32 C
Indonesia
Rabu, September 22, 2021
BerandaBeritaCara Menghilangkan Bibir Hitam Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Bibir Hitam Paling Ampuh

Bibir hitam memang tidak sakit, tetapi ini dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang, terutama pada para wanita. Jika Anda mengalaminya, jangan khawatir karena ada beberapa cara menghilangkan bibir hitam yang mudah dan ampuh.

Bibir hitam biasanya muncul akibat kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi kafein yang berlebih. Selain itu, bibir hitam dapat terjadi karena paparan sinar matahari yang berlebih. Sedangkan beberapa cara untuk menghilangkan bibir hitam ini diantaranya adalah sebagai berikut.

Menggunakan Scrub Gula

Scrub bibir dengan gula ini merupakan kegiatan menggosokkan gula ke bagian bibir. Partikel-partikel gula yang kasar dapat digunakan untuk menggosok bibir seperti lulur. Tujuan dari scrub menggunakan gula ini adalah untuk mengikis sel kulit yang mati pada bibir sehingga dapat beregenerasi kembali.

Cara menerapkannya adalah, dengan mencampur 3 sendok gula dengan 2 sendok mentega lalu diaduk. Selanjutnya, dapat langsung dioleskan pada bibir. 

Fungsi mentega yang dicampurkan sendiri juga bagus untuk meningkatkan warna bibir dan membuat scrub lebih halus. Cara ini dapat Anda lakukan 2-3 kali seminggu agar hasilnya maksimal.

Menggunakan Scrub Kunyit

Kunyit juga dapat menghilangkan bibir yang hitam karena dapat menghambat produksi melanin yang dapat membuat bibir menjadi hitam. Selain itu, kunyit juga dapat mencerahkan bibir sehingga tampak lebih sehat. Bibir yang berwarna hitam sendiri memang diakibatkan oleh produksi melanin yang berlebih.

Untuk langkah-langkahnya sendiri adalah dengan mencampurkan bubuk kunyit satu sendok makan dengan susu, hingga adonan berbentuk pasta lalu tunggu 2 hingga 3 menit. Setelah itu, gosokan pasta tersebut pada bibir dan biarkankan 5 menit lalu bilas menggunakan air dingin.

Menggunakan Buah Delima

Buah delima sering dipakai dalam hal ini karena ekstraknya dapat bermanfaat untuk hiperpigmentasi kulit. Adanya kandungan polifenol yang merupakan antioksidan tinggi dapat menangkal radikal bebas pada kulit. Selain itu, ekstrak delima dapat memerahkan bibir secara alami.

Cara menghilangkan bibir hitam menggunakan buah ini adalah dengan menyiapkan 1 sendok air demila, 1 sendok air mawar, dan 1 sendok susu. Kemudian, pijat bagian bibir hingga merata dan tunggu sekitar 3 menit hingga meresap kedalam bibir lalu bilas dengan air dingin. Lakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Menggunakan Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat menghilangkan bibir hitam, mencerahkan bibir, melembabkannya, dan menghilangkan pecah-pecah pada bibir Anda. Pengaplikasiannya dapat Anda lakukan dengan membuatnya menjadi scrub atau dapat Anda oleskan secara langsung.

Untuk scrub menggunakan  minyak kelapa sendiri cara pembuatannya dengan mencampurkan 1 sendok air lemon, dan 1 sendok  minyak kelapa, lalu tambahkan 3 sendok gula. Aplikasikan di bibir dengan menggosokannya perlahan ke bibir selama 3 menit lalu dapat di bilas menggunakan air dingin.

Menggunakan Scrub Buah Raspberry

Buah raspberry tidak hanya dapat Anda konsumsi secara langsung sebagai buah-buahan, karena ternyata juga dapat berkhasiat menghilangkan bibir hitam. Buah raspberry merupakan buah yang banyak mengandung mineral dan vitamin yang penting untuk membuat bibir tampak lebih sehat dan segar.

Cara menghilangkan bibir hitam menggunakan raspberry adalah dengan membuat scrub raspberry. Untuk langkahnya, Anda tinggal mencampurkan buah raspberry dengan lidah buaya dan haluskan. Setelah jadi, kemudian gosokkan ke bibir hingga meresap, lalu dapat Anda bilas menggunakan air dingin.

Menggunakan Buah Lemon

Buah lemon yang kaya dengan vitamin C tersebut dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bibir hitam. Vitamin C pada lemon berfungsi membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga mempercepat sel melakukan regenerasi kembali dan membuat bibir merah alami.

Cara menggunakannya adalah, dengan memotong lemon tipis-tipis lalu menggosokannya ke bibir secara perlahan. Cara lain yang dapat Anda terapkan adalah dengan menambahkan gula sehingga menjadi scrub lemon. Gosok dan diamkan hingga meresap, lalu bilas dengan air dingin.

Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang banyak bermanfaat bagi kecantikan, dan salah satunya dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bibir hitam. Lidah buaya dapat membuat bibir menjadi lembab dan tidak kering dan pecah-pecah. Selain itu, ini juga dapat menghambat melanin yang membuat bibir hitam.

Langkah-langkah yang bisa Anda terapkan adalah dengan mengambil bagian dalam dari lidah buaya, lalu oleskan dan pijat perlahan pada area bibir hingga merata. Setelah selesai, bisa di bilas langsung dengan air dingin. Lakukan setiap hari secara rutin agar bibir hitam dapat menghilang dengan cepat.

Menggunakan Pasta Gigi

Selain menggunakan bahan alami seperti buah-buahan pasta gigi juga dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bibir hitam. Hal tersebut karena pada pasta gigi mengandung kalsium, kalium, selenium, magnesium, dan berbagai mineral lainnya yang dapat mempercepat regenerasi kulit bibir.

Pengaplikasiannya dapat secara langsung mengoleskan pasta gigi secara merata. Selanjutnya, tunggu 15 menit lalu bilas menggunakan air dingin. Akan tetapi, pasta gigi dapat membuat bibir kering sehingga setelah pengaplikasian, oleskan lip balm untuk melembabkan bibir Anda.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER