27 C
Indonesia
Sabtu, Februari 29, 2020
No menu items!

Digeruduk Mahasiswa, Ketua DPRD Jember Janji Teruskan Tuntutan ke Senayan

Wajib Baca

Singkronisasi Kurikulum, SMKN 2 Ciamis Buka Program Studi 4 Tahun

Siswa SMKN 2 Ciamis Melakukan Praktek Produksi Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur

Sedan All New K5 dari Kia Terlihat Kokoh

Reportasee.com - Sedan All New K5 dari Kia terlihat kokoh. Pada perkembangan teknologi yang semakin modern, negara...

Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat

Reportasee.com - Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat. Sebuah tempat wisata kelas...

Reportasee.com – Elemen mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Jember turun ke jalan jilid 2 mendesak DPRD Kabupaten Jember bersama mahasiswa menandatangani beberapa tuntutan yang dikirim ke Jakarta.

Korlap aksi, Andi Saputra mengatakan dalam aksinya, situasi kemanusiaan ditingkat global semakin memprihatinkan. Hal itu mengacu pada kenyataan, yang mana negara harusnya menjamin kehidupan rakyatnya secara bebas, aman dan tentram.

“Kenyataannya banyak hal yang justru terjadi berbalik arah. Seperti terlihat dari situasi usaha penindasan modern yang dilakukan dalam birokrasi, korporasi, aparat serta korupsi yang semakin mewabah diseluruh kehidupan elit pemerintah,” katanya, Selasa (1/09/2019) di kantor DPRD setempat.

Tak hanya itu, lanjut Andi, pelanggaran HAM yang dilakukan secara perseorangan atau kelompok, termasuk aparat negara baik disengaja maupun karena kelalaian, pemerintah dan penegak hukum masih enggan menyelesaikannya serta menindak tegas pelaku.

“Pelanggar HAM masih dapat lolos dan bahkan memiliki kehidupan layak dilingkungan mereka. Lalu dimana janji pemerintah yang akan menyelesaikan kasus tersebut. Kenyataan yang pedih juga mengacu pada usaha pemerintah untuk menindas rakyat melalui eksploitasi sumber daya alam dengan cara besar-besaran,” imbuhnya.

Aliansi Mahasiswa Jember

Tuntutan Aliansi Mahasiswa Jember

Untuk itu Aliansi Mahasiswa Jember mendesak; menghentikan segala bentuk tindakan represif dan kriminalisasi gerakan aksi pelajar, mahasiswa dan rakyat.

Menolak RUU pertanahan, mendesak pemerintah pusat untuk segera menanggulangi bencana dan menyelamatkan korban, menangkap, mengadili pengusaha dan korporasi pembakaran hutan, serta mencabut dan menghentikan HGU dan hentikan pemberian izin baru bagi perusahaan besar perkebunan.

Mendesak pemerintah menerbitkan PERPU terkait UU KPK, menarik seluruh komponen militer, usut tuntas pelanggaran HAM dan membuka ruang demokrasi seluas-luasnya di Papua.

Menuntaskan pelanggaran HAM dan HAM berat serta adili penjahatnya serta mendesak Presiden untuk menerbitkan PERPU terkait sistem budidaya pertanian berkelanjutan.

Ketua DPRD Jember, Itqon Syauqi, menerima 7 tuntutan mahasiswa kemudian menyetujui usulan tersebut dan membubuhkan tanda tangan di atas kertas tuntutan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Jember itu. Dia sempat manyampaikan agar mahasiswa tetap menjaga kondusifitas dan tidak merusak fasilitas.

“Yakinlah teman-teman semua bahwa DPRD Jember akan terus dan selalu bersama mahasiswa. Apapun aspirasi dari mahasiswa, kalau demi kesejahteraan rakyat kami siap menandatangani surat kesepakatan itu,” ungkapnya.

Pihaknya akan menampung dan menindaklanjuti hasil tangkapan aspirasi masyarakat yang diwakili oleh mahasiswa tersebut. Untuk itu, Itqon Syauqi akan membawa hasil kesepakatan bersama yang sudah ditanda tangani ke DPR pusat.

“Kami menyerap aspirasi dan akan menindaklanjuti tujuh tuntutan aspirasi masyarakat, karena mereka representasi dari mahasiswa di Jember. Tentu kami akan menindaklanjuti itu supaya sampai ke DPR RI di Senayan,” pungkasnya. ***

- Advertisement -
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Singkronisasi Kurikulum, SMKN 2 Ciamis Buka Program Studi 4 Tahun

Siswa SMKN 2 Ciamis Melakukan Praktek Produksi Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur

Sedan All New K5 dari Kia Terlihat Kokoh

Reportasee.com – Sedan All New K5 dari Kia terlihat kokoh. Pada perkembangan teknologi yang semakin modern, negara ginseng atau Korea terkenal dengan pabrik mobil ternama yaitu Kia. Kia memproduksi mobil terbaru, salah satunya sedan All New K5.  Mobil sedan dengan jenis ini semakin sporty dan elegan. Penasaran seperti apakah desain dan performanya, berikut ini ulasannya. […]

Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat

Reportasee.com - Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat. Sebuah tempat wisata kelas dunia yang harus Anda kunjungi...

Oleh-Oleh Khas Jogja, Ini Rekomendasinya

Reportasee.com - Oleh-Oleh Khas Jogja, Ini Rekomendasinya. Jogja, kota dengan sejuta pesona alam dan budaya. Jogja menjadi salah satu destinasi wisata yang...

Curug Cigamea, Objek Wisata Alam Indah dan Sejuk

Reportasee.com – Curug Cigamea, Objek Wisata Alam Indah dan Sejuk. Curug Cigamea merupakan salah satu objek wisata alam air terjun yang berlokasi...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -