Di Kabupaten Madiun, Ini Kecamatan Rawan Bencana

0
66
Di Kabupaten Madiun, Ini Kecamatan Rawan Bencana
Di Kabupaten Madiun, Ini Kecamatan Rawan Bencana

Tim Reportasee.com berhasil mengungkap berita bahwa sejak tahun 2018 silam sudah banyak bencana yang sering terjadi di Kabupaten Madiun. Salah satu bencana tersebut yaitu kebakaran.

Berdasarkan sejumlah laporan, ada beberapa kecamatan yang hingga kini rawan terkena bencana tersebut. Diantaranya Kecamatan Dolopo, Jiwan, Pilangkenceng dan Wungu.

Kepala Bidang Transportasi dan Penertiban Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja (Trantibmas Satpol PP) Kabupaten Madiun, Krisna Setiyawan, mengungkapkan bahwa terjadinya bencana tersebut bukan merupakan bencana alam.

Melainkan dari kesalahan para warga sekitar yang lupa mematikan kompor dan alat listrik.

“Intinya bencana yang menimpa daerah yang berdekatan dengan hutan tersebut murni kesalahan manusianya. Bukan terjadi karena faktor alam,” kata Krisna kepada wartawan, Kamis (04/04/2019).

Dalam beberapa tahun terakhir, 4 kecamatan tersebut telah berhasil dilakukan pemetaan dan merupakan kecamatan yang sering mengalami bencana kebakaran.

Wilayah yang paling sering mengalami bencana tersebut yaitu Kecamatan Pilangkenceng dan Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Hal itu lantaran lokasinya berada persis di dekat hutan.

Menurut laporan dari beberapa sumber, di Kabupaten Madiun telah tercatat bahwa terdapat 5 bencana kebakaran mulai dari bulan Januari sampai Maret tahun 2019.

Krisna juga menyatakan bahwa hanya ada tujuh orang saja dari 69 personel Operator Pemadam Kebakaran (OPD) Satpol PP Madiun yang berwenang akan tugas tersebut. Yang pasti ini merupakan tugas terberat yang pihaknya ampu untuk mengatasi bencana kebakaran.

“Ada 15 kecamatan di Kabupaten Madiun yang harus tercover oleh OPD tersebut, apabila saat itu terjadi bencana kebakaran,” ungkapnya.

Hingga saat ini, pihaknya tengah mengadakan hubungan kerjasama dengan pihak pemadam kebakaran dari Kota tetangga/ terdekat. Dengan tujuan, apabila bencana itu datang, maka yang jelas masalah tersebut secepatnya bisa teratasi.

Sejauh ini, pihaknya masih mengajukan tambahan armada pemadam kebakaran kepada Bupati Kabupaten Madiun. Karena idealnya, paling tidak dibutuhkan enam unit armada untuk bisa mengatasi masalah bencana kebakaran yang terjadi di beberapa Kecamatan tersebut. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here