Curug Panganten Ciamis, Sensasi Terjun di Ketinggian 10 Meter

0
1064
Curug Panganten Ciamis, Sensasi Terjun di Ketinggian 10 Meter

Reportasee.com – Curug Panganten di Dusun Cukang Uncal, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis bisa menjadi salah satu opsi tujuan rekreasi yang refresentatif.

Dengan panorama alamnya yang masih asri, Curug Panganten menyuguhkan aliran air terjun dengan ketinggian delapan meter.

Curug ini juga memiliki kubangan sungai sedalam empat meter. Ini memungkinkan para pengunjung bisa loncat di ketinggian batuan sungai setinggi sepuluh meter.

Selain itu, akar dari pepohonan yang merambah di pesisian sungai dapat dijadikan ornamen tambahan bagi para pengunjung untuk memanjat bebatuan.

Baca Juga: Lagi Hits! Tempat Wisata Terbaru di Ciamis

Lokasi Curug Panganten

Jalur jalan untuk menuju lokasi Curug Panganten tidak sulit untuk dilalui. Kendaraan roda dua bisa parkir sekitar 300 meter dari Curug.

Selain itu, sepanjang perjalanan rekreasi ke lokasi, pengunjung akan disuguhi panorama alam yang asri, aliran sungai jernih dari Gunung Sawal dan aktifitas masyarakat yang menggarap sawah.

Warga setempat, Enju Juhana, mengatakan, lokasi Curug Panganten baru ini ditemukan oleh warga, kemudian ramai dikunjungi untuk rekreasi karena keasrian tempatnya.

Menurut Enju, baru-baru ini banyak warga dari luar daerah berkunjung ke Curug Panganten.

“Ada orang Bandung yang berenang disini, mungkin mereka foto-foto dan diunggah ke media sosial, jadi banyak yang kesini,” ucapnya, Selasa (07/01/2020)

Enju menjelaskan, air terjun ini dinamai Curug Panganten karena sekitar 100 meter dari air terjun terdapat pertemuan antara aliran Sungai Cipanyeseuhan dan Cileueur.

Menurut dia, tidak ada cerita mitos apalagi mistis. Bagi warga sekitar, curug ini memang sering menjadi tempat peristirahatan atau sekedar bersih-bersih petani setelah pulang menggarap sawah.

Curug ini, kata Enju, memang belum dikelola secara resmi oleh pemerintah maupun warga. Namun, rencana pengelolaannya sudah dibahas oleh kalangan pemuda Tanjungsari.

“Insyaalloh kedepannya akan dikelola dengan memperhatikan dan mempertahankan keasrian alam yang ada di sekitar Curug Panganten,” paparnya.

Baca Juga: Alun-alun Ciamis Ikon Sekaligus Wajah Kabupaten Ciamis

Pengunjung Merasa Puas

Sementara itu, salah satu pengunjung asal Banagara Kabupaten Ciamis, Dadang Nenjo, mengaku puas setelah sampai di Curug Panganten.

Menurut Dadang, rasa lelah selama di perjalanan terbayar lunas saat sampai di lokasi.

“Alamnya yang elok, udara sejuk, air Jernih dan suasana masyarakat setempat yang sahaja, membuat lelah penat kerja terasa hilang,” katanya.

Terlebih, Dadang menambahkan, setelah ia berenang dan merasakan langsung air Curug Panganten. Airnya asli dari gunung, dan badan langsung fresh, alhamdulilah,” ucapnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.