Beranda Berita Gadis 24 Tahun Terseret Kasus Suap Bupati Penajam Paser Utara

Gadis 24 Tahun Terseret Kasus Suap Bupati Penajam Paser Utara

KPK akhirnya menetapkan Abdul Gafur Mas’ud, Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sebagai terduga tersangka penerima suap dalam pengadaan barang dan jasa proyek pembangunan jalan di Kabupaten Paser Utara Tahun 2021-2022.

Selain Abdul Gafur, dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang di lakukan pada hari Kamis, 13 Januari 2022 ini KPK juga ikut mengamankan dan menetapkan 5 orang lainnya sebagai tersangka.

Dari 5 orang yang di amankan, terdapat 1 sosok yang mencuri perhatian. Ialah Nur Afifah Balgis yang berperan sebagai Bendahara DPC Demoktrat Balikpapan.

Dalam kasus korupsi yang meyeret Bupati Penajam Paser Utara tersebut, Nur Afifah Balgis yang baru 24 tahun berperan dalam menyimpan uang suap dari beberapa rekanan.

Kemudian, Alex Marwata dalam konferensi pers juga memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai kasus suap yang terjadi dalam proyek pembangunan ibu kota Negara baru di wilayah Penajam Paser Utara tersebut.

“Tersangka yang berinisial AGM bersama dengan tersangka yang berinisial NAB, di duga menerima, menyimpan juga mengelola uang sejumlah dari beberapa rekanan melalui rekening bank pribadi tersangka NAB,” tutur Alex saat konferensi pers di Gedung Merah Putih, Kuningan, Jakarta Selatan.

“AGM kemudian menggunakan uang yang ada dalam rekening tersangka NAB untuk membiaya semua kebutuhannya,” pungkasnya.
Berikut merupakan informasi dari 6 tersangka yang di tetapkan oleh KPK :

  • Achmad Zuhdi atau Yudi, merupakan pihak swasta yang memberikan suap
  • Abdul Gafur Mas’ud, Sang Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara
  • Mulyadi, PLT Sekertaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara
  • Edi Hasmoro, merupakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara
  • Jusman, Kepala Bidang Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Penajam Utara
  • Nur Afifah Balgis, Bendaraha Umum DPC Partai Demoktrat Balikpapan

Siapa sosok Wanita Muda Berusia 24 Tahun, Nur Afifah Balgis?

Memiliki jabatan sebagai Bendaraha Umum DPC Partai Demokrat menjadikan Nur Afifah Balgis sebagai anak buah dari Abdul Gafur yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan.

Kedekatan keduanya juga terlihat melalui berbagai unggahan dari akun instagram pribadi Nur Afifah Balgis yang memiliki akun @nafgis.

Seperti yang terlihat dalam salah satu postingan, Balgis dan Abdul Gafur berfoto bersama di sebuah mobil BMW.

Baru Berusia 24 Tahun

Di usia yang terhitung masih sangat muda, Nur Afifah berhasil mendapatkan posisi bergengsi sebagai Bendara Umum DPC Demokrat.

Hal ini terlihat dalam sebuah foto yang ia unggah 5 bulan yang lalu. Dalam foto tersebut terlihat sebuah kue lengkap dengan tulisan Selamat Ulang Tahun Bendahara Umum Demokrat ke-24.

Aktivitasnya dalam sejumlah kegiatan Partai Demokrat juga dapat terlihat dari beberapa foto yang ia unggah di Instagram pribadinya.

Kronologi OTT

KPK menamankan Abdul Gafur Mas’ud, Bupati Penajam Paser Utama saat ia berada di sebuah mall di wilayah Jakarta Selatan pada Rabu malam, 12 Januari 2022.

Adanya bocoran informasi mengenai dugaan tindak suap oleh para penyelenggara pemerintahan dalam proyek dan usaha di Kabupaten Penajam Paser Utara dari masyarat menjadi acuan awal untuk melakukan OTT.

KPK langsung bergerak cepat dengan berpecar ke beberapa lokasi, baik di Jakarta ataupun di Kalimantan Timur.

Saat itu, KPK menduga bahwa Abdul sudah mengirimkan Nis Puhadi atau Ipuh yang merupakan orang kepercayaannya ke Pelabuhan Semayang, Balikpapan.

Nis sendiri berperan dalam mengumpukan uang suap dari beberapa rekanan dalam pengadaan barang dan jasa.

Lebih lanjut Alex juga menjelaskan pihak lain yang terlihat dalam aksi suap ini. “Nis, berperan penting dalam mengumpulkan sejumlah uang melalui MI (PLT Sekda Penajem Paser Utara), JM (Kepala Bidang Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Penajam Paser Utara serta staf di Dinas PUPR Kabupaten Penajam Paser Utara”.

Sejumlah uang tunai dengan total Rp 950 juta berhasil Nis Puhadi kumpulkan dan langsung ia bawa ke rumah Abdul Gafur di kawasan Jakarta Barat.

Nis tak sendiri saat mengantarkan uang tersebut. Bersama Rizky, orang kepercayaan Abdul Gafur lain yang menjembut Nis setibanya ia di Jakarta. Nis menyerahkan uang tersebut ke rumah Abdul Gafur.

Pengangkapan di Mall

Bersama Nis dan Bendahara Umum DPC Partai Demoktrat Balikpapan Nur Afifah Balgis, Abdul pergi ke salah satu mall di Jakarta dengan membawa uang suap tersebut.

Atas instruksi langsung dari sang Bupati, Nur Afifa Balgis menggenapkan uang tersebut hingga menjadi 1 milliar dengan menambahkan uang tunai sejumlah Rp 50 jt.

Uang tunai dengan total Rp. 1 Milliar yang terkumpul langsung di masukan ke daalam koper yang sudah Nur Afifah Bagis siapkan sebelumnya.

Namun demikian, Alex tidak menjelaskan alasan mengapa Abdul Gafur membawa uang tunai sejumlah 1 milliar ke sebuah Mall di Jakarta.

KPK yang sudah bersiaga langsung menangkap ketiganya sebelum bergerak meninggalkan mall.

Dalam OTT tersebut, KPK juga berhasil mengamankan bukti uang sejumlah Rp447 juta dalam rekening pribadi milik Nur Afifah Balgis.

Selain 3 tersangka tersebut, KPK juga langsung mengamankan beberapa pihak yang sedang berada di Jakarta, termasuk Muliadi, Welly serta Achmad Zuhdi.

Di tempat berbeda, KPK yang berada di wilayah Kalimantan Timur berhasil mengamankan tersangka Supriadi, Asdar, Jusman, serta Edi Hasmoro.

Exit mobile version