29.3 C
Indonesia
Senin, Desember 9, 2019
No menu items!

Gempa Bumi Kembali Getarkan Warga Banten

Wajib Baca

Lionel Messi Rajai Hattrick LaLiga Santander

Reportasee.com,- Lionel Messi kembali menjadi raja Hattrick LaLiga Santander. Ia telah menampilkan sihirnya dengan mencetak 3 gol...

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

Reportasee.com,- Gempa bumi kembali getarkan warga Banten dan sekitarnya. Peristiwa itu terjadi pada Jumat (02/08/2019) sekitar pukul 19.00 WIB. Sebagian besar penduduk setempat melakukan evakuasi.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi (BMKG), Dr. Daryono mengungkapkan, gempa bumi yang terjadi di daerah Jawa Barat diperkirakan mencapai 7,4 SR. Itu bukan salah satu potensi terbesar akan terjadinya tsunami.

Melansir dari Liputan6.com, Sabtu (03/08/2019), pusat terjadinya peristiwa di daerah selatan Selat Sunda adalah salah satu wilayah yang tidak berpotensi tsunami. Karena kawasan tersebut merupakan zona paling jarang dihujani bencana alam.

Baca:   Gempa Bumi Jadi Ancaman Utama Penduduk Bumi

Daryono mengungkapkan bahwa kejadian ini diperkirakan sebagai tonggak kerak bumi atau proses akumulasi yang tengah berlangsung.

“Kami mencatat, tidak ditemukan fakta tentang adanya potensi gempa dengan magnitudo 6 hingga 7 di selatan Selat Sunda,” tambahnya.

Pernah Terjadi Sebelumnya

Berdasarkan laporan BMKG, gempa pernah menindas warga Banten tepatnya di daerah paling selatan dengan kekuatan 7,9 SR. Namun peristiwa itu diklaim merupakan bencana yang terakhir.

Daryono tidak bisa mengungkap secara rinci atas peristiwa yang terjadi Jumat malam. Hal itu terkendala lantaran belum adanya statistik yang akurat terkait proses akumulasi terhadap medan tegakan kulit bumi.

Baca:  Potensi Ancaman Gempa Bumi Dahsyat di Jawa Barat

“Jika kita mengacu pada potensi tsunami, jelas sekali hal itu masih jauh dari perkiraan. Karena terjadinya banjir bandang apabila terjadi goncangan dengan skala di atas 8,6 SR,” kata Daryono.

Meski begitu, Indonesia banyak memiliki sesar aktif yang bisa bergerak dan bergoncang kapan saja, sebagian besarnya ada di daratan.

Mengacu Pada Gempa di Jepang

Pada kenyataannya, Indonesia memiliki sejumlah daerah yang mudah dan rawan bencana. Namun hal itu tak berarti bahwa warga Indonesia harus segera melakukan pengungsian.

Baca:  Mengecek Informasi Gempa Bumi Hari Ini

Ketika mengacu pada Jepang, negara tersebut telah menjadi langganan akan datangnya bencana alam baik darat hingga air.

Daryono mengatakan, Jepang itu negara yang paling berpotensi menerima bencana alam. Karena 90 persen daerahnya merupakan sesar aktif.

Meski begitu, ekonomi dan pembangunan di negara itu maju dan selalu sigap mengatasi terjadinya bencana susulan. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Lionel Messi Rajai Hattrick LaLiga Santander

Reportasee.com,- Lionel Messi kembali menjadi raja Hattrick LaLiga Santander. Ia telah menampilkan sihirnya dengan mencetak 3 gol...

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel terbarunya, X30, akan diumumkan pada...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple mengungkapkan telah meningkatkan privasi di...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kota baru sedang disiapkan...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -