32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaCara Menghilangkan Kutu Rambut Yang Ampuh

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Yang Ampuh

Memiliki rambut yang sehat dan berkilau merupakan dambaan semua wanita. Namun bagaimana apabila suatu ketika mengalami masalah berupa terkena kutu rambut? Tentunya hal ini membuat tidak nyaman. Namun, tenang, cara menghilangkan kutu rambut sebenarnya mudah.

Dalam menghilangkan parasit satu ini, tentunya ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar tidak merusak rambut. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Manfaatkan Minyak Zaitun

Apabila memiliki minyak zaitun di rumah, maka bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan kutu rambut yang paling ampuh. Hanya cukup dengan mengoleskannya pada kulit kepala setelah keramas dan pijat sedikit selama beberapa menit. Barulah diamkan sambil memakai shower cap.

Pastikan untuk membiarkannya semalaman hingga minyak meresap secara sempurna pada rambut. Dengan begitu, kutu bisa menempel dan dapat dibersihkan secara mudah. Namun jangan lupa keramas menggunakan shampoo agar rambut tidak lengket dan lebih bersih.

2. Semprotkan Cuka

Selain penggunaan minyak zaitun, cuka juga terbilang cukup ampuh untuk mengusir binatang kecil satu ini. Apalagi mengingat sifat asam dari cuka mampu menghilangkan kutu beserta telurnya dengan mudah dalam waktu singkat. Namun lebih berhati-hatilah karena akan menimbulkan iritasi pada kulit.

Caranya yaitu dengan menyiapkan 2 sdm cuka dan minyak kelapa sebagai bahan campuran. Kemudian oleskan pada kulit kepala dan tutup menggunakan shower cap selama tidur. Diamkan semalaman dan keramasilah pada saat bangun pagi. Kutu pun akan menghilang secara mudah.

3. Oleskan Bawang Putih

Kandungan yang ada di dalam bawang putih memang cukup populer dalam mengobati berbagai permasalahan kesehatan. Mulai dari penyakit mata hingga rambut terkena kutu sekalipun. Maka dari itulah gunakan tanaman satu ini untuk menghilangkan kutu beserta telurnya dengan mudah.

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah 10 siung bawang dan digiling halus. Kemudian campurkan dengan perasan jeruk nipis dan oleskan pada kulit kepala sampai merata. Jangan lupa gunakan penutup atau alat pembungkus rambut agar bisa dibiarkan semalaman.

Setelah itu, barulah tunggu hingga pagi dan keramas menggunakan seperti biasa. Kutu rambut pun akan menghilang dan enggan datang lagi. Lakukan hal ini apabila rambut sudah terasa gatal dan terindikasi ada kutunya.

4. Oleskan Mayones

Tidak hanya sebagai saos pada makanan saja, namun mayones juga bisa menjadi salah satu bahan untuk menghilangkan kutu pada rambut. Hal ini karena lemak yang ada di dalamnya bisa menutup saluran napas kutu dan membuatnya mati.

Baca:  Game Tribes Of Midgard Resmi Rilis di Berbagai Konsol

Untuk menggunakannya, maka cukup oleskan mayones pada kulit kepala dan tutup dengan shower cap. Kemudian biarkan beberapa waktu dan bersihkan rambut dari kutu yang menempel. Apabila sudah, maka bersihkan kulit kepala dengan keramas menggunakan shampoo.

Baca:  TikTok, Jaringan Sosial dan Platform Video Musik Tiongkok

5. Air Perasan Jeruk Nipis

Cara menghilangkan kutu rambut berikutnya adalah dengan memanfaatkan air perasan jeruk nipis. Kandungan asam yang ada di dalamnya hampir mirip dengan cuka, sehingga sangat recommended untuk membersihkan kutu dan juga telurnya.

Pertama, potong 2 hingga 3 buah jeruk nipis dan peras airnya. Setelah itu, campurkan dengan segelas air dan teteskan pada kulit kepala. Jangan lupa untuk memijatnya selama beberapa waktu dan biarkan semalaman. Barulah cuci rambut dengan air hangat agar kulit tidak iritasi.

6. Gunakan Sisir Serit

Jika sudah menggunakan berbagai bahan alami namun masih belum berhasil, tentunya menggunakan sisir serit bisa jadi solusi yang tepat. Rongga sisir yang sempit terbilang ampuh untuk menangkapnya. Pastikan untuk menyisirnya setiap hari secara rutin agar kutu berjatuhan dan mati..

Berikan sedikit minyak pula pada rambut supaya semakin licin dan kutu jadi mudah tergelincir. Lakukan 3 hingga 4 kali sehari agar bisa mendapatkan hasil maksimal. Sisir setiap hari hingga kutu dan telurnya benar-benar menghilang dari rambut.

7. Rajin Keramas

Selain menggunakan sisir serit, tentu saja rajin merawat rambut dengan keramas bisa menjauhkannya dari kutu rambut. Lakukan setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk menjaga kebersihan dan kelembapannya. Berikan pula kondisioner dan vitamin supaya semakin sehat..

8. Bawa Ke Salon

Solusi terbaik apabila semua cara yang Anda lakukan tidak mendapatkan hasil, maka membawanya ke salon sangatlah direkomendasikan. Pada umumnya, tiap salon rambut pasti menyiapkan obat dan perawatan untuk menghilangkan kutu.

Cukup dengan melakukan reservasi di salon dan menjalani perawatan sesuai anjuran ahli, maka kutu rambut beserta telurnya pun bisa menghilang secara cepat. Namun lakukan hal ini secara rutin agar mendapatkan hasil memuaskan.

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara menghilangkan kutu rambut paling ampuh dengan bahan-bahan alami yang mudah Anda dapatkan. Hal ini bisa menghindarkan rambut dari kerusakan akibat bahan kimia penghilang kutu dan lainnya. Jadi sebisa mungkin lakukan dengan cara yang tepat.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer