27.1 C
Indonesia
Kamis, Oktober 17, 2019
No menu items!

Gubernur Jawa Barat dari Awal sampai Akhir

Wajib Baca

Wisata di Muna Barat Dengan Pemandanan Menawan

Muna barat adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara, yang merupakan pemekaran dari kabupaten muna pada tahun 2014...

Kuliner Pedas Di Jakarta Yang Lezat

Buat Anda yang memang hobi berburu makanan enak dan pedas, Jakarta adalah salah satu ibukota di Indonesia yang...

Tempat Wisata Di malang Ini Sangat Recommended

Di kota Malang terdapat berbagai tempat wisata yang menarik dan rekomended. Kota Malang sendiri adalah kota yang...

JABAR,- Kabupaten dipimpin oleh seorang Bupati. Wilayah perkotaan dipimpin oleh Walikota. Dan daerah yang lebih besar yakni propinsi di pimpin oleh seorang Gubernur. Adapun Gubernur Jawa Barat dari masa ke masa terus berubah. Hingga saat ini di tahun 2019, Propinsi Jawa Barat dipimpin oleh seorang Gubernur bernama H. M. Ridwan Kamil yang bekas Walikota Bandung.

Pelantikan seorang gubernur dipimpin langsung oleh Presiden. Begitupula Ridwan Kamil yang terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat dilantik oleh presidenRI Jokowi di Istana  Negara Kota Jakarta pada Rabu, tanggal 5 September 2018. Dengan demikian, resmilah propinsi Jawa Barat dipimpin oleh Ridwan Kamil bersama Wakil Gubernur UU Ruzhanul Ulum periode 2018 – 2023.

Gubernur Jawa Barat saat ini, Ridwan Kamil merupakan seorang lulusan arsitektur yang mumpuni. Dengan ilmu arsitektur yang ia miliki, berhasil membangun kota Bandung menjadi salah satu kota terbaik di dunia dan kota yang paling bahagia penduduknya secara signifikan. Lahan-lahan terbuka hijau dikelola dan diatur secara baik dan rapi.

Berkat keberhasilannya sebagai Walikota Terbaik di dunia dan Indonesia dengan berbagai prestasi yang telah diraihnya membuat ia ingin berbuat lebih bagi kemajuan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, ia mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Barat. Berkat prestasi dan nama baiknya maka beliau terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat dari Awal sampai Akhir

Ridwan Kamil mampu mengalahkan para pesaingnya dengan telak. Padahal nama mereka tak kalah pamor seperti pasangan Dedy Mizwar dan Dedi Mulyadi. Pada akhirnya, Ahmad Heryawan yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menduduki kursi Gubernur Jawa Barat selama dua periode 2008 sampai 2018 atau sepuluh tahun tergantikan oleh Ridwan Kamil yang diusung Partai Nasdem, Golkar, PKB, PDIP dan partai besar lainnya.

Ridwan Kamil yang akrab dipanggil Kang Emil akhirnya berkantor di Gedung Sate yang sebelumnya di Balai Kota Bandung. Beliau masuk dalam catatan sejarah daftar Gubernur Jawa Barat yang berada di urutan ke-16. Sebelumnya propinsi Jawa Barat dipimpin oleh orang-orang terbaiknya dari berbagai latar belakang dan kalangan.Berikut ini Gubernur Jawa Barat dari awal sampai akhir secara lengkap, antara lain :

  1. Mas Sutarjo Kertohadikusumo

Menurut catatan sejarah, Gubernur Jawa Barat pertama adalah Mas Sutarjo Kertohadikusumo yang memimpin propinsi Jawa Barat dari tanggal 18 Agustus 1945 sampai bulan Desember 1945. Pada masa ini merupakan periode awal kemerdekaan sehingga kantor pusat pemerintahan propinsi Jawa Barat masih berada di Jakarta.

Mas Sutarjo Kertohadikusumo adalah seorang anggota Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) dan tokoh nasional yang ternama. Beliau pencetus ide petisi Sutarjo yang terkenal itu. Petisi Sutarjo yang diberikan kepada Parlemen Belanda dan Ratu Wilhelmia pada tanggal 15 Juli 1936 berisikan ketidakpuasan Rakyat Indonesia pada kebijakan politik De Jonge, Gubernur Jenderal Hindia Belanda saat itu.

2. Datuk Djamin

Gubernur Jawa Barat berada diurutan kedua menggantikan Mas Sutarjo Kertohadikusumo adalah Datuk Djamin. Beliau seorang tokoh nasional kharismatik yang memimpin propinsi Jawa Barat selama satu tahun tepatnya dari bulan Desember 1945 sampai 1946. Pada saat itu, kota Jakarta sebagai pusat pemerintahan terpaksa pindah ke Yogyakarta disebabkan invasi tentara sekutu di Jakarta.

3. Murjani

Gubernur Jawa Barat ke-3 adalah Murjani seorang tokoh Partai Indonesia Raya (Parinda). Ia memimpin Jawa Barat dari tahun 1946 sampai tahun 1947. Di masa ini Jawa Barat diduduki oleh Bala tentara Jepang.

4. Raden Mas Sewaka

Gubernur keempat Jabar adalah Raden Tumenggung yang akrab disapa Raden Mas Sewaka yang memimpin Jabar di tahun 1947 sampai tahun 1948. Yang kemudian dilanjutkan pada tahun 1950 dan 1951. Sebelum menjadi Gubernur Jawa Barat keempat, ia berkarier sebagai Camat Jatiwangi, mantri polisi hingga juru tulis.

