Cara Mengobati Susah BAB Agar Bisa Lancar

Susah buang air besar atau sembelit adalah sebuah kondisi di mana Anda tidak bisa buang air besar dalam kurun waktu setidaknya tiga kali dalam seminggu. Susah buang air besar tidak selalu karena penyakit, tapi juga bisa datang karena faktor lain. Tenang, cara mengobati susah BAB tidak sulit.

Ada beberapa cara alami untuk mengobati sembelit, bahkan dengan bahan-bahan yang mudah Anda temukan di dalam rumah. Berikut beberapa kiat mengobati sembelit yang bisa Anda coba sendiri. Meski sedergana, cara-cara ini sudah teruji oleh sains.

Minum Lebih Banyak Air

Dehidrasi adalah ketika tubuh kurang mendapatkan asupan cairan sehingga menyebabkan beberapa penyakit dalam tubuh, sembelit salah satunya. Minum air bisa melegakan buang air besar, tapi setiap orang berbeda-beda kebutuhannya.

Ada yang langsung lega dengan minum soda. Ini karena menurut penelitian air berkarbonasi lebih efektif melancarkan buang air besar daripada air mineral biasa. Ini juga berlaku pada orang dengan gangguan pencernaan, atau dispepsia, dan orang yang mengalami gangguan sembelit idiopatik kronis.

Namun, jika Anda ingin mencoba mengobati sembelit dengan air soda, perlu hati-hati karena kandungan gula di dalamnya yang cukup tinggi dan memberikan efek kesehatan lain. Bahkan bagi beberapa orang, air soda malah memperburuk gangguan.

Berolahraga Lebih Rajin

Anda sering mengalami sembelit? Mungkin ini sebagai tanda bahwa selama ini kurang berolahraga. Ada penelitian yang mengatakan bahwa rajin bergerak juga turut membuat feses dalam perut turun dan menjadi lancar. Walau begitu, penelitian ini masih terus dikaji ulang keberanannya.

Sejatinya olahraga seperti jalan cepat bisa mengurangi gejala sakit pada pencernaan dan meningkatkan kualitas hidup bagi manusia. Olahraga ringan selain jalan cepat yang bisa Anda coba adalah berenang, bersepeda, atau jogging. Hindari olahraga berat yang bisa memperburuk keadaan.

Mengonsumsi Kafein

Cara mengobati susah BAB yang belum banyak orang ketahui adalah dengan mengonsumsi kopi. Ini karena kopi bisa menyebabkan rangsangan terhadap otot-otot pada bagian sistem pencernaan. Seperti dilansir pada laman Medical News Today, kopi cukup manjur obati susah BAB.

Ini karena studi tahun 1998 menyatakan bahwa kopi berkafein dapat merangsang usus untuk buang air besar. Efek ini 60% lebih kuat dari air minum dan 23% lebih kuat dari minum kopi tanpa kafein. Meski kecil, juga terdapat serat larut yang bisa mencegah terjadi sembelit.

Makan Makanan Berserat

Anda pasti sering mendengar bahwa jika ingin mengobati susah BAB, sebaiknya mengonsumsi banyak makanan berserat. Makanan berserat membantu banyak karena gerakan usus secara lebih konsisten dan membuat makanan lebih mudah untuk keluar pada sistem pencenaan lebih cepat.

Sejatinya ada dua jenis serat yang bisa mengobati susah buang air besar. Makanan berserat tinggi yang baik untuk penderita sembelit pun beragam, sebut saja seperti bayam, brokoli, olahan gandum, pisang, dan lain-lain.

Konsumsi Makanan Probiotik

Makanan atau minuman probiotik juga baik untuk mengobati sembelit. adalah bakteri hidup yang membantu tubuh manusia dan keberadaannya secara alami ada di usus. Mereka adalah bakteri Bifidobacteria dan Lactobacillus.

Beberapa orang alami susah BAB karena bakteri baik dan jahat dalam usus tidak seimbang. Makanya dengan konsumsi makanan probiotik bisa membantu menyeimbangkan bakteri dan mengobati sembelit. Makanan yang termasuk probiotik adalah kimchi, yogurt, dan sauerkraut.

Selain mengonsumsi makanannya langsung, Anda juga bisa mencoba mengonsumsi suplemen probiotik. Penelitian mengungkapkan bahwa khasiat suplemen bisa Anda rasakan setelah empat minggu kemudian.

Minum Laksatif

Laksatif adalah makanan atau obat untuk membantu mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Selain untuk membantu mempermudah pergerakan feses, laksatif juga banyak digunakan untuk membersihkan usus sebelum operasi oleh dokter.

 Obat pencahar bisa Anda temukan di apotek dengan mudah dan tanpa resep dokter, seperti Dulcolax, Microlax, dan lain sebagainya. Namun, ada juga laksatif alami yang bisa Anda temukan dalam makanan. Seperti serat psyllium, senna, jahe, rhuharb, dan masih banyak makanan bersifat laksatif lainnya.

Melakukan Posisi Siap Buang Air Besar

Latih badan Anda untuk mendapatkan posisi buang air besar yang semestinya. Coba ke kamar mandi dan jongkok. Sejatinya, posisi buang air besar yang paling tepat adalah jongkok dan bukannya duduk. Makanya, saat susah buang air besar Anda cocok untuk menggunakan teknik ini.

Ini karena jongkok membuat rektum jadi lebih lemas dan lurus sehingga mudah mengeluarkan kotoran. Menurut penelitian dari The Continence Foundation Australia, ada lagi posisi buang air besar yang lebih tepat.

Ini adalah posisi berjongkok, sementara kaki lebih rendah daripada posisi rektum. Walau begitu, posisi barusan cukup sulit jika Anda lakukan tanpa alat khusus dan tidak bisa menggunakan toilet jongkok maupun duduk.

Nah, berikut tadi adalah cara mengobati susah BAB secara alami dan memungkinkan dilakukan sendiri di rumah. Sederhana, tapi ampuh lancarkan sembelit Anda. Selamat mencoba!