Gempa Bumi Jadi Ancaman Utama Penduduk Bumi

0
132
Gempa Bumi Jadi Ancaman Utama Penduduk Bumi
Foto : Gempa Bumi

Gempa bumi dipercaya akan menjadi ancaman paling utama terhadap para penduduk Bumi beberapa tahun kedepan. Faktanya, bencana besar tersebut telah mengancam sejumlah titik di berbagai Negara tahun 2019.

Melansir dari laman TEMPO.CO, Jumat (26/07/2019), pada pukul 04.30 WIB, puncak gerhana bulan telah tampak dari Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (17/07/2019). Dari fase awal hingga akhir, durasi terjadinya fenomena tersebut telah diamati sekitar 58,8 menit oleh wartawan ANTARA FOTO.

Sejak tahun 1990, sejumlah ilmuwan telah melakukan beberapa riset terhadap terjadinya gempa bumi. Penelitian itu telah mengungkap bahwa goncangan berkekuatan magnitudo 7 hingga kini semakin meningkat.

Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya gempa bumi adalah perputaran atau rotasi Bumi yang semakin tahun semakin melemah.

Tanda-tanda Gempa Besar

Mengutip dari Express, Jumat (26/07/2019), seorang ilmuwan dari University of Colorado, Roger Bilham menyatakan, aktivitas gempa besar dan melemahnya rotasi Bumi mengindikasikan terjadinya bencana alam terbesar.

Sementara itu, ilmuwan asal University of Montana, Rebecca Bendick telah mengungkap beberapa penelitian terhadap bencana itu mulai dari goncangan sebesar magnitudo 7 pada tahun 1990.

Baru-baru ini, kedua ilmuwan itu melakukan kerjasama dalam melakukan riset terhadap tanda-tanda terjadinya bencana alam. Dalam riset tersebut, tercatat kurang lebih 30 gempa bumi telah terjadi dalam setahun.

Hal ini menandakan bahwa usia Bumi sudah mulai menua. Selain itu, lambatnya rotasi Bumi disebabkan lantaran Bumi masih menggunakan energi dalam menjaga kestabilan gravitasi dan tonjolan pasang surut di sekitar Bulan.

Potensi Gempa Bumi

Menurut ilmuwan dari Laboratorium Jet Propulsion (JPL) NASA, Matthew Funke, tonjolan pasang surut terhadap Bumi telah diciptakan gravitasi Bulan. Dengan tonjolan ini, rotasi Bumi akan melambat sehingga bencana alam itu mudah datang.

Funke melanjutkan, kehilangan momentum sudut akan dialami Bumi bila Bulan terus memperlambat rotasi Bumi dan bahkan bergerak jauh di dalam orbitnya.

Ahli Fisika dari forum Fisika PhysLink, Paul Walorski mengungkapkan, bencana alam itu bakal berpotensi terjadi dalam waktu dekat.

“Bencana itu telah diproyeksikan bakal turun lebih cepat dari perkiraan sebelumnya,” ujar Walorski. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here