Ciri Ciri Insomnia, Anda Pernah Mengalaminya?

0
41
Ciri Ciri Insomnia

Reportasee.com – Ciri ciri Insomnia, Anda Pernah Mengalaminya?Banyaknya aktivitas di luar rumah membuat badan terasa lelah dan butuh energi untuk memulihkannya.

Bisa dilakukan dengan cara makan dan istirahat yang cukup. Namun ada sebagian orang yang kesulitan tidur padahal ia sangat kelelahan.

Hal tersebut disebut dengan istilah insomnia. Lalu apa sajakah ciri- ciri insomnia? Jika Anda mengalaminya, maka segeralah untuk mengatasi hal tersebut.

Sulit Tertidur

Ada dua jenis insomnia, yakni akut dan kronis. Insomnia akut terjadi pada orang yang kesulitan tidur namun hanya di malam-malam tertentu saja.

Hal ini disebabkan karena banyaknya pikiran dari seseorang itu misalnya sedang mengalami suasana berduka.

Kedua adalah insomnia kronis yakni jika Anda mengalaminya selama tiga malam per minggu dan hal tersebut terjadi terus hinggal bulan ketiga.

Jika Anda mengalami insomnia maka akan mengalami yang namanya sulit tertidur. Tidak peduli seberapa lelah tubuh dan pikiran Anda, mata akan sulit terpejam.

Jika Anda mengalaminya maka kenalilah apakah termasuk ke dalam insomnia akut atau kronis.

Terbangun Malam Hari dan Sulit Tidur Kembali

Ciri ciri insomnia yang selanjutnya adalah biasanya Anda akan terbangun pada tengah malam dan ketika mencoba untuk tidur maka akan sulit.

Tidur cepat memang impian semua orang, namun apabila Anda mengalami insomnia secara terus menerus maka hendaklah memeriksakan diri ke dokter.

Kurang Bertenaga

Kesulitan untuk tidur di malam hari tentu akan mengganggu aktivitas di keesokan harinya.

Tubuh seperti sebuah ponsel sehingga membutuhkan daya untuk menggunakannya. Apabila dayanya lemah maka ponsel tidak akan bisa menjalankan fungsinya.

Begitu pula dengan tubuh, jika malam harinya Anda sulit tidur maka ketika bangun di pagi hari, energi pada tubuh tidak terisi penuh.

Akibatnya aktivitas Anda jadi terbengkalai karena merasakan kantuk yangt teramat sangat serta merasa kelelahan.

Anda harus benar- benar mempehatikan hal tersebut karena sangat penting untuk kesehatan diri.

Mood yang Berubah-Ubah

Ciri ciri insomnia berikutnya adalah Anda akan memiliki mood yang berubah-ubah. Kelelahan yang terjadi akibat kesulitan tidur di malam harinya akan mempengaruhi mood Anda.

Biasanya Anda akan bersemangat ketika di kantor atau saat di kelas, namun hal itu tidak akan terjadi karena mood Anda buruk.

Akan tetapi jika Anda jarang mengalami insomnia maka hal tersebut bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan, karena bisa saja sedang banyak pikiran.

Misalnya tugas kuliah yang sangat menumpuk atau hutang kepada teman yang belum terbayarkan.

Seseorang akan mudah tertidur dalam jangka waktu kurang dari setengah jam, namun hal tersebut tidak berlaku bagi para penderita insomnia.

Mereka membutuhkan waktu yang lebih dari itu untuk bisa terlelap dan bisa saja lebih dari tiga kali bangun di tengah malam. ***

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here