Begini Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami

Sembelit adalah gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan, dimana seseorang mengalami kesulitan buang air besar. Cara mengatasi sembelit bisa Anda lakukan dengan berbagai cara. Bisa dengan cara mengkonsumsi obat, bisa juga dengan cara yang aman, yaitu dengan cara alami.

Mengalami sembelit memang sangat tidak nyaman, maka wajar bila penderita berusaha untuk mencari cara untuk mengatasinya. Selain dengan mengkonsumi obat, sembelit bisa diatasi dengan cara alami. Cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sembelit di antaranya adalah sebagai berikut.

Banyak Minum Air Putih

Salah satu penyebab sembelit adalah kurangnya cairan dalam tubuh, khusunya pada bagian usus besar. Keadaan kurang cairan pada usus besar ini akan menyebabkan feses menjadi keras. Hal tersebut yang menjadi penyebab utama terjadinya sembelit atau konstipasi.

Oleh karena itu, cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keadaan sembelit atau kekurangan cairan dalam usus besar ini adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. Dengan cukup mengkonsumsi air putih, kebutuhan cairan utamanya di usus besar bisa terpenuhi.

Terpenuhinya kebutuhan cairan di usus besar, bisa membantu melunakkan feses yang ada. Apabila feses lunak, maka tidak akan mengalami kesulitan untuk keluar, sehingga penyakit sembelit atau konstipasi atau susah buang air besar tidak akan terjadi.

Mengkonsumsi Makanan Berserat

Tubuh memerlukan serat untuk membantu proses pencernaan di dalam tubuh. Seperti kita ketahui, serat ini sangat sangat tubuh butuhkan dan akan melancarkan proses metabolisme serta proses pencernaan dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan yang cukup serat juga merupakan  salah satu cara mengatasi sembelit.

Serat yang berguna untuk melancarkan BAB tersebut bisa Anda dapatkan dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Ada jenis serat yang larut di dalam air seperti buah dan sayuran, dan ada juga serat yang tidak larut dalam air yang berasal dari makanan seperti gandum, sereal, dan pasta.

Baik serat yang larut dalam air maupun yang tidak, semua berfungsi untuk merangsang pergerakan usus, sehingga bisa mendorong feses agar mudah keluar. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, maka keluhan sembelit bisa Anda atasi dan hindari dari awal.

Rajin Olahraga

Olahraga juga menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi gangguan sembelit yang terjadi. Olahraga ini bukan hanya berguna untuk mengencangkan otot-otot tubuh, tetapi juga bisa membantu  menyehatkan organ di dalam sistem pencernaan, dan bisa untuk  mencegah sembelit.

Mengapa demikian? Karena pada saat olah raga, otot-otot di dalam tubuh akan lebih aktif bergerak. Dengan aktifnya gerakan otot ini, maka seluruh organ di dalam tubuh menjadi berfungsi dengan sempurna. Dalam hal ini termasuk organ usus besar juga bisa bekerja dengan baik.

Seperti kita ketahui, sembelit terjadi karena ada gangguan di usus besar,yang mengakibatkan feses sulit untuk keluar. Ketika otot-otot dalam usus besar bisa bekerja dengan sempurna, maka proses pembuangan feses bisa berlangsung dengan lancar sehingga sembelit bisa teratasi.

Mengkonsumsi Makanan Probiotik

Ada dua jenis bakteri yang tinggal di dalam organ pencernaan. Bakteri baik yang ada di dalam usus besar sangat baik untuk kesehatan organ pencernaan, termasuk mengatasi sembelit. Ini karena sembelit terjadi akibat tidak seimbangnya bakteri baik dan bakteri jahat yang ada dalam usus besar.

Mengkonsumsi makanan atau minuman probitotik bisa membantu meningkatkan produksi bakteri baik di dalam usus ini, maka keseimbangan bakteri baik dan bakteri jahat di dalam usus bisa Anda dapatkan. Mengkonsmsi makanan probiotik ini juga menjadi cara mengatasi sembelit secara alami.

Makanan yang mengandung probiotik di antaranya adalah yoghurt, tempe, kol, dan kimchi. Makanan probiotik ini bisa berfungsi untuk memproduksi asam lemak rantai pendek. Keadaan ini akan membantu meningkatkan gerakan di usus besar, sehingga BAB bisa menjadi lancar.

Mengkonsumsi Makanan Prebiotik

Ada makanan probiotik, ada juga makanan prebiotik. Mengkonsumsi makanan prebiotik juga bisa untuk  mengatasi sembelit. Prebiotik ini merupakan serat karbohidrat yang tidak bisa tercerna, yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dengan memproduksi bakteri baik.

Ketika pencernaan dalam kondisi sehat, maka akan terjadi keseimbangan di dalam usus besar, di mana jumlah bakteri baik dan bakteri jahat bisa seimbang. Di sini prebiotik berfungsi memberi makan bakteri baik, yang akhirnya akan terjadi keseimbangan di dalam usus besar.

Fungsi lain dari prebiotik adalah untuk meningkatkan frekuensi  buang air besar serta berfungsi  untuk membuat feses menjadi lebih lembut. Keadaan ini akan mengurangi resiko terjadinya konstipasi atau sembelit. Makanan prebiotik di antaranya adalah bawang merah, bawang puth, pisang dan buncis.

Cara mengatasi sembelit dengan cara alami, memang tidak bisa Anda dapatkan hasilnya secara  instan. Cara ini membutuhkan proses yang hasilnya akan terlihat beberapa waktu kemudian. Tetapi, dengan cara ini kesehatan usus besar bisa lebih terjaga, dan penyakit sembelit bisa Anda cegah.