Dengan Aerogel, Planet Mars Bakal Layak Dihuni

0
363
Dengan Aerogel, Planet Mars Bakal Layak Dihuni
Foto : Aerogel

Aerogel bakal memungkinkan Planet Mars untuk dihuni manusia di masa depan. Studi yang telah dikemukakan oleh beberapa ilmuwan di Nature Antronomy, Senin (15/07/2019) menjelaskan, benda tersebut sejenis asap beku atau bahan padat.

Melansir dari laman TEMPO.CO, Rabu (24/07/2019), NASA (The National Aeronautics and Space Administration) atau Lembaga Antariksa Amerika Serikat menggambarkan, aerogel bisa membuat Planet Mars layak untuk dinuhi.

Dalam studi itu, aerogel terbentuk dari zat senyawa silika yang berasal dari kumparan kaca. Benda ini memiliki bentuk serupa awan.

Selain itu, benda tersebut juga bisa terbuat dari udara ringan. Sehingga cahaya bisa memungkinkan lewat dari benda itu agar manusia mampu benapas di Planet Mars.

Meski begitu, radiasi sinar ultraviolet akan terhalang. Hal ini akan cukup membahayakan manusia selama menuju ke Planet itu.

Sebaran Aerogel di Planet Mars

Profesor Ilmu Lingkungan dan Teknik di Harvard University, Robin Wordsworth menyatakan, sebaran aerogel akan memberi dampak bagus terhadap kelangsungan hidup di Planet Mars.

Ini merupakan salah satu solusi terbaik bagi manusia yang ingin tinggal lebih lama di Planet tersebut. Cukup menyebarkan kumparan benda itu saja, maka kehidupan bisa berlangsung di area itu.

Manusia yang akan kesana cukup menyebarkan benda tersebut. Ini mendandakan bahwa mereka bisa tinggal tanpa memerlukan bantuan ilmu Fisika, Teknologi dan alat canggih lainnya.

Karena yang pasti, akan ada air cair permanen di bawah dan di lapisan permukaan Planet itu.

Harus Ada Lapisan Aerogel di Planet Mars

Selain itu, para ilmuwan Universitas Edinburgh, Skotlandia bekerja sama dengan Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA dari Harvard University mengusulkan, harus ada 3 cm lapisan aerogel di atas permukaan Mars.

Mereka bereksperimen, lampu dan lapisan aerogel bakal digunakan untuk mensimulasikan sinar Matahari yang ada di Planet Mars menjadi 65°C. Dengan suhu ini, es di Planet itu akan meleleh sehingga dapat melangsungkan kehidupan bagi manusia.

Ilmuan JPL NASA, Laura Keber menyatakan, Planet Mars adalah golongan Tata Surya yang juga layak untuk dihuni. Meski begitu, Planet itu bukan tempat yang paling tepat bagi manusia. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here