kata lain, koneksi 3,5 mm tidak ada. Ini juga berlaku untuk koneksi USB Type-C. Karenanya, ponsel lipat dari LG ini sepenuhnya portless serta mungkin hanya akan dapat mengisi daya secara nirkabel.

Apakah dan kapan LG ingin memperkenalkan ponsel ini belum diketahui. Meski begitu, rencana mereka mengungkap ponsel lipat pada gelaran IFA 2019 nanti merupakan sinyal bahwa LG tetap update dalam bisnis ponsel-nya.

Diketahui, pada 2017 foto konsep serupa telah didistribusikan dari ponsel lipat Samsung yang menunjukkan banyak kesamaan dengan ponsel lipat LG yang dipatenkan ini. Awal tahun ini pabrikan Rusia Caviar juga menghadirkan konsep Edisi Terbatas eksklusif iPhone lipat yang juga mengemas konsep mirip Z-Fold.

Sementara konsumen yang ingin membeli ponsel lipat harus bersabar. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, peluncuran ponsel Samsung Galaxy Fold serta Huawei Mate X akan berlangsung bulan depan. Tergantung pada reaksi pasar.

Pabrikan lain juga akan mengikuti dengan lebih cepat jika respons pasar dirasa baik. Begitu pun dengan ponsel lipat LG tersebut.***

Artikel / Berita ini telah tayang di Reportasee Tekno dengan judul HP Lipat LG Terungkap Lebih Keren dari Galaxy Fold

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here