25 C
Indonesia
Sabtu, Februari 29, 2020
No menu items!

Gempa Bumi, Ini Penjelasan Lengkapnya!

Wajib Baca

Singkronisasi Kurikulum, SMKN 2 Ciamis Buka Program Studi 4 Tahun

Siswa SMKN 2 Ciamis Melakukan Praktek Produksi Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur

Sedan All New K5 dari Kia Terlihat Kokoh

Reportasee.com - Sedan All New K5 dari Kia terlihat kokoh. Pada perkembangan teknologi yang semakin modern, negara...

Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat

Reportasee.com - Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat. Sebuah tempat wisata kelas...

Reportasee.com – Gempa Bumi, Ini Penjelasan Lengkapnya! Apa itu gempa bumi? Gempa Bumi merupakan gejala ilmiah berupa gerakan, getaran atau guncangan tanah yang disebabkan adanya sumber tersebut.

Guncangan tersebut terjadi karena adanya patahan, aktivitas tektonik, vulkanik, letusan gunung berapi ataupun hantaman benda langit.

Gempa yang terjadi tidak mungkin dapat dihindari, namun dapat diketahui sebelumnya.

Indonesia, menjadi salah satu negara yang memiliki banyak sekali terkena gempa. Mengapa demikian? Karena, kondisi tektonik yang cukup aktif berada di pertemuan 3 lempeng dunia.

Nah, untuk negara Indonesia sendiri berada di atas lempeng Eurasia atau Eropa Asia. Lempeng tersebut kerap kali menjadi pemicu munculnya sumber getaran bumi.

Tidak hanya itu saja, Indonesia juga memiliki banyak sekali gunung merapi yang masih aktif.

Tercatat, letusan gunung Krakatau tahun 1883 menyebabkan gempa sekaligus tsunami yang begitu dahsyat.

Bahkan, dikenal sebagai dampak yang sangat mematikan. Aktivitas pergerakan yang terjadi begitu dahsyat dan menghilangkan puluhan ribu nyawa.

Mengapa Gempa Bumi Bisa menyebabkan tsunami?

Karena, gempa di bawah laut membuat gelombang memiliki daya hempas yang begitu tinggi. Bahkan, dapat mencapai kecepatan 800 km/jam.

Tidak heran, jika rumah masyarakat ataupun gedung dapat hancur dengan seketika. Waktu dari getaran juga mempengaruhi kekuatan dari tsunami yang dihasilkan.

Karakteristik

Gempa memiliki karakteristik tidak dapat dicegah dan datangnya tiba-tiba, tidak heran jika banyak sekali korban dari musibah ini.

Terutama, pada bangunan yang tidak tahan terhadap gempa maka akan sangat mudah runtuh.

Untuk itu, sangat penting bagi masyarakat untuk memahami mengenai gempa bumi. Sebagai masyarakat hendaknya mengenali lingkungannya sekitar apakah rawan terhadap gempa.

Selain itu, masyarakat juga harus diberikan pemahaman yang jelas mengenai gempa. Terutama, tidak termakan informasi yang salah mengenai bencana gempa.

Rasa kewaspadaan juga tetap harus ditingkatkan agar tidak khawatir jika sewaktu-waktu terjadi gempa. Salah satunya cara termudah yaitu dengan membentuk desa siaga bencana.

Demikian penjelasan mengenai penyebab dan dampak dari musibah bencana gempa bumi yang seringkali terjadi. ***

- Advertisement -
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Singkronisasi Kurikulum, SMKN 2 Ciamis Buka Program Studi 4 Tahun

Siswa SMKN 2 Ciamis Melakukan Praktek Produksi Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur

Sedan All New K5 dari Kia Terlihat Kokoh

Reportasee.com – Sedan All New K5 dari Kia terlihat kokoh. Pada perkembangan teknologi yang semakin modern, negara ginseng atau Korea terkenal dengan pabrik mobil ternama yaitu Kia. Kia memproduksi mobil terbaru, salah satunya sedan All New K5.  Mobil sedan dengan jenis ini semakin sporty dan elegan. Penasaran seperti apakah desain dan performanya, berikut ini ulasannya. […]

Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat

Reportasee.com - Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat. Sebuah tempat wisata kelas dunia yang harus Anda kunjungi...

Oleh-Oleh Khas Jogja, Ini Rekomendasinya

Reportasee.com - Oleh-Oleh Khas Jogja, Ini Rekomendasinya. Jogja, kota dengan sejuta pesona alam dan budaya. Jogja menjadi salah satu destinasi wisata yang...

Curug Cigamea, Objek Wisata Alam Indah dan Sejuk

Reportasee.com – Curug Cigamea, Objek Wisata Alam Indah dan Sejuk. Curug Cigamea merupakan salah satu objek wisata alam air terjun yang berlokasi...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -