Gubernur Jatim Segera Resmikan SPP Gratis untuk SMA/SMK

0
179
Gubernur Jatim Segera Resmikan SPP Gratis untuk SMA/SMK
Foto : Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (Liputan6)

PENDIDIKAN,- Gubernur Jatim Resmikan SPP Gratis. Pada tahun ajaran baru mendatang, Gubernur Jatim (Jawa Timur), Khofifah Indar Parawansa berencana meniadakan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Program ini khusus untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Dilansir dari Wartabromo.com, Kamis (13/06/2019), Pemprov Jatim akan segera meresmikan program peniadaan SPP tersebut. Dan kabarnya, Pemprov Jatim sudah menyiapkan anggaran kurang lebih sebesar Rp 1,7 Triliun.

Khofifah menyatakan bahwa seluruh anggaran pada program tersebut akan diberlakukan mulai tahun ajaran 2019/2020 pada jenjang pendidikan SMA dan SMK. Program gratis SPP tersebut telah tersusun sesuai rencana tahunan bersamaan dengan program TisTas alias Gratis Berkualitas.

“Para pelajar yang akan duduk di bangku SMA dan SMK Swasta akan disantuni subsidi berupa SPP. Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah menganggarkan kucuran dana sekitar Rp 1,7 Triliun demi tercapainya program tersebut,” kata Khofifah, seperti dikutip dari akun resmi instagram @khofifah.ip.

Atribut Sekolah

Tak hanya SPP, pada tahun ajaran baru nanti para pelajar SMA dan SMK juga akan diberikan beberapa atribut sekolah berupa beberapa setel seragam. Khofifah berkeinginan agar program baru ini bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Di sisi lain, program yang akan diadakan itu bertujuan lain, yakni agar mampu meringankan beban orang tua para pelajar dari kalangan kurang mampu. Sehingga semua pelajar di Jawa Timur berhak untuk mendapatkan pendidikan bermutu layaknya para pelajar yang lain.

Siap Kerja

“Sedangkan target dari program baru tersebut yaitu hanya ingin mencetak generasi penerus Jawa Timur yang siap kerja purna sekolah. Setidaknya memiliki kualitas yang siap mendunia di segala bidang,” ungkap Khofifah.

Sekedar informasi, saat ini Indek Pembangunan Manusia (IPM) di Provinsi Jawa Timur menduduki peringkat terbawah di Pula Jawa. Artinya, masih berada di urutan ke-14 di Nusantara.

Jadi, karena kondisi itu menjadi salah satu indikator bahwa program SPP Gratis sangat layak diberlakukan. Tujuannya agar lebih memajukan kualitas pendidikan, khususnya di Jawa Timur. ***

Artikel/ Berita ini sudah tayang di Reportasee.com dengan Judul ; Gubernur Jatim Segera Resmikan SPP Gratis Untuk SMA/SMK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here