Cara Menghindari Penuaan Dini dengan Bahan Alami

Penuanaan dini biasanya ditandai dengan munculnya kerutan dan garis halus serta bintik hitam di wajah Anda. Hal ini tentunya juga akibat dengan bertambahnya usia. Ini memang tidak bisa Anda hindari tetapi Anda bisa menunda penuaan. Berikut beberapa cara menghindari penuaan dini yang bisa Anda lakukan.

Menggunakan Putih Telur

Penuaan bisa Anda tunda dengan menggunakan bahan alami yang mudah Anda dapat salah satunya adalah putih telur. Di dalamnya terdapat kandungan berupa protein, seng, asam lemak, anti penuaan dan omega 3.

Semua kandungan tersebut untuk membantu proses pengencangan kulit dan menjadi halus. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah 1 putih telur, setengah sendok krim susu dan satu sendok teh jus lemon.

Setelah itu Anda bisa mencampurkan semua bahan tersebut dalam satu tempat dan oleskan pada bagian wajah secara merata.

Tunggulah hingga 15 menit lalu Anda bisa membasuhnya dengan menggunakan air dingin. Anda bisa melakukan hal ini secara rutin misalnya tiga hari sekali untuk mendapatkan hasil maksimal.

Menggunakan Yoghurt

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yoghurt yang berupa bahan makanan dengan banyak kandungan bermanfaat di dalamnya. Beberapa kandungan yang ada di dalamnya adalah enzim, lemak, vitamin dan mineral. Hal ini bermanfaat untuk menghindari kulit dari dehidrasi jadi tetap tampak segar.

Selain itu di dalamnya juga terdapat kandungan berupa asam laktat yang membantu proses pengecilan pori-pori pada kulit. Bahan lain yang perlu Anda persiapkan selain yoghurt adalah 1 sendok madu dan jus lemon, 1 kapsul vitamin E serta sedikit kunyit.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan mencampur semua bahan menjadi satu lalu potonglah kapsul dengan perlahan. Setelah kapsul terbuka akan muncul minyak yang bisa Anda tuangkan ke dalam campuran bahan. Setelah itu, aduk hingga merata lalu oleskan pada seluruh bagian wajah.

Anda bisa mendiamkan masker tersebut selama 10 hingga 15 menit lalu basuhlah dengan air hangat. Lakukan hal tersebut rutin selama 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Menggunakan Santan Kelapa

Cara menghindari penuaan dini yang berikutnya adalah dengan santan kelapa. Di dalamnya terdapat kandungan yang berfungsi untuk membuat kerutan dan garis halus pada wajah menjadi hilang. Adapun kandungannya berupa anti inflamasi dan antioksidan bisa mencegah kerutan.

Hanya dua bahan saja yang perlu Anda siapkan, pertama 3 sendok makan santan dan bola kapas. Caranya adalah rendam bola kapas terlebih dahulu ke dalam santan lalu usapkan ke bagian wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit lalu bilaslah dengan menggunakan air dingin.

Lakukan perawatan tersebut secara rutin sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menggunakan Pepaya

Pepaya memiliki kandungan berupa enzim papain yang berfungsi untuk menghilangkan sel-sel mati pada wajah serta kotoran di kulit. Selain itu papaya juga akan membantu proses regenerasi sel baru sehingga kulit tampak lebih kenyal.

Anda hanya perlu menyiapkan buah papaya saja lalu hancurkan hingga halus dan tambahkan air secukupnya. Setelah itu, oleskan ke bagian leher dan wajah lalu biarkan selama 10 menit kemudian dibasuh dengan air hangat. Anda bisa mengaplikasikannya dua kali dalam seminggu.

Stroberi

Cara menghindari penuaan dini yang berikutnya adalah dengan buah strawberry. Di dalamnya terdapat antioksidan yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini serta vitamin C sebagai penjaga elastisitas pada kulit. Vitamin dan mineralnya juga berfungsi untuk menghilangkan sel mati.

Anda hanya perlu menyiapkan 3 sampai 4 buah strawberry lalu hancurkan hingga halus. Anda bisa langsung mengoleskannya pada wajah dan biarkan selama 10 hingga 12 menit. Setelah itu, bilas dengan air biasa dan lakukan perawatan ini secara rutin misalnya dua kali dalam 1 minggu.

Alpukat

Selain papaya dan strawberry buah yang bisa menghambat penuaan dini adalah alpukat. Alpukat memiliki kandungan berupa vitamin E dan karotenoid sehingga mampu mencegah kulit dari radiasi bebas dan kerusakan. Ada juga vitamin C yang berfungsi untuk membuat kulit semakin halus.

Setelah Anda menyiapkan alpukat, parut dagingnya dan jadikan sebagai masker wajah. Biarkan terlebih dahulu selama 10 hingga 12 menit lalu bilas, sembari menunggu Anda juga bisa memijat-mijat kulit wajah secara perlahan. Aplikasikan cara ini sekali dalam seminggu.

Pisang

Cara menghindari penuaan dini yang selanjutnya adalah Anda bisa memanfaatkan buah dengan kandungan vitamin A, B, E ini. Vitamin tersebut akan membantu Anda untuk mengatasi penuaan pada kulit. Kandungan lain yang juga ada di dalam pisang adalah kalium, zat besi dan seng.

Siapkan pisang kecil, 1 sendok air mawar, madu dan yoghurt. Kemudian campurkan semua bahan tersebut lalu aduk hingga halus. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit lalu basuh dengan air. Praktekan perawatan ini secara rutin 1 hingga 2 kali dalam seminggu.