32 C
Indonesia
Senin, November 29, 2021
BerandaBeritaFitur Terbaru Android di Pertengahan 2021

Fitur Terbaru Android di Pertengahan 2021

Reportasee.com – Android 12 diprediksi tidak akan terlalu banyak tersedia di banyak smartphone sampai musim gugur tahun ini atau sekitar awal tahun depan. Namun, sambil menunggu jadwal perilisanya, dikabarkan Google akan meluncurkan fitur android terbaru.

Rencananya, fitur-fitur terbaru tersebut akan hadir pada musim panas ini dan hadir dalam bentuk update seperti sistem emoji kustom terbaru di Gboard.

Selain itu, ada lagi opsi personalisasi di Android Auto dan memperluas fitur peringatan darurat jika terjadi bencana seperti gempa. Berikut merupakan pembahasan lengkapnya yang bisa kamu simak sampai akhir.

Menandai Pesan di Aplikasi Messages

Untuk memudahkan penggunanya dalam menandai pesan-pesan penting, Google menambahkan fitur android terbaru untuk menandai pesan.

Fitur tersebut hadir di aplikasi perpesanan default mereka yaitu Messages. Dengan ini, pengguna dapat dengan mudah melihat pesan penting yang sudah mereka tandai sehingga tidak perlu lagi mencarinya secara manual.

Untuk melakukanya, pengguna hanya perlu untuk menekan dan menahan pesan yang ingin dia tandai lalu mengklik ikon “bintang”. Jika pesan sudah ditandai, maka pengguna dapat menemukanya di bagian tersendiri yang terurut berdasarkan kategori.

Enkripsi End-to-end di Messages

Sebelumya Google telah memberi dukungan enkripsi end-to-end pada provider yang mendukung protocol RCS. Sekarang, Google telah turun tangan sendiri dan mengimplementasikan enkripsi tersebut langsung ke aplikasi Messages.

Namun, fitur android terbaru tersebut hanya berlaku untuk percakapan satu lawan satu, alias untuk pesan grup tidak terenkripsi.

Google juga menjelaskan bahwa enkripsi mereka akan memastikan tidak akan ada orang yang tidak bertanggung jawab yang akan melihat pesan penggunanya. Ketika pesan tersebut terkirim dari satu perangkat ke perangkat lainya.

Peringatan Gempa Tersedia di Lebih Banyak Negara

Melalui postingan pada blog resminya, Google telah mengumumkan bahwa mereka memperluas fitur peringatan gempa ke lebih banyak negara seperti Filipina, Turki, Kirgizstan, Kazakhstan, Turkmenistan, Tajikistan dan Uzbekistan. Sebelumya di akhir bulan April, mereka juga membawa fitur yang sama ke Yunani dan Selandia Baru.

Fitur terbaru android ini Bernama Earthquake Alerts System yang menggunakan sensor accelerometer pada perangkat android dan mengubahnya menjadi seismometer mini. Nantinya, data tersebut akan terkumpul dan diverifikasi untuk memastikan bahwa gempa benar-benar terjadi atau tidak.

Lebih Banyak Opsi Kustomisasi di Android Auto

Google telah menambahkan lebih banyak opsi kustomisasi di Android Auto. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya untuk bisa mengustomisasi halaman layar utama smartphone dan mengatur mode gelapnya secara manual.

Selain itu, tersedia berbagai jenis aplikasi atau media yang mendapat tab baru untuk melakukan browsing jenis-jenis konten yang lebih mudah.

Lebih lanjut, mereka juga menambahkan tombol A-Z pada bagian scroll bar, opsi “back to top” untuk melakukan navigasi yang lebih mudah dan dukungan peluncuran aplikasi perpesanan tertentu langsung dari layar Android Auto.

Terakhir, Android Auto mendapatkan jenis akses ke berbagai jenis aplikasi terbaru seperti aplikasi navigasi, parker dan EV charging.

Mengakses Aplikasi Langsung Melalui Suara

Salah satu fitur terbaru android menarik lainya yaitu dukungan untuk mengakses langsung aplikasi melalui suara. Nantinya, pengguna bisa mengatakan seperti, “Hallo Google, berapa KM yang sudah saya tempuh di Strava”.

Setelah itu, aplikasi Strava akan otomatis terbuka dan menampilkan informasi terkait langsung melalui lock screen perangkat.

Selain aplikasi Strava, masih banyak aplikasi lainya yang mendukung fitur Voice Access ini dan penggunanya dapat mengetahui hanya dengan mengatakan, “Hei Google, Shortcuts”.

Voice Access yang Mendeteksi Tatapan

Tidak hanya memungkinkan penggunanya untuk melakukan navigasi melalui suara, nantinya Voice Access ini akan dibekali dengan fitur pendeteksi tatapan atau gaze detection.

Melalui fitur tersebut Voice Access bisa melihat apakah penggunanya sedang menatap perangkat laptop mereka untuk memastikan bahwa suara yang mereka telah keluarkan, apakah merupakan bentuk perintah atau hanya sekedar obrolan dengan orang lain.

Selain itu, terdapat input password pada Voice Access yang telah disempurnakan yang memungkinkan penggunanya untuk “mengetikkan” password berupa angka, huruf atau symbol melalui suara.

Peningkatan di Emoji Kitchen

Bagi yang belum mengetahuinya, Emoji Kitchen adalah fitu yan memungkinkan penggunanya untuk menggabungkan dua emoji untuk membuat satu emoji unik.

Nah, Google telah memberi peningkatan terbaru pada fitur ini dan memberi dukungan berupa saran atau suggestion pada Gboard berdasarkan pesan yang sedang pengguna ketik.

Saat ini, fitur terbaru android ini sudah tersedia bagi pengguna Gboard di channel beta. Namun, khusus untuk publik baru akan hadir pada musim panas ini. Sekarang, fitur keren satu ini baru bisa bekerja untuk bahasa Inggris, Portugis dan Spanyol.

Itulah pembahasan-pembahasan mengenai fitur-fitur terbaru yang akan hadir pada perangkat android di musim panaa ini. Bagi kamu sendiri, kira-kira fitur apa yang ingin kamu harapkan untuk segera tersedia di Android?

TERKAIT
- Advertisment -

TERBARU

Video Mahasiswa KKN UNJA Menghina Desa, Ini Fakta Sebenarnya!

Reportasee.com - Mahasiswa KKN asal Universitas Jambi (UNJA) beberapa waktu lalu sempat...

Bens Leo Meninggal Dunia Akibat Terpapar Covid-19

Reportasee.com - Bens Leo yang terkenal sebagai pengamat musik sekaligus wartawan meninggal...

Mengetahui Lambang Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa

Reportasee.com - Lambang Pancasila menjadi salah satu informasi penting yang wajib generasi...

Film Rentang Kisah Menjadi Film Terfavorit Penghargaan IMA Awards 2021

Reportasee.com - Film Rentang Kisah merupakan salah satu tayangan populer yang rilis...

Virgil Abloh Direktur Artistik Louis Vuitton Meninggal Dunia Karena Kanker

Reportasee.com - Virgil Abloh meninggal dunia pada hari Minggu tanggal 28 November...