5. Ukar Bratakusumah

Beliau merupakan salah seorang ilmuwan yang pernah menjadi rektor ITB. Dan selanjutnya, cipercaya memimpin propinsi Jabar pada tahun 1948 sampai 1950. Pada waktu itu, Ukar Baratakusumah sebagai Gubernur Jabar pertama yang mengalami periode pemerintahan darurat RI.

6. Mohamad Sanusi Hardjadinata

Gubernur Jabar periode tahun 1951 sampai tahun 1956. Masa kepemimpinannya sangat gemilang dengan banyak prestasi diraihnya di jamannya. Pada tahun 1955, Jawa Barat tepatnya kota Bandung berhasil menjadi tuan rumah yang baik bagi para peserta Konferensi Asia Afrika yang melahirkan kesepakatan Dasa Sila Bandung. Pada waktu itu, Gubernur Jabar merupakan Ketua panitia KAA sekaligus tokoh utamanya.

7. Ipik Gandamana

Gubernur Jabar yang ketujuh adalah Ipik Gandamana. Beliau memimpin Jabar tahun 1956 sampai 1960 menggantikan Gubernur sebelumnya yaitu Mohamad Sanusi yang sudah diangkat menjadi Menteri Dalam Negeri oleh Kabinet Djuanda.

8. Mashudi

Gubernur yang memimpin Jabar dari tahun 1960 sampai tahun 1970 adalah Mashudi. Beliau salah seorang tokoh pejuang yang berkarir dalam dunia militer.

9. Solihin Gatutama Purwanegara

Selanjutnya, kepemimpinan Gubernur Jabar diambil oleh Solihin GP pada tahun 1970 sampai tahun 1975. Beliau mampu mengatasi berbagai persoalan warga Jabar dengan baik. Semisal mengatasi masalah rawan pangan di daerah Indramayu. Pria yang akrab disapa Mang Ihin ini berupaya mengatasi masalah pangan dengan sukses melahirkan benih padi gogo rancah.

10. Aang Kunaefi

Gubernur Jabar pada periode tahun 1975 sampai tahun 1985 adalah Aang Kunaefi. Beliau seorang pensiunan militer dan pernah menjabat sebagai Pangdam VI Siliwangi dan Komandan Kodim Kota Cirebon

11. Yogie Suardi Memet

Gubernur Jabar pada tahun 1985 sampai tahun 1993 adalah Yogi Suardi Memet yang akrab dipanggil Yogi S Memet. Sebelumnya, beliau seorang Komandan Yon 330 Kujang I Siliwangi yang berhasil menangkap Kahar Muzakkar. Pada hari Kamis tanggal 7 Juni 2017, Yogi S Memet meninggal dunia disebabkan menderita sakit gagal ginjal

  1. Raden Nana Nuriana

Pada tahun 1993 sampai tahun 2003, Gubernur Jabar adalah Raden Nana Nuriana. Beliau pensiunan tentara dengan jabatan terakhir Pangdam Siliwangi dengan pangkat Mayjen TNI.

13. Danny Setiawan

Pada tahun 2003 sampai tahun 2008, Danny Setiawan terpilih sebagai Gubernur Jabar yang diusung parta Golongan Karya. Dalam masa kepemimpinannya, beliau pernah tersangkut kasus korupsi. Yang membuat negara menderita kerugian sebesar Rp 2,5 miliar. Akibatnya ia dijebloskan ke dalam tahanan penjara Sukamiskin selama dua tahun.

14. Ahmad Heryawan

Gubernur Jabar yang memimpin di tahun 2008 hingga tahun 2018 adalah Ahmad Heryawan yang diusung partai Keadilan Sejahtera.  Beliau memimpin Jabar selama dua periode. Periode pertama ketika ia berpasangan dengan Dede Yusuf. Dan periode kedua, ketika ia berpasangan dengan Dedy Mizwar.

15. Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat periode tahun 2018 sampai tahun 2023 adalah Ridwan Kamil. Ia memilih Uu Ruzhanul Ulum sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -

Berita Terbaru

Wisata di Muna Barat Dengan Pemandanan Menawan

Muna barat adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara, yang merupakan pemekaran dari kabupaten muna pada tahun 2014...

Kuliner Pedas Di Jakarta Yang Lezat

Buat Anda yang memang hobi berburu makanan enak dan pedas, Jakarta adalah salah satu ibukota di Indonesia yang memiliki beragam kuliner pedas yang...

Tempat Wisata Di malang Ini Sangat Recommended

Di kota Malang terdapat berbagai tempat wisata yang menarik dan rekomended. Kota Malang sendiri adalah kota yang dikenal sebagai kota apel, kota...

Kuliner Malam Khas Jogja Yang Recommended

Jogja yang dikenal sebagai kota budaya dan kota gudeg  memiliki macam-macam kuliner. Dari pagi hingga malam kota gudeg ini tidak pernah sepi...

Oppo Patenkan Teknologi Layar Lengkung Empat Sisi

Reportasee.com, - Oppo Patenkan Teknologi Layar Lengkung di Keempat Sisinya. Teknologi ponsel saat ini sudah semakin berkembang. Berbagai desain serta keunggulan ditawarkan...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -
%d blogger menyukai ini: