22.6 C
New York
Jumat, Juni 18, 2021
BerandaBeritaHari Lahir Pancasila, Agun : Mari Laksanakan Nilai Sila di Rumah Kita

Hari Lahir Pancasila, Agun : Mari Laksanakan Nilai Sila di Rumah Kita

Reportasee.com – Dalam peringatan hari lahir Pancasila, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Agun Gunandjar Sudarsa mengajak kepada masyarakat melaksanakan hak dan kewajiban sebagaimana nilai kelima sila di rumah masing-masing.

“Rumah kita, rumah Pancasila, rumah kita besar rupa-rupa penghuninya. Beragam agamanya, sukunya, budayanya, adat-istiadatnya, bahasa, perawakan hingga perilaku kebiasaannya,” kata Agun, Selasa (1/6/2021).

Menurutnya, menjalani hidup dan kehidupan di rumah negara, Provinsi, Kabupaten/Kota, kecamatan, Kelurahan/Desa, RW/RT, hingga rumah keluarga sendiri.

“Marilah kita patuhi dan laksanakan nilai-nilai filosofis dan fundamental negara Pancasila dari yang terkecil di rumah keluarga,” tuturnya.

“Apakah di rumah keluarga sudah kita laksanakan nilai-nilai ketuhanan sebagaimana agama yang kita anut, nilai-nilai kemanusian, ersatuan, musyawarah dan Keadilan,” tambahnya.

Agun mengatakan, hidup adalah perjalanan waktu, jalani sebagaimana waktunya dengan hak dan kewajibannya saat itu juga, jangan ditunda dan menundanya.

Tiada hari tanpa aktivitas untuk selalu beribadah kepadanya, berkemanusiaan yang adil dan beradab.

Mengedepankan persatuan, tidak egois mau bermusyawarah, serta berkeadilan dalam setiap perbuatan.

“Awali segalanya dengan prestasi/teladan guna dapat pengakuan untuk memerintah tidak lupa dengan pendekatan/komunikasi vertikal dan horizontal sebagaimana adanya,” katanya.

Selamat hari lahir pancasila, mari laksanakan nilai-nilainya dari rumah terkecil hingga rumah negara, tiada hari tanpa aktivitas.

“Pertanyaannya adalah, apakah ucapan dan perbuatan kita sudah sungguh-sungguh dapat kita pertanggungjawabkan sebagai mana nilai-nilai yang terkandung dalam kelima sila tersebut,” ucapnya.

“Semoga Allah SWT, dalam menjalankan nilai kelima sila tersebut, memberi bimbingan, petunjuk dan perlindungannya,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular