Doris Day Meninggal Dunia di Usia 97 Tahun

0
223
Doris Day, aktris legendaris Hollywood era tahun 1950-1960
Foto : Doris Day

INTERNASIONAL,- Doris Day Meninggal Dunia. Doris Day, aktris legendaris Hollywood era tahun 1950-1960, dikabarkan meninggal dunia. Aktris, penyanyi sekaligus aktifis pecinta hewan itu meninggal di usia 97 tahun, di kediamannya, di Camerl Valley, California.

Doris Day Animal Foundation, Badan Amal yang dikelola Doris Day, mengungkapkan, Doris Day didiagnosa mengidap penyakit pneumonia yang cukup serius. Namun sebelum meninggal, di usianya ke 97, kondisinya terbilang baik.

Dilansir dari berbagai sumber, pada masanya, Doris Day merupakan aktris yang sangat tenar. Dia bermain di sejumlah film-film besar seperti “Pilow Talk”, “Calamity Jane” dan “Love Me or Leave Me”.

Dia juga menjadi orang yang terpilih menyanyikan lagu “Que Sera Sera”, lagu orisinil karya Alfred Hitchcock, “The Man Who Knew Too Much”.

Pada tahun 1965, lagu ini berhasil memenangkan piala Oscar sebagai Best Original Song. Selang kemudian, lagu ini diangkat menjadi tema sinetron komedi “The Doris Day Show”.

Dalm dunia keaktrisannya, Day masuk nominasi aktris pendukung terbaik pada Academy Awards 1960. Nominasi itu berkat penampilannya di film “Pillow Talk” bersama Rock Hudson.

Pada Bulan April 1922, Day terlahir sebagai Mary Ann Von Kappelhoff, penyanyi profesional berusia 15 tahun.

Lagu hit pertamanya, berjudul “Sentimental Journey”, yang kemudian dirilis tahun 1945. “Sentimental Journey” menjadi lagu homecoming bagi tentara Amerika yang berperang di Perang Dunia ke II.

Penulis lagu Styne dan Sammy Cahn, merokemendasikan Day ke Warner Bros. Disana, Day menjadi pemeran utama dalam film “Romance on the High Seas”.

Doris Day Meninggal Dunia

Rekomendasi itu keluar setelah Day berhasil menyanyikan lagu “Embraceable You” karya Styne dan Sammy Cahn.

Pada debut layar lebar tahun 1948 di Warner Bros, Day berhasil memberikan kesan terbaik bagi sutradara Michael Curtiz. Setelah itu, Day banyak mendapatkan kontrak film dengan Warner Bros.

Day pun berhasil membintangi sejumlah film besar, diantaranya seperti Calamity Jane, Lucky Me, dan Young at Heart. Dan di film terakhir, dia beradu akting dengan Frank Sinatra.

Dan film paling sukses yang diperankan Day adalah “Love Me or Leave Me” pada tahun 1955.

Era tahun 1950 sampai 1960 merupakan periode kesuksesan terbesar bagi Day. Day bersama Hudson berhasil membintangi tiga film box office.

Pada masa itu, Day dua kali melakukan kolaborasi dengan James Garner pada film “The Thrill of It All” dan “Move Over, Darling” pada tahun 1963.

Sayangnya, Day malah terlilit hutang di masa kejayaannya sebagai bintang Hollywood. Hal itu terjadi lantaran suami ketiganya, Martin Melcher, menghabiskan hasil jerih payah Day selama itu.

Sejak suaminya meninggal, tahun 1968, Day kemudian beralih menjadi pembawa acara The Doris Day Show sampai tahun 1973. Semasa itu, Day tidak lagi di dunia laya lebar, dia beralih menjadi bintang televisi.   

Pada tahun 1985, Day kembali terlihat menjadi bintang televisi. Dia menjadi pembawa acara Doris Day’s Best Friends untuk 26 episode. Setelah itu, dia tidak pernah lagi muncul dalam film.

Day belakangan diketahui fokus menjadi aktifis kesejahteraan dan fokus pada perlindungan binatang. Di masa-masa terakhirnya, Day dikenal tertutup sebelum akhirnya muncul tahun 1989, karena mendapatkan penghargaan di Golden Globe. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here