Fosil Dinosaurus Baru-baru Ini Ditemukan di Prancis

0
345
Fosil Dinosaurus Baru-baru Ini Ditemukan di Prancis
Foto : Fosil Dinosaurus

Fosil dinosaurus baru-baru ini berhasil ditemukan oleh Ahli paleontologi, Ronan Allain beserta timnya di situs penggalian barat daya Prancis. Sisa purba yang telah mereka temukan antara lain tulang paha sejenis Sauropoda.

Melansir dari laman CNN Indonesia, Sabtu (27/07/2019), para peneliti asal Prancis itu telah mengungkap fosil dinosaurus raksasa tersebut memiliki panjang 2 meter.

Saat ditemukan, peninggalan hewan raksasa itu hanya menyisakan bagian pelvis dan tulang paha.

Tim peneliti itu mencatat, sisa purba yang berhasil mereka temukan sama seperti temuan tulang dinosaurus raksasa pada tahun 2010 silam.

Baca:   Saturnus Miliki Medan Magnet Seperti Madu

Dalam studi sains, penemuan fosil ini merupakan evolusi suatu organisme antara dinosaurus dengan organisme lain yang erat kaitannya dengan lingkungan sekitar sebelum masehi.

Seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (27/07/2019), Allain mengungkapkan, fosil dinosaurus ini sungguh berbeda dengan sebelumnya. Ia pun takjub terhadap sisa purba hewan paling besar di dunia itu.

“Temuan ini adalah tulang dinosaurus yang paling besar, saya sungguh kagum dengan hasil temuan ini,” ungkap Allain.

Baca:   Batu Yunani Kuno Ditemukan Peneliti Ulung

Karakteristik Fosil Dinosaurus

Sisa purba yang telah tim peneliti itu temukan memiliki ukuran sepanjang 2 meter. Mereka menduga bahwa tulang paha hewan raksasa itu berasal dari spesies dinosaurus Sauropoda.

Telah diketahui, hewan tersebut memiliki ekor dan tulang yang cukup panjang. Ini merupakan salah satu jenis hewan herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan.

Meski begitu, hewan tersebut sangat berbahaya terhadap alam sekitar pada masa itu.

Baca:   Pemanasan Global Makin Hari Makin Merajalela

Menurut perkiraan mereka, lebih dari 150 juta tahun hewan raksasa itu hidup di era Jurassic akhir.

Di sisi lain, berat hewan paling besar itu diperkirakan mencapai 50 ton semasa hidupnya.

Temuan Fosil Dinosaurus Sebelumnya

Sebelumnya, fosil dinosaurus baru-baru ini bukan kali pertama ditemukan. Namun, lebih dari 7.000 sisa purba yang telah terungkap sejak tahun 2010 di daerah Kota Cognac, Prancis.

Faktanya, kurang lebih 40 spesies dinosaurus berhasil ditemukan pada masa itu.

Sisa purba jenis Sauropoda itu banyak ditemukan di semua benua. Uniknya lagi, ukuran kepala hewan tersebut lebih kecil dari pada ukuran tubuh keseluruhan. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here