32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaDesain Rumah Modern, Temukan Ciri Khasnya Disini

Desain Rumah Modern, Temukan Ciri Khasnya Disini

Ini Dia Ciri Desain Rumah Modern Berikut Modelnya. Rumah modern merupakan rumah yang desainnya masih menjadi pilihan kebanyakan masyarakat saat ini.

Gaya hidup minimalis menjadi semakin tren belakangan ini. Semakin banyak orang yang mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk pada saat mendesain hunian. Rumah minimalis memang lebih ideal pada zaman sekarang karena lahan untuk tempat tinggal semakin lama semakin menyempit.

Ciri khas paling utama dari rumah berkonsep minimalis adalah desain yang simpel. Memiliki furnitur yang tepat guna, dan kesan yang lebih lega. Memiliki hunian yang minimalis tentu sangat menyenangkan karena rumah biasanya terlihat lebih rapi setiap saat.

Konsekuensinya, Anda harus rela menyingkirkan barang-barang yang kurang fungsional.

Jika Anda berpikir untuk memiliki rumah besar yang modern, cantik dan mengesankan, penuh dengan berbagai elemen yang berbeda, sebaiknya Anda berpikir ulang.

Rumah minimalis kecil dan desain kreatifnya dengan denah rumah 2 kamar dan 3 kamar berikut ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana membuat desain rumah modern yang sederhana, namun mengesankan dan nyaman.

Kebanyakan orang berangan-angan tentang rumah minimalis mewah yang besar. Hal ini sering kali dirancang secara berlebihan dengan berbagai gaya, kombinasi warna, pilihan detail, furnitur, dan lain-lain.

Namun, kebanyakan orang hanya mampu membeli satu rumah seumur hidup mereka. Sehingga biasanya mereka akan berupaya semaksimal mungkin untuk memperoleh segala sesuatu yang mereka idamkan. Tanpa menyadari bahwa Anda menciptakan kekacauan dan hasil akhir yang tidak Anda inginkan.

Rumah modern  menciptakan kesan yang mengkilap dan modern serta memiliki karakteristik dengan warna-warna cerah pada pilihan perabotan atau dekorasi interiornya. Walaupun bahan materialnya cenderung natural dan banyak menggunakan garis yang berliuk. Lebih lanjut berikut ciri khas dari desain rumah modern.

Menggunakan Warna-warna Netral yang Dominan

Warna-warna netral akan sangat dominan jika Anda memilih rumah dengan desain modern. Biasanya warna tersebut Anda gunakan pada dinding rumah dengan penggunaan cat yang hanya dipadukan oleh 2 atau 3 warna saja.

Walau begitu, warna-warna tersebut tetap fokus kepada konsep netral dan memiliki spektrum yang hampir sama.

Perabotan dengan Ciri Desain Bersih

Ragam perabotan untuk desain rumah modern sebenarnya bebas Anda pilih. Namun biasanya kesan modern bisa terlihat jika perabotan tersebut terbuat dari bahan-bahan yang mudah Anda bersihkan.

Itulah sebabnya mengapa pilihan perabotan untuk bagian dalam rumah modern kebanyakan berbahan besi dan kaca. Hal ini karena kedua bahan tersebut mudah untuk dibersihkan.

Gaya Dekorasi yang Ikonik

Ada hal yang paling menarik dari rumah modern jenis ini adalah gaya dekorasinya yang ikonik. Apa saja yang menjadi ikonik dari rumah berdesain modern? Hal yang pertama bisa Anda lihat berasal dari pajangan yang menghiasi rumah jenis ini, biasanya pilihan bentuk pajangannya asimetrik dan melengkung.

Baca:  Pemilihan Ketua Balad Galuh, Ghozin Siap Bangun Citra Positif

Beberapa bentuk pajangan juga bisa berupa pajangan gantung atau lukisan dengan gambar abstrak atau bentuk graphic lainnya dengan beberapa pola geometris yang mengikutinya.

Baca:  Destinasi Wisata Kawah Putih Ciwidey di Selatan Bandung Jabar

Selain karakteristik dan ciri khas desain rumah modern di atas, beberapa daerah bahkan tempat di dunia punya model atau jenisnya sendiri. Berikut beberapa model dan gaya rumah modern.

Gaya Rumah Modern Tropis

Jenis rumah modern ini biasanya memiliki bentuk atap segitiga. Desain rumah ini juga punya pencahayaan yang baik, tentunya dengan adanya sebuah jendela besar. Hal ini agar sirkulasi udara bisa berganti dengan baik. Dan karena rumah tropis berada di iklim yang tentu saja tropis dan hangat. Jadi penting untuk rumah modern tropis memiliki jendela yang besar.

Tak hanya itu, khusus jendela di rumah tropis, tetap perhatikan arah mata angin, jangan sampai Anda salah meletakkan jendela dengan dindingmya yang menghadap ke barat. Hal ini malah justru akan membuat panas kondisi rumah Anda.

Gaya Arsitektur Rumah Modern

Istilah untuk ‘arsitektur’ rumah modern sebenarnya sudah ada sejak tahun 1950 – 1960an. Ciri khusus dari arsitektur modern ini dapat Anda lihat dari ornamen-ornamen atau hiasan yang didominasi oleh garis-garis persegi panjang.

desain rumah modern
fastwork

Selain itu atap untuk desain rumah modern bisa Anda buat dengan struktur yang rata, datar dan rendah,  dengan dinding berwarna netral seperti putih dan tetap keberadaan jendela yang besar masih menjadi ciri khas rumah jenis ini, tentunya dengan posisi jendela dibuat secara horizontal.

Yang membedakan rumah ini dengan yang lain adalah penggunaan bahan meterialnya yang cenderung mahal dan berkualitas tinggi, biasanya menggunakan marmer untuk lantainya, beberapa panel kayu sebagai pemanis dan batu alam untuk ornamen tambahan di luar ruangan.

Gaya Arsitektur “Modern Glass House”

Ada yang unik dari desain rumah ini, karena bernama modern glass house, aka rumah ini dominasi dengan bahan kaca. Walau begitu tetap untuk struktur atap tetap terbuat datar dan rendah.

Kesan mewah dan elegan dapat Anda miliki, jika memilih model desain rumah ini, bukan hanya banyaknya intensitas cahaya yang masuk ke rumah, tetapi juga karena konsepnya yang mengadaptasi bangunan rumah kontemporer.

Demikian beberapa jenis atau model desain rumah modern yang bisa Anda jadikan referensi. Setiap orang tentu punya desain rumah favoritnya masing-masing, mana yang menjadi favorit Anda?

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer