32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaGejala Penyakit Darah Rendah Ini Penting Diwaspadai

Gejala Penyakit Darah Rendah Ini Penting Diwaspadai

Menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang penting untuk dilakukan agar tidak mudah terserang penyakit. Salah satu jenis penyakit yang mudah menyerang tubuh manusia adalah darah rendah. Saat ini Anda juga dapat mengetahui gejala penyakit darah rendah dengan mudah.

Gejala-gejala darah rendah ternyata cukup beragam dan mudah dikenali oleh orang yang terserang penyakit tersebut. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui gejala apa saja yang timbul jika terserang penyakit darah rendah. Berikut di antaranya.

Definisi Penyakit Darah Rendah

Darah rendah merupakan suatu penyakit dimana tekanan darah yang dipompa jantung untuk diedarkan ke seluruh tubuh kurang dari batasan normalnya. Tekanan darah yang kurang dapat menyebabkan beberapa bagian tubuh lain tidak mendapat aliran darah yang cukup sehingga dapat berbahaya.

Gejala Darah Rendah

Penyakit darah rendah dapat dikenali melalui gejala-gejalanya yang biasa timbul. Berikut ini adalah beberapa gejala penyakit darah rendah yang perlu Anda ketahui.

Keringat Berlebih

Gejala yang biasanya muncul ketika Anda mengalami darah rendah adalah munculnya keringat yang berlebih. Keringat yang keluar menjadi pertanda bahwa tubuh Anda telah kehilangan banyak cairan sehingga tekanan darah menjadi turun drastis.

Kulit Pucat

Warna kulit yang pucat juga menjadi salah satu gejala yang timbul ketika Anda memiliki penyakit darah rendah. Hal tersebut karena aliran darah yang tidak sampai ke lapisan kulit paling luar dan menjadikan kulit terlihat pucat.

Pusing

Gejala berikutnya yang menjadi ciri bahwa Anda terserang penyakit darah rendah adalah pusing. Biasanya rasa pusing tersebut akan muncul ketika Anda berubah posisi dari duduk yang lama kemudian tiba-tiba bangun.

Rasa pusing yang muncul secara tiba-tiba saat merubah posisi tubuh menjadi pertanda bahwa aliran dan tekanan darah sedang tidak dalam kondisi normal.

Pandangan Kabur

Anda harus berhati-hati ketika merasa pandangan seolah kabur maka dapat menjadi gejala bahwa tekanan darah Anda sedang turun. Pandangan yang kabur ini bisa karena organ tubuh tidak berfungsi dengan baik akibat kurang optimalnya darah yang mengalir.

Gejala tersebut banyak sekali terjadi pada penderita penyakit darah rendah. Ketika darah yang mengalir tidak menyebar dengan normal khusunya di bagian kepala maka dapat membuat pandangan Anda menjadi kabur hingga dapat merasakan pusing.

Pingsan

Pingsan menjadi salah satu gejala darah rendah yang penyebabnya karena minimnya darah yang mengalir ke bagian otak. Hal tersebut juga yang menjadikan kurangnya oksigen yang masuk ke otak sehingga menyebabkan Anda tidak sadarkan diri.

Baca:  Merk Ban Trail yang Recommended dan Berkualitas

Sebagaimana diketahui bahwa oksigen sangat diperlukan oleh tubuh manusia, sehingga ketika oksigen yang ada pada tubuh berkurang maka dapat mengganggu organ vital lainnya didalam tubuh. Oleh sebab itu, peluang hilangnya kesadaran diri menjadi lebih besar.

Baca:  Headset Bluetooth Ngebass Dengan Kualitas Terbaik

Jantung Tidak Berdetak dengan Normal

Gejala penyakit darah rendah selanjutnya adalah jantung yang tidak berdetak secara normal. Ketika mengalami darah rendah, detak jantung Anda menjadi lebih kencang bahkan tidak teratur. Hal tersebut tentunya dapat berbahaya dan mempengaruhi organ tubuh lainnya.

Otot Leher Terasa Kaku

Apabila Anda mengalami otot kaku di bagian leher sebaiknya mulai waspada karena bisa jadi itu adalah gejala penyakit darah rendah yang dialami. Peran otot leher ternyata sangat membantu dalam mengontrol  pernapasan, tekanan darah, hingga denyut jantung dalam tubuh.

Secara otomatis, jika tekanan darah dalam tubuh Anda mengalami penurunan yang drastis maka otot leher akan terasa kaku ketika digerakkan.

Penyebab Terjadinya Darah Rendah

Setelah mengetahui gejala penyakit darah rendah, penyebab terjadinya pun perlu Anda ketahui dengan baik. Darah rendah yang mungkin saja Anda alami karena beberapa faktor. Di bawah ini merupakan faktor-faktor yang menyebabkan Anda mengalami darah rendah.

Anemia

Anemia menjadi faktor yang paling mungkin terjadi ketika Anda mengalami darah rendah. Kurang darah menjadi penyebab Anda mengalami tekanan darah yang rendah karena kurangnya hemoglobin dalam tubuh. Salah satu sebab yang membuat Anda mengalami anemia yaitu pendarahan.

Terganggunya Kesehatan Jantung

Jantung memiliki tugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Apabila kesehatan jantung Anda terganggu, maka tidak dapat bekerja secara optimal. Gangguan kesehatan jantung tersebut biasanya adalah serangan jantung, gagal jantung, serta detak jantung lemah.

Dehidrasi

Kahilangan cairan dalam tubuh ternyata dapat memberikan efek yang negatif bagi Anda. Salah satu akibat yang timbul jika  Anda mengalami dehidrasi adalah darah rendah, sehingga badan akan terasa lemas dan kepala menjadi pusing.

Dehidrasi yang Anda alami dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah diare akut, olahraga yang ekstrim, demam, serta obat-obatan yang berlebihan dalam penggunaannya.

Kehamilan

Bagi Anda yang sedang hamil sebaiknya lebih waspada karena ternyata kehamilan juga dapat menjadi penyebab Anda mengalami darah rendah. Hal tersebut dapat terjadi karena saat Anda hamil sistem peredaran darah dalam tubuh dapat dengan cepat meluas.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer