Google Meet Perpanjang Akses Gratis 24 Jam

0
65
Google Meet
Google Meet, Foto: Google

Reportasee.com – Google resmi menunda pemberlakuan batasan waktu panggilan pengguna di Google Meet. Rencananya, mulai akhir maret kemarin google hanya akan memberi waktu gratis 60 menit saja.

Saat ini, panggilan tak terbatas di perpanjang bagi pengguna Google Meet sampai tanggal 30 Juni 2021. Dengan dibuatnya kebijakan tersebut, maka siapa saja dapat menggunakan Meet secara gratis dengan durasi hingga 24 jam.

Perpanjangan ini di sampaikan secara langsung oleh pihak dari Google Workspace melalui akun Twitter resminya.

Akun Google Workspace mengungkapkan akan melanjutkan panggilan #GoogleMeet tidak terbatas sampai 24 jam. Versi gratis akan tersedia sampai akhir Juni 2021.

Dua Kali Penundaan

Di lansir dari The Verge, ini merupakan kedua kalinya Google menunda pembatasan akses tersebut. Terhitung sejak mereka membuka layanan ini bagi pengguna gratis pada bulan April 2020.

Baca:  Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia, Apa Saja?

Awalnya, batas waktu 60 menit akan di berlakukan pada akhir bulan September 2020. Namun, batas waktu tersebut di undur sampai bulan Maret 2021 ketika banyak orang yang masih terperangkap pandemi Covid-19.

Secara eksplisit, Google belum mengatakan mengapa mereka memperpanjang masa waktu tersebut. Namun, pembatasan pandemi di seluruh dunia yang masih berlanjut sampai sekarang mungkin ada hubunganya dengan hal tersebut.

Melansir 9to5google, Saat ini Google melakukan iterasi dengan cepat pada Meet. Mengingat, permintaan dalam hal konverensi video terus meningkat sejak di mulainya pandemi Covid-19. Bahkan, pada akun Gmail pribadi, Google Meet di buat menjadi gratis.

Baca:  Mengenal Gejala Bipolar, Tak Bisa Dianggap Remeh

Layanan gratis tersebut sudah di rencanakan akan di hentikan. Namun, sampai saat ini rencana tersebut belum terealisasi.

Dengan di perpanjangnya masa pemberlakuan ini, seharusnya tidak akan ada gangguan jika konsumen melakukan video call dengan menggunakan produk Google.

Terakhir, jangka waktu perpanjangan di tujukan untuk menyambut musim liburan. Dan yang terbaru jangka waktu tersebut membawa konsumen menyambut musim panas.

Jika periode perpanjangan ini berakhir, Google belum memutuskan rencana selanjutnya. Namun, apabila tidak di perpanjang, maka konsumen di haruskan membayar layanan ini untuk melakukan panggilan tak terbatas.

Baca:  Apa Itu Teknologi Deepfake

Untuk versi berbayar, ada Google Workspace Essentials yang di banderol dengan harga sekitar USD 8. Paket ini bisa di gunakan pengguna untuk melakukan video conference tanpa batas durasi dengan jumlah maksimal peserta yaitu 150 orang.

Lebih Lama dengan Zoom

Jika di bandingkan dengan layanan meeting online lainya seperti Zoom. Durasi yang di tawarkan oleh Google ini sedikit lebih lama di bandingkan dengan Zoom.

Zoom membatasi penggunaan layanan gratis dengan durasi maksimal 40 menit dalam setiap konferensi video. Sedangkan, jika Google menerapkan layanan berbayar maka gratisnya selama 60 menit.

Editor: Agun Wiguna