Gejala Kanker Serviks Ini Perlu Diwaspadai

0
306
gejala kanker serviks

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang harus diwaspadai oleh para kaum hawa. Kanker serviks ini biasanya terjadi karena adanya infeksi human papillomavirus (HPV) yang menyerang pada bagian leher rahim. Oleh sebab itu, sebagai kaum hawa Anda harus tahu gejala awal terjadinya kanker ini sebagai upaya pencegahan agar tidak semakin parah. Berikut ini beberapa gejala kanker serviks.

Keluarnya Darah Yang Tidak Normal Dari Vagina

Awal terjadinya kanker serviks biasanya ditandai dengan pendarahan abnormal dari vagina yang terjadi secara tiba-tiba, pada saat bukan masa haid. Jumlah pendarahanya cenderung lebih banyak dari menstruasi biasanya, pendarahan tersebut biasanya muncul pada saat melakukan hubungan seksual, dan setelah masa menopause. Sehingga, ketika hal tersebut terjadi segeralah periksa ke dokter.

Keputihan Yang Tidak Normal

Keputihan adalah hal normal yang biasanya dialami oleh setiap wanita. Namun, bisa menjadi tidak normal apabila keputihan ini berbau menyangat, amis, dan tak seperti biasanya. Hal ini bisa menjadi gejala kanker serviks pada tahap-tahap awal. Tetapi, jangan cemas dahulu, karena meskipun keputihan tersebut tidak normal belum tentu gejala kanker serviks, bisa jadi karena beberapa hal yang lain.

Sakit Pada Bagian Panggul Saat Seks

Mengalami pendarahan pada vagina yang disertai dengan nyeri panggul merupakan hal yang tidak bisa diremehkan. Karena hal ini bisa menjadi tanda awal terjadinya kanker serviks. Walaupun nyeri di area panggul hal biasa yang terjadi saat akan haid. Namun, jika nyeri tersebut terjadi kapanpun dan khususnya selama Anda melakukan hubungan seksual berarti ada yang tidak normal yang terjadi.

Selalu Merasa Mual

Selalu merasa mual bisa menjadi gejala awal dari kanker serviks, kondisi ini terjadi karena saat leher rahim membengkak ke arah rongga perut, saluran pencernaan, dan lambung menjadi tertekan. Sehingga, memicu terjadinya refluksĀ  atau naiknya asam lambung ke tenggorokan dan membuat Anda terus merasa mual. Namun, hal ini bukan gejala utama dari kanker srviks.

Itulah beberapa gejala kanker serviks yang harus Anda wasapai sebelum semakin menambah parah kondisi Anda. Meskipun terkadang hanya berupa hal yang remeh namun di balik itu semua hal tersebut ternyata merupakan gejala awal terjadinya sesuatu yang sangat serius.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here