32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaCara Mengurangi Efek Radiasi Ponsel

Cara Mengurangi Efek Radiasi Ponsel

Setiap hari mungkin Anda tidak bisa lepas dari yang namanya ponsel sebab dengan adanya gadget bisa memudahkan berbagai macam pekerjaan. Tetapi masih sedikit orang yang tahu bahwa HP juga bisa membawa radiasi. Di bawah ini ada beberapa cara mengurangi efek radiasi agar Anda tetap aman.

Sering Menggunakan Fitur SMS

Apabila Anda ingin bertukar pesan dengan seseorang tetapi tidak ingin terkena radiasi dari ponsel sebaiknya berhenti sebentar menggunakan sosial media dan beralih ke fitur SMS. Hingga saat ini ponsel masih memiliki fitur SMS yang bisa pengguna gunakan dalam bertukar pesan.

Walaupun Anda harus mengeluarkan biaya untuk membeli pulsa tetapi cara ini cukup efektif agar tidak terlalu terpapar radiasi dari ponsel. Selain itu, adanya fitur ini juga membantu Anda agar bisa mengatur jarak tubuh dengan kepala.

Menggunakan HP di Ruangan yang Lebih Luas

Cara kedua agar Anda terhindar dari paparan radiasi ponsel adalah menggunakan HP di ruangan yang lebih luas. Jika Anda sedang berada di tempat yang sempit seperti lift dan mobil lebih baik jangan menggunakan ponsel selain itu menghindari radiasi, hal ini juga dapat menjaga keselamatan diri.

Ketika Menelpon Usahakan dengan Menggunakan Telinga Secara Bergantian

Cara mengurangi efek radiasi yang berikutnya adalah ketika Anda harus menelpon seseorang dalam jangka waktu panjang, sebaiknya menggunakan telepon dengan telinga secara bergantian. Hal ini karena untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dari berbagai macam penyakit.

Penyakit seperti tumor otak dan kanker kelenjar itu sebabnya biasanya adalah adanya radiasi yang menyebar melalui telinga ketika Anda menggunakan ponsel dalam waktu lama. Karena itu sebaiknya Anda menggunakan telinga kanan dan kiri secara bergantian jika sedang menelpon.

Hal ini juga ibarat ketika Anda sedang berlari jika semakin jauh maka rasa lelah akan segera menggerogoti tubuh. Sama dengan otot pendengaran yang juga butuh istirahat apabila sudah digunakan terlalu lama.

Tidak Terlalu Sering Menggunakan Ponsel

Cara mengurangi efek radiasi yang satu ini sepertinya paling ampuh agar Anda tidak terkena paparan radiasi dari ponsel. Anda harus bisa menahan diri agar tidak menggunakan ponsel setiap saat dan digunakan ketika dibutuhkan saja. Hal ini karena ponsel bergantung dengan daya baterai dan data internet.

Biasanya ponsel juga sangat sering pengguna manfaatkan untuk bermain game, menonton video, mengirim email dan sebagainya. Hal itulah yang membuat Anda bisa terkena paparan radiasi. Contoh perangkat yang mudah memaparkan radiasi adalah iPhone dan Blackberry.

Baca:  Dosen di Seluruh Fakultas Unigal Ciamis Jalani Vaksinasi Covid-19

Tidak Menaruh Ponsel di Saku Celana

Cara lain yang bisa menjadi alternatif untuk mengurangi paparan radiasi ponsel adalah dengan tidak meletakkannya pada saku celana. Hal ini sering dilakukan oleh pria dan menurut sebuah penelitian menjelaskan bahwa jika laki-laki menaruh ponsel di kantong celana maka sperma berkurang 25%.

Baca:  PUBG Mobile, Game Online Populer di Dunia

Hal ini penyebabnya adalah radiasi yang banyak terserap oleh tubuh dan paling parah adalah jaringan testicular juga bisa ikut terkena dampaknya.

Menggunakan Pelindung Anti Radiasi Pada Ponsel

Cara mengurangi efek radiasi yang berikutnya adalah dengan bantuan pelindung di ponsel. Hal ini tentu mudah Anda lakukan bukan? Anda bisa membeli pelindung anti radiasi di toko aksesoris ponsel dan mintalah untuk langsung memasangkannya.

Pelindung ini biasanya terdiri dari stiker atau casing khusus yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Ada penelitian yang menjelaskan bahwa dengan menggunakan casing khusus ini dapat mengurangi dampak radiasi hingga 66,7 persen.

Jauhkan Ponsel dari Jangkauan Balita

Sebagai orang tua ada baiknya Anda tidak memberikan ponsel kepada balita karena hal itu bisa menyebabkan kecanduan. Hal tersebut juga tentu berbahaya jika anak kecil di umur 8 tahun menggunakan ponsel. Selain itu, agar anak Anda juga tidak mudah terserang paparan radiasi.

Tidak Menggunakan Ponsel Pada Malam Hari

Cara berikutnya adalah dengan mengurangi penggunaan ponsel pada malam hari sebab jika Anda tetap menggunakannya akan semakin mudah terkena paparan radiasi. Ponsel yang masih dalam kondisi menyala di malam hari akan membuat gelombang elektromagnetik menyerang otak Anda.

Aktifkan Speaker Ponsel Anda

Cara mengurangi efek radiasi yang berikutnya adalah dengan selalu mengaktifkan speaker ponsel Anda. Hal ini berguna apabila ada pesan atau telepon yang masuk jadi dapat mengurangi energi radiasi dari ponsel tersebut. Semakin jauh jangkauan Anda dari ponsel maka rendah juga paparan radiasinya.

Kabel headset yang sering Anda gunakan untuk mendengarkan musik juga bisa mengantarkan gelombang elektromagnetik ke otak, karena itu bijaklah dalam menggunakan alat ini.

Mengatur Ponsel ke Mode Off Line

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa dengan mengaktifkan mode off line bisa mengurangi paparan radiasi. Anda bisa mengaktifkan mode ini ketika ponsel sedang tidak digunakan. Sebenarnya masih bisa digunakan untuk bermain game dan membuka sosmed, tetapi tidak dapat browsing google.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer