32 C
Indonesia
Selasa, Agustus 3, 2021
BerandaBeritaFungsi Noken As Pada Mobil dan Cara Kerjanya

Fungsi Noken As Pada Mobil dan Cara Kerjanya

Fungsi noken as pada mobil sangatlah penting untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal. Noken as adalah salah satu komponen mobil yang berbentuk poros dan seringkali juga disebut sebagai camshaft.

Noken as terletak pada posisi kepala silinder atau juga di bagian blok silinder untuk mobil dengan mesin Over Head Valce. Fungsi dari noken as yaitu untuk menggerakkan rocker arm. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang fungsi dari noken as, simak ulasannya di bawah ini.

Daftar Fungsi Noken As

Untuk Memutar Poros Distributor

Fungsi yang pertama yaitu untuk memutar poros distributor di sistem pengapian. Fungsi ini biasanya terjadi pada mesin konvensional yang masih menggunakan distributor pengapian dalam mesinnya. Agar fungsi berjalan optimal, noken as terhubung ke distributor melalui drive gear.

Selain itu, terkadang noken as juga terbantu oleh slot joint untuk menghasilkan performa mesin yang lebih baik dan maksimal. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa noken as sangat berpengaruh bagi kinerja mesin mobil.   

Membuka dan Menutup Katup atau Klep (Valve)

Fungsi kedua dari noken as yaitu membuka dan metutup klep atau katup. Membuka dan menutup valve atau katup ini tidak dilakukan dengan sembarangan. Ada momen tertentu untuk membuka dan menutup katup yang penentuannya oleh urutan pengapian atau firing order.

Selain penentuannya berdasarkan urutan pengapian atau firing order, membuka dan menutup katup ini juga berdasarkan kebutuhan pembukaan silinder. Sebagai contoh, jika silinder ingin membuang, maka katup akan terbuka karena noken as akan mendorongnya.

Desain dari noken as juga berbeda-beda karena tergantung dari urutan pengapian atau firing order. Hal ini jugalah yang membuat posisi dari noken as menjadi berbeda-beda.

Tempat Sensor Posisi Camshaft

Fungsi noken as yang selanjutnya yaitu sebagai tempat sensor untuk posisi camshaft. Fungsi ini memang tidak tersedia untuk semua jenis mobil. Namun, hanya tersedia untuk mobil keluaran terbaru yang memiliki teknologi dan sistem mesin yang lebih canggih.

Sensor ini berfungsi untuk mengetahui kondisi dari kinerja mesin mobil yang juga terbantu dengan menggunakan engine management. Dengan demikian, para pengguna bisa mengetahui apakah mesin mobil tetap bekerja dengan optimal atau tidak.

Menggerakkan Fuel Pump

Fungsi dari noken as yang selanjutnya yaitu untuk memutar dan menggerakkan fuel pump. Fuel pump sendiri adalah sebuah pompa bahan bakar. Fungsi dari noken as yaitu membuat fuel pump agar bisa bekerja secara maksimal.

Cara kerja dari noken as untuk menjalankan fungsi ini yaitu dengan melepas pompa bahan bakar yang akhirnya membuat pompa bahan bakar menjadi tertekan dan mengalir ke sistem pelampung.

Baca:  Penyebab Tidur Tidak Tenang Berikut Penting Dipahami

Fungsi ini tidak lagi ada pada mobil keluaran baru yang telah menggunakan fuel pump elektrik. Sebaliknya, fungsi ini biasanya ada pada beberapa mobil keluaran lama yang tidak menggunakan fuel pump elektrik, sehingga masih membutuhkan bantuan noken as.

Baca:  Samsung Galaxy S20 FE 4G, Berikut Spesifikasinya

Tips Untuk Menjaga Kondisi Noken as

Sesuai penjelasan di atas, fungsi noken as sangat bervariasi dan penting untuk kinerja mobil. Oleh karena itu, para pengguna mobil harusnya menjaga kondisi dari noken as agar tetap bekerja optimal sepanjang waktu.

Agar kondisi noken as tetap terjaga dan bekerja secara maksimal, maka perlu Anda lakukan beberapa perawatan. Tips-tips ini tentunya untuk membuat pemakaian noken as menjadi lebih lama dan mencegah kerusakan.

Lantas, apa sajakah tips-tips yang bisa Anda lakukan agar noken as bisa bekerja optimal lebih lama? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pemasangan yang Tepat

Tips yang pertama yaitu memasang noken as dengan tepat. Memasang alat ini tidaklah sembarangan dan membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi, khususnya pada ketepatan waktu saat membuka dan menutup klep atau katup.

Hal ini karena akan berpengaruh pada kelancaran aliran bahan bakar dan pembuangan sisa pembakaran pada mesin kendaraan. Oleh karena itu, ketelitian dan ketepatan dalam pemasangan noken as adalah hal yang utama untuk membuat kinerjanya optimal lebih lama.

2. Tidak memodifikasi noken as

Tips yang kedua yaitu tidak mengubah atau memodifikasi noken as. Memodifikasi noken as memang dapat membuat kinerja mesin menjadi lebih prima. Namun, modifikasi ini bisa mengubah kedudukannya dan bisa berakibat buruk pada kerusakan motor.

Cara Kerja Noken As

Cara kerja noken as yaitu dengan menggerakkan dan mengatur katup atau klep. Pada saat klep ini mendapatkan dorongan dari noken as, maka klep tersebut akan terbuka. Ketika terbuka, maka bahan bakar akan masuk ke dalam ruang bakar.

Setelah itu, noken as akan mendorong klep ex yang berfungsi untuk membuang sisa pembakaran. Nah, besar kecilnya tenaga mesin yang dihasilkan tergantung dari ketepatan durasi dari buka tutup klep tersebut

Jadi, itulah penjelasan tentang fungsi noken as, tips untuk merawatnya, dan cara kerjanya. Pada intinya, komponen ini sangat berpengaruh pada kinerja mobil, sehingga perlu perawatan agar msesin tetap bekerja secara maksimal.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer