DP2KBP3A Ciamis Gelar Pelatihan Manajemen Kasus Bagi SDM UPTD PPA

Advertisement

Reportasee – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Ciamis, menggelar kegiatan Pelatihan Manajemen Kasus bagi SDM UPTD PPA di Audotorium Stikes Mucis, Kamis (10/11/2022).

Drs. H. Mokh. Syaiful Bakhri, M.Si, Plt Kepala Bidang PPA mengatakan, tujuan kegiatan pelatihan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UPTD P5A, se Kabupaten Ciamis, dalam upaya pencegahan dan penanganan terhadap kekerasan perempuan dan anak.

Kegiatan pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas sumber daya petugas dalam pengelolaan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Para petugas di UPTD P5A harus paham tentang alur dan tahapan dalam penanganan korban kekerasan baik terhadap perempuan ataupun anak,” ujar Syaiful.

Menurutnya, Kepala UPTD P5A bersama jajarannya merupakan bagian dari Satuan Tugas atau Satgas PPA.

Advertisement

“Jadi UPTD P5A punya tugas memberikan layanan bagi kaum perempuan dan anak yang mengalami masalah kekerasan dan diskriminasi, kemudian memberikan perlindungan khusus, membuka layanan pengaduan masyarakat, pengelolaan kasus, penjangkauan korban, penampungan sementara, menjadi penengah (mediasi) dan juga melakukan pendampingan terhadap korban,” jelas Syaiful.

Lanjutnya, penanganan dan permasalahan terhadap perlindungan perempuan dan anak, mesti dilakukan secara komprehensip dan berkelanjutan.

Maka, untuk mewujudkan perlindungan perempuan dan anak, khususnya mengenai pengelolaan kasus kekerasan, DP2KBP3A Ciamis melaksanakan kegiatan pelatihan manajemen kasus bagi SDM UPTD PPA.

Adapun para pesertanya yakni Kepala UPTD P5A, para penyuluh KB, P3K, TPD, Teladan KB dan Tenaga Motekar se Kabupaten Ciamis, dengan total peserta 200 orang. (Ferry)

Show More
Advertisement