Honda Vario 160 Segera Masuk Indonesia, Harganya?

0
170
Honda Vario 160
Ilustrasi Honda Vario 160 (foto: kumparan)

Reportasee.com – Honda Vario 160 adalah sebuah motor skutik yang kini sedang ramai orang perbincangkan. Kabarnya motor ini sedang melakukan persiapan untuk peluncuran selanjutnya.

Sebelumnya Honda telah meluncurkan PCX 160 beberapa waktu lalu, brand otomotif yang satu ini semakin antusias untuk meluncurkan skutik spek terbaru.

Motor vario 160 ini telah membekali mesin dengan memiliki kapasitas sebesar 160 cc. Mereka percaya bahwa motor ini akan menjadi jawaban atas keinginan para konsumen.

Sebelumnya seri Vario memang sudah berhasil di pangsa pasar dengan potofolio terbaik di Asia. Maka dari itu, keputusan peluncuran motor terbaru ini semakin kuat.

Terutama varian motor yang sekarang sudah mendapat bekal mesin dengan siliner tunggal 157 cc. Hal ini tentu membuat para pecinta otomotif tidak sabar untuk menunggu peluncuran motor ini.

Bekalan Honda Vario 160

Honda tetap memberikan kapasitas mesin terbaik, dengan tenaganya yang mencapai 14,7 Tk.

Namun torsi yang akan disematkan pada Vario 160 masih belum diketahui secara detail. Brand ini juga akan memberikan ciri khas untuk Vario, dengan membekaliya fitur eSP+.

Honda juga sudah menyematkan kapasitas 160 cc pada mesin, penyematan tersebut bukan tanpa tujuan, tapi sisi emisi handal serta untuk menyesuaikan uji global URO5 maupun BS6 India.

Pengembangan Honda Vario 160 masih dalam tahap persiapan, motor skutik ini nantinya akan meluncur di pasar Thailan.

Baca:  Pembagian Kuota Kemendikbud Berbeda Tahun 2020

Tidak mentup kemungkinan juga untuk hadir di pasa Indonesia pada tahun ini, Anda harus lebih bersabar untuk menantinya.

Mesin 

Selain memiliki mesin dengan kapasitas besar, motor Vario yang satu ini juga memiliki keistimewaan tenaga rpm.

Sayangnya belum ada informasi yang resmi, mengenai jenis mesin dan karakter model overstroke atau overvore yang akan digunakan.

Melansir dari media Thailand, All New Vario 160 akan diluncurkan secara resmi pada tahun 2021. Pengembangan besar seperti body, eskterior, dan performa mesinnya juga turut serta dalam peluncuran tersebut.

Informasi lain juga mengatakan, bahwa Honda Vario sudah berkembang dari ukuran 59 mm x 57,9 mm menjadi 60 mm x 55,5 mm.

Pemaharuan ukuran tersebut juga dialami oleh rasio kompresinya, dari yang asalnya 10.6:1 menjadi 12.0:1.

Dengan peningkatan tersebut, tenaga mesin Honda Vario yang satu ini juga semakin meningkat, yaitu sekitar 16.2 PS pada 8500 rpm.

Vario sebelumnya hanya memiliki tenaga 14.8 PS pada 8250 rpm. Prediksi torsi ini akan semakin melonjak menjadi sekitar 14,2 Nm pada putaran 6500 rpm terendah.

Prediksi Harga 

Mungkin Anda bertanya-tanya berapa harga untuk motor skutik terbaru dari Honda Vario 160? Perkiraan harganya akan mencapai 23 jutaan, hal ini karena mesinnya sudah memiliki teknologi eSP.

Coba bandingkan dengan motor PCX sebelumnya, Honda Vario ini memiliki desain yang lebih tajam dan sporty.

Baca:  Kepala BPKD Ciamis; Desa Berperan Gerakkan Masyarakat Bayar Pajak

Bahkan publik memberikan prediksinya, bahwa nanti Honda Vario ini akan menyaingin New Yamaha Aerox 155.

Tampilan motor tersebut memang masih mirip dengan motor sebelumnya. Hanya saja memiliki body yang lebih kecil, juga headlamp dengan model terbaru.

Fitur tersebut tidak seperti motor sebelumnya, karena akan menggunakan sistem rem disc brake pada bagian depan dan belakang.

Honda Vario yang satu ini tetu akan memiliki fitur ABS single cahnnel, pada sisi depannya. Namun pihak perusahaan belum fokus untuk perilisannya di Indonesia. Saat ini mereka masih fokus untuk perilisan di Thailand saja.

Honda akan lebih fokus untuk seri PCX di pasaran Indonesia, hal ini tentu sudah menjadi pertimbangan yang sedemikian rupa.

Apalagi tanggal peluncurannya sudah semakin dekat, semua hal dari segi angka pasar juga sudah pasti telah mereka perhitungkan dengan matang oleh pihak Honda.

Perbandingan PCX 160 dan Honda Vario 

Anda juga pasti bertanya-tanya, apa saja yang membedakan PCX 160 dan Vario 160? Hal ini dapat terlihat dari desainnya, PCX cenderung memiliki desain yang mewah dan elegan.

Sedangkan Vario cenderung mengusung tema sporty dan tajam, kedua motor ini sama-sama menghadirkan sentuhan yang lebih segar dan baru.

PCX 160 memiliki garis tegas dan dinamis, serta tekukan yang cukup tegas pada bagian body depan samping, semua desain tersebut memperlihatkan konsep futuristik.

Baca:  Twitter Space Jegal Popularitas Clubhouse?

Selain itu, motor PCX 160 ini juga terlihat lebih bongsor sehingga Anda harus lebih hati-hati dalam menjaga keseimbangan berkendara.

Sedangkan skutik Vario, memiliki body yang lebih kecil dengan beberapa peningkatan barunya.

Keduanya memiliki performa yang maksimal, PCX 160 dengan kapasitas 156 cc dan piston 60 mm, serta langkahnya 55,5 mm, mesin ini fokus pada overbore.

Motor Vario 160 ini memiliki kapasitas sebesar 160 cc. Jantung mekanis pada PCX yaitu 157 cc dengan tenaga sebesar 16 HP pada 8500 rpm, torsinya 15 Nm pada 6500 rom. Honda Vario mendapat peningkatakan mekanis yang sedikit lebih tinggi daripada PCX 160.

Para pecinta otomotif pasti berharap bahwa Vario 160 segera masuk ke pasar Indonesia. Peningkatan performanya yang canggih membuat mereka semakin tergur, dan ingin segera memiliki suktik modern ini.

Masyarakat Asia Tenggara memang lebih menyukai motor skutik, hal ini terbukti dengan adanya data penjualan per unit.

Jika Anda sudah tidak sabar dan ingin segera memiliki Vario 160, Anda bisa mengikuti peluncurannya di negara Thailand.

Anda dapat melihat secara langsung seperti apa spesifikasinya, apakah sesuai dengan harapan Anda atau tidak. Anda juga bisa mengikuti informasi terkini melalui situs resmin Honda.