30 C
Indonesia
Sabtu, Februari 29, 2020
No menu items!

Hayabusa 2 Lakukan Pendaratan di Asteroid Ryugu

Wajib Baca

Singkronisasi Kurikulum, SMKN 2 Ciamis Buka Program Studi 4 Tahun

Siswa SMKN 2 Ciamis Melakukan Praktek Produksi Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur

Sedan All New K5 dari Kia Terlihat Kokoh

Reportasee.com - Sedan All New K5 dari Kia terlihat kokoh. Pada perkembangan teknologi yang semakin modern, negara...

Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat

Reportasee.com - Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat. Sebuah tempat wisata kelas...

Hayabusa 2 berhasil melakukan suatu pendaratan di ateroid Ryugu pada awal Juli 2019. Satelit asal Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) itu telah dua kali melakukan hal serupa.

Melansir dari lama TEMPO.CO, Rabu (31/07/2019), debut Hayabusa 2 di permukaan ateroid Ryugu terjadi pada bulan Februari lalu. Mereka berhasil mengorbit bulan, benda luar angkasa hingga Bumi.

Hayabusa 2 membuat pernyataan pada laman resminya, sejumlah kronologi pemberangkatan hingga proses pendaratan telah mereka pamerkan pada publik. Bisa dibilang bahwa peristiwa tersebut cukup beresiko besar lantaran kombinasi medan di sana sangat berbahaya.

Selain itu, pesawat ruang angkasa milik JAXA itu telah melakukan misi untuk mengorbit lebih dalam tentang Bumi. Yang mana sebelumnya, misi pertama hanya mengorbit sebagian kecil saja.

“Kekhawatiran untuk melakukan misi adalah tantangan tersendiri. Tak menampik kemungkinan hal itu bisa berdampak suatu perubahan,” seperti ditulis dalam laman resmi Hayabusa 2.

Eksperimen Hayabusa 2

Para ilmuwan Hayabusa 2 yakin dan optimis bahwa eksperimen yang dilakukan bisa menghasilkan data saintifik yang begitu nyata. Hal ini sungguh berbeda dengan misi sebelumnya. Saat ini, tim JAXA tengah melakukan riset terhadap bagian dalam asteroid Ryugu.

Mereka tahu bahwa hal tersebut sungguh sulit untuk dilakukan. Meski begitu, radiasi dalam permukaan asteroid itu akan segera diungkap.

Selama proses pendaratan, pesawat luar angkasa itu meletakkan penanda bersinar berwarna putih di atas permukaan asteroid Ryugu. Hal ini bertujuan untuk mendaratkan pesawat secara hati-hati di tempat yang paling aman.

Publikasi Tim JAXA

Sejauh ini, tim JAXA itu telah mempublikasikan video pendaratan Hayabusa 2 di permukaan asteroid Ryugu. Sedangkan durasi video yang ditampilkan sudah dipercepat sebanyak 10 X untuk memudahkan para penonton.

Hal ini menandakan bahwa pendaratan yang mereka lakukan berjalan sesuai dengan rencana dan tanpa hambatan apa-apa.

Sementara proses perekaman video itu mereka melakukannya dengan monitor kamera (Cam-H) di badan satelit. Cam-H merupakan kamera ciptaan dari kolaborasi antara Universitas Sains Tokyo dan JAXA.

Rencananya, pesawat luar angkasa itu akan kembali ke Bumi antara bulan November dan Desember 2020. ***

- Advertisement -
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Singkronisasi Kurikulum, SMKN 2 Ciamis Buka Program Studi 4 Tahun

Siswa SMKN 2 Ciamis Melakukan Praktek Produksi Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur

Sedan All New K5 dari Kia Terlihat Kokoh

Reportasee.com – Sedan All New K5 dari Kia terlihat kokoh. Pada perkembangan teknologi yang semakin modern, negara ginseng atau Korea terkenal dengan pabrik mobil ternama yaitu Kia. Kia memproduksi mobil terbaru, salah satunya sedan All New K5.  Mobil sedan dengan jenis ini semakin sporty dan elegan. Penasaran seperti apakah desain dan performanya, berikut ini ulasannya. […]

Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat

Reportasee.com - Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat. Sebuah tempat wisata kelas dunia yang harus Anda kunjungi...

Oleh-Oleh Khas Jogja, Ini Rekomendasinya

Reportasee.com - Oleh-Oleh Khas Jogja, Ini Rekomendasinya. Jogja, kota dengan sejuta pesona alam dan budaya. Jogja menjadi salah satu destinasi wisata yang...

Curug Cigamea, Objek Wisata Alam Indah dan Sejuk

Reportasee.com – Curug Cigamea, Objek Wisata Alam Indah dan Sejuk. Curug Cigamea merupakan salah satu objek wisata alam air terjun yang berlokasi...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -