FPSH HAM dan GMD Sukabumi Laksanakan Gasibu

0
333
FPSH HAM dan GMD Sukabumi Laksanakan Gasibu

Reportasee.com – Gerakan Nasi Bungkus atau Gasibu yang diinisiasi oleh Gubernur Jawa Barat diadopsi Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM / FPSH HAM.

FPSH HAM bekerjasama dengan Gerakan Mengajar Desa (GMD) Sukabumi merealisasikan Gasibu dengan membagikan 65 bungkus nasi kepada para tunawisma dan petugas pemilah sampah di TPA Cikundul Kota Sukabumi.

Aksi kolaborasi Peduli Berbagi ini merupakan bagian dari upaya bersama membantu warga terdampak pandemi wabah virus corona COVID-19.

Kegiatan ini dibiayai dari donasi anggota FPSH dan GMD yang dijemput langsung oleh Satgas Covid-19 FPSH HAM Kota Sukabumi.

“Inovasi yang dilakukan bagi yang mau membantu Gasibu ini kami broadcast, kemudian yang mau berdonasi kami jemput. Jadi tidak usah pergi ke luar untuk mengumpulkan donasi,” kata Afrizal, Ketua FPSH HAM Kota Sukabumi.

Afrizal menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai upaya kontribusi pihaknya dalam aksi kemanusiaan di dalam kondisi darurat COVID-19.

“Karena ini adalah krisis bersama, maka kita harus kerjasama saling membantu,” lanjutnya.

Gasibu kali ini dilaksanakan di Jalan Kota Sukabumi dan Tempat Pembuangan Akhir Cikundul. Nasi bungkus yang dibagikan sebagai santap makan siang.

FPSH HAM dan GMD Sukabumi Laksanakan Gasibu

“Dalam kondisi apapun kita, yang namanya manusia maka harus mengutamakan rasa kemanusiaan juga. Ini krisis bersama, perlu kerjasama dan saling membantu, juga untuk mengatasi krisis akibat covid-19 ini,” timpal Firda Nadiah, Koordinator Wilayah GMD Kota Kabupaten Sukabumi

Aksi ini akan dilaksanakan secara bertahap, sampai COVID-19 ini dinyatakan selesai dan status Bencana Nasional dicabut.

Disamping itu, kata Firda, pihaknya juga sembari terus berupaya menyosialisasikan gerakan masker untuk semua dan selalu cuci tangan pakai sabun.

Selain program Gasibu, sebelumnya FPSH HAM Jawa Barat telah meluncurkan Program Pasagi Jabar atau Pelajar Saling Berbagi. Program tersebut sebagai upaya bersama membantu warga terdampak COVID-19.

Informasi sementara, berdasarkan update informasi Covid-19 di Kota Sukabumi, tertanggal 16 April 2020, terkonfirmasi positif 10 orang, PDP 21 orang, ODP 212.

“Semoga permasalahan COVID-19 ini cepat berakhir dan kita semua selamat dari ancaman besar kemanusiaan,” pungkasnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here