32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaCara Mengatasi Sakit Pinggang dengan Mudah

Cara Mengatasi Sakit Pinggang dengan Mudah

Banyak yang bilang kalau sakit pada bagian pinggang hanya akan dialami oleh orang tua saja. Padahal, anak muda di jaman sekarang pun tak sedikit yang alami cedera yang sama karena kesalahannya sendiri. Maka dari itu, info cara mengatasi sakit pinggang sangat dibutuhkan.

Sakit pinggang tak melulu karena faktor umur, tapi bisa karena salah posisi tidur atau terjatuh. Nah, semoga ulasan di bawah ini bisa membantu Anda atau teman yang mengalami cedera pinggang untuk segera pulih dengan cara yang aman. Berikut info selengkapnya.

Meletakkan Bantal Di Bawah Lutut Saat Tidur

Sadarkah Anda saat tidur dengan posisi telentang, ada tekanan yang lebih pada tulang belakang dan bisa menyebabkan perasaan tidak nyaman pada bagian pinggang. Nah, solusi yang bisa Anda gunakan adalah meletakkan bantal di bawah lutut saat tidur.

Dengan mengangkat sedikit kaki Anda dengan adanya bantal, ini dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang dan mengalihkannya pada bantal. Selain itu, bantal juga berguna untuk menjaga kurva tubuh Anda tetap pada tempatnya.

Hindari Pemakaian Sepatu Hak Tinggi

Apakah Anda terbiasa mengenakan sepatu dengan hak tinggi? Pasti rasanya tidak nyaman dan membuat pegal. Selain itu, menggunakan sepatu hak tinggi juga jadi alasan kenapa pinggang dan punggung bisa kerap sakit dan tentu mengganggu kerja sehari-hari Anda.

Jika tempat Anda bekerja memungkinkan untuk tak selalu memakai sepatu dengan hak tinggi, maka memakai flat shoes yang tingginya tak sampai 1 inchi adalah pilihan yang terbaik. Apalagi kini ada beragam sepatu flat shoes yang cocok Anda gunakan untuk bekerja maupun sekadar jalan.

Meningkatkan Kalsium dan Vitamin D

Cara mengatasi sakit pinggang juga bisa dengan menambah asupan kalsium dan vitamin D. Seperti yang Anda ketahui, demi menjaga tulang yang kuat butuh makanan yang bergizi dan sesuai untuk tubuh. Terutama bagi wanita yang rentan mengalami osteoporosis.

Makanan ini seperti susu, yogurt, dan sayuran berdaun hijau yang mengandung kalsium tinggi. Sementara makanan yang mendukung vitamin D adalah kuning telur, hati sapi, dan keju. Konsumsi suplemen pun baik, tapi jangan lupa untuk konsultasi ke dokter.

Luruskan Badan

Selama ini Anda mungkin mendengar bahwa tubuh yang baik adalah tubuh yang terlihat pantas. Padahal, ini tidak semata-mata demi memanjakan mata saja. Di saat Anda merasa pinggang yang tidak nyaman, silahkan lakukan peregangan atau meluruskan badan.

Baca:  Pencegahan Covid-19 saat Lebaran 2021

Postur tubuh yang buruk tidak hanya membuat punggung hingga pinggang jadi sakit, tapi juga untuk melindungi tulang belakang agar tetap berfungsi dengan baik dan sehat. Hindari terlalu lama membungkuk atau membengkokkan bahu, ya!

Duduk dengan Posisi yang Tepat

Jika Anda bekerja di kantor, pasti rasanya melelahkan, apalagi setelah sehsrian menatap laptop dengan posisi yang tidak nyaman. Biasanya, Anda akan mendorong badan ke arah depan dan merebahkan badan di meja, padahal ini bukan posisi yang tepat.

Baca:  Nintendo Switch Pro Belum Juga Muncul?

Sebaiknya tetap jaga posisi badan saat duduk sama dengan saat berdiri. Jika Anda membungkuk atau meletakkan sebagian badan ke meja, ini bisa menyebabkan penopangan pada punggung dan pinggul yang tidak baik. Ini jika diteruskan, pasti tidak lah sehat.

Berhenti Merokok

Sudah bukan rahasia lagi jika rokok adalah sumber dari segala penyakit. Pun jika Anda menyadarinya, berhenti merokok adalah salah satu cara untuk mengatasi sakit punggung yang mungkin sudah bertahun dialami. Bagaimana bisa?

Rokok memiliki racun yang menyebabkan aliran darah tidak lancar ke seluruh tubuh, termasuk ke bagian tulang belakang. Karena aliran darah yang tidak lancar, ini juga mempengaruhi pinggul karena otot di sekitarnya kekurangan oksigen dan nutrisi.

Berolahraga

Olahraga adalah salah satu hal yang tepat untuk mengatasi sakit pinggang dan harus dijalani dengan rutin. Terlebih jika Anda mempunyai postur tubuh yang salah karena lama duduk dan lain sebagainya. Walau begitu, olahraga yang dilakukan pun tak sebarangan.

Cukup dengan berjalan kaki pelan saat pagi dan tidak terburu-buru misalnya. Selain itu, hindari membawa barang-barang berat yang menyebabkan tarikan yang tidak disengaja dari tubuh bagian punggung dan pinggang.

Menggunakan Kompres Air Hangat Atau Dingin

Sakit pinggang sering datang tiba-tiba, terlebih jika ini sudah terjadi pada Anda dalam kurun waktu yang lama. Rasanya pasti tak tertahankan ya? Supaya berkurang, Anda tidak harus minum obat pereda nyeri setiap saat.

Coba kompres pinggang Anda dengan menggunakan bantalan panas atau kompres dengan es batu. Kompres ini akan membantu Anda mengalihkan rasa sakit pada bagian pinggang. Terlebih jika sakit karena cedera.

Itulah daftar cara mengatasi sakit pinggang yang ampuh dan bisa Anda coba di rumah. Walau begitu, Anda tetap harus pergi ke dokter, terutama jika rasa sakit sudah sangat mengganggu dan tidak bisa beraktivitas.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer