28.4 C
Indonesia
Rabu, Desember 11, 2019
No menu items!

Foto Viral Gas Air Mata Kadaluarsa, Lebih Beracun?

Wajib Baca

Lionel Messi Rajai Hattrick LaLiga Santander

Reportasee.com,- Lionel Messi kembali menjadi raja Hattrick LaLiga Santander. Ia telah menampilkan sihirnya dengan mencetak 3 gol...

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

Reportasee.com, – Foto Viral Gas Air Mata Kadaluarsa, Lebih Beracun?. Gas air mata ikut mewarnai aksi unjuk rasa di sekitar Gedung DPR pada Rabu (25/9/2019).

Tembakan gas air mata seringkali digunakan untuk meredam atau membubarkan aksi massa.

Di balik penyemprotan gas air mata yang membuat sejumlah demonstran mengalami luka. Beredar foto yang menunjukkan selongsong gas air mata kadaluarsa.

Foto Viral Gas Air Mata Kadaluarsa Tersebar di Media Sosial

Foto ini terang saja menjadi viral di media sosial Twitter. Banyak warganet yang mempertanyakan efek samping dari gas air mata yang sudah kadaluarsa. Salah satunya apakah lebih beracun atau tidak.

Peneliti serta dosen toksikologi dari Departemen Kimia FMIPA Universitas Indonesia (UI) Budiawan mengungkapkan, bila suatu bahan kimia kadaluarsa artinya fungsi atau manfaat utama dari zat tersebut telah mengalami perubahan.

Baca juga : Empat Upaya Gembosi dan Tunggangi Gerakan Mahasiswa

“Bahan kimia jika kadaluarsa artinya fungsi atau manfaat utama dari zat tersebut telah mengalami perubahan atau oksidasi. Artinya, efektivitas atau manfaatnya berkurang,”. ujar Budiawan kepada Reportasee melalui pesan singkat, Rabu (25/9/2019).

Oleh sebab itu Budiawan memastikan, gas air mata yang sudah kadaluarsa semestinya tidak lebih perih. Karena zat kimianya sudah mengalami perubahan karena teroksidasi secara kimiawi.

Tembakan gas air mata umumnya mengakibatkan rasa perih serta iritasi bila mengenai selaput mata. Gas air mata juga bisa menyebabkan sensasi menyengat pada kulit.

Budiawan menjelaskan, efek tersebut disebabkan oleh zat kimia pada gas air mata yang beberapa di antaranya termasuk golongan senyawa kimia aldehyd seperti acrolein serta chlorobenzalonitril (CS).

“Acrolein juga chlorobenzalonitril (CS) efeknya perih atau iritasi di mata,” tutur Budiawan.

Baca juga : Hendra; Kebakaran Hutan Jati di Pamarican Ciamis Harus Diusut

Dilansir Hello Sehat, gas air mata juga mengandung chloroacetophenone (CN), semprotan merica, arang, potasium nitrat, silikon, sukrosa, potasium klorat, magnesium karbonat, serta O-Chlorobenzalmalononitrile.

Dilansir Gizmodo, 14 Agustus 2014, gas air mata dirancang untuk dirasakan dalam waktu singkat, serta akan hilang tanpa efek permanen.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Toxicological Reviews pada 2013 mencapai kesimpulan bahwa “tak ada bukti kalau individu yang sehat akan mengalami efek kesehatan jangka panjang dari paparan CS (senyawa 2-chlorobenzalmalononitrile dalam gas air mata) di ruang terbuka”.

Dalam beberapa kasus, paparan gas air mata secara berlebihan dapat menyebabkan luka bakar pada kulit serta jika terkena mata bisa menyebabkan kebutaan.

Untuk orang yang mengidap asma, gas air mata dapat memicu gangguan pernapasan.***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Lionel Messi Rajai Hattrick LaLiga Santander

Reportasee.com,- Lionel Messi kembali menjadi raja Hattrick LaLiga Santander. Ia telah menampilkan sihirnya dengan mencetak 3 gol...

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel terbarunya, X30, akan diumumkan pada...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple mengungkapkan telah meningkatkan privasi di...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kota baru sedang disiapkan...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